NEWS

ASUS Rilis Resmi ROG Flow Z13, Laptop Sekaligus Gaming Tablet Paling Powerful di Dunia

Yohanes   |   Kamis, 21 Apr 2022


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

ASUS baru saja memperkenalkan ROG Flow Z13, laptop sekaligus tablet gaming paling powerful di dunia. Diperkenalkan pada acara Malam Malam Unleash The Legend Inside with ROG Intel 12th Gen pada tanggal 12 April 2022, ROG Flow Z13 tampil sebagai laptop gaming inovatif dengan desain yang belum pernah diadopsi oleh laptop gaming manapun, yaitu 2-in-1 detachable. Desain tersebut memungkinkan ROG Flow Z13 hadir sebagai laptop gaming yang sangat fleksibel atau dapat digunakan di banyak skenario penggunaan. “Tidak ada laptop gaming seperti ROG Flow Z13,” ujar Jimmy Lin, ASUS Regional Director Southeast Asia. “ROG Flow Z13 tidak hanya sekadar tampil dengan desain yang belum pernah digunakan pada sebuah laptop gaming sebelumnya, tetapi juga dibekali dengan hardware yang sangat bertenaga. ROG Flow Z13 memiliki performa setara dengan konsol game modern namun memiliki ukuran bodi yang lebih ringkas serta fungsi yang lebih fleksibel. Ia adalah salah satu laptop gaming paling inovatif di tahun 2022.”

Baca ini juga :


» Get the PC Gaming Shinji! ROG Umumkan Komponen PC dengan Tema Neon Genesis Evangelion!
» [VIDEO] Performa Gaming Monster Intel i7 Gen 12 dan RTX 3070 Ti Jadi Satu! Review MSI VECTOR GP66
» Performa Gaming Monster Intel i7 Gen 12 dan RTX 3070 Ti Jadi Satu! Review MSI VECTOR GP66-12UGS
» Tidak Mengakui Keuntungan Akibat Penambang Kripto, NVIDIA Didenda IDR80 Milyar!
» ASUS Mengumumkan Kartu Grafis NVIDIA GeForce RTX 3090 Ti




Sumber: ASUS


ROG Flow Z13 merupakan laptop yang telah ditenagai oleh prosesor 12th Gen Intel® Core™ H Series yang telah menggunakan pemrosesan berbasis Intel 7. Berbeda dengan generasi sebelumnya, prosesor Intel® Core™ generasi ke-12 menggunakan konfigurasi core yang terdiri dari Performance Core (P-core) dan Efficient Core (E-core). Sesuai dengan namanya, P-core yang memiliki performa tinggi bertugas untuk memproses tugas-tugas berat. Sebaliknya, E-core bertugas menjalankan tugas-tugas ringan namun sangat efisien dan tidak memakan banyak daya. Tidak heran jika prosesor tertinggi di keluarga 12th Gen Intel® Core™ H Series, yaitu Intel® Core™ i9-12900H, menyandang gelar sebagai prosesor mobile paling kencang saat ini berkat konfigurasi 14 core (6 P-core dan 8 E-core) dan 20 thread yang mampu dipacu hingga 5GHz.


Sumber: ASUS


Selain dibekali prosesor hingga 12th Gen Intel® Core™ i9-12900H, ROG Flow Z13 juga dibekali dengan GPU hingga NVIDIA® GeForce RTX™ 3050Ti dengan TGP hingga 40W. GPU generasi terbaru dari NVIDIA® ini telah mampu menghadirkan pengalaman gaming yang luar biasa pada resolusi full HD. Untuk menghadirkan pengalaman gaming maksimal pada resolusi dan pengaturan grafis paling tinggi, ROG Flow Z13 dapat dihubungkan dengan ROG XG Mobile. ROG XG Mobile merupakan solusi GPU eksternal terbaik di dunia. Berbeda dengan solusi GPU eksternal pada umumnya, ROG XG Mobile menggunakan port khusus sebagai koneksinya. Port tersebut terhubung langsung pada jalur data PCIe x8.


Sumber: ASUS


ROG Flow Z13 telah dilengkapi dengan berbagai fitur yang membuat pengalaman gaming semakin baik, salah satunya adalah MUX Switch. MUX Switch merupakan chip khusus yang dapat mengatur jalur data visual yang ditampilkan di layar laptop. Melalui MUX Switch, jalur data visual dari discrete chip grafis bisa dialihkan langsung ke layar laptop tanpa harus melalui prosesor dan integrated chip grafis-nya. MUX Switch sangat berguna saat ROG Flow Z13 bekerja menggunakan discrete chip grafis yang tertanam di dalamnya, seperti halnya saat bermain game. Karena data visual kini dapat ditampilkan langsung dari discrete chip grafis, performa dalam game pun dapat ditampilkan secara lebih baik. Peningkatan performa pada game dengan menggunakan MUX Switch dapat mencapai 10-30%.

Hadir dengan layar berukuran 13-inci, ROG Flow Z13 juga memiliki ketebalan 12mm dan bobot 1,1kg. ROG Flow Z13 juga dilengkapi "kickstand" di bagian belakang bodi utamanya. Selain mengusung bezel layar yang sangat tipis, ROG Flow Z13 juga tidak memiliki engsel karena menggunakan desain detachable. Selain itu agar performa gaming-nya lebih optimal, ROG Flow Z13 didukung oleh memori LPDDR5 berkapasitas 16GB.

Selain berita utama pada artikel ini, Kru KotGa juga punya pembahasan menarik yang bisa kamu tonton pada video di bawah ini.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru