NEWS

Intel Xeon W9-3495X Tembus 1881 Watt Saat Sesi Overclocking

Aeprukmana   |   Sabtu, 18 Mar 2023


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Platform HEDT Intel next-gen yang juga dikenal sebagai Sapphire Rapids WS/112L/64L baru dirilis bulan lalu, tetapi ini adalah waktu yang cukup bagi para overclocker untuk mengklaim beberapa rekor dunia.

Seri Xeon W3400X unggul dalam workload multi-thread, akhirnya melampaui AMD Ryzen Threadripper dalam beberapa rekor dunia terlama. Namun selain itu, CPU Intel juga memiliki TDP yang jauh lebih tinggi daripada model consumer, mencapai 350W dengan TDP default, dan bahkan lebih tinggi saat digunakan untuk workload multi-thread tingkat lanjut.

Sebagai pengingat, seri “X” dalam jajaran Sapphire Rapids-WS diaktifkan untuk overclocking. CPU tersebut sekarang digunakan oleh overclocker terkenal, seperti Elmor atau Der8auer yang sibuk membawa hal-hal ke level berikutnya. Mereka sekarang menggunakan CPU Xeon W9-3495X, SKU unggulan Sapphire Rapids dengan 56 core. CPU dipasang pada motherboard ASUS W790E-SAGE SE dan dilengkapi dengan memori G.SKILL Zeta R5 DDR5 yang dirancang untuk platform ini.


Sumber: Elmorlabs


Mereka mencapai clock speed 5,5 GHz all core, yang tentu saja membutuhkan pendinginan ekstrem seperti liquid nitrogen untuk menjaga CPU di bawah minus 95 derajat Celcius. Lebih penting lagi, CPU mencapai konsumsi daya puncak 1881 watt, konsumsi daya yang melebihi sistem game consumer paling bertenaga yang sedang dimuat (dengan grafis).

Sayangnya, dalam hal ini skor yang diraih (132220 poin) tidak cukup untuk mengalahkan rekor Elmor minggu lalu sebesar 132484 poin. Kita hanya dapat membayangkan berapa banyak daya yang dibutuhkan CPU selama pengujian sebelumnya.

Sumber: Videocardz, TechPowerUp, Elmorlabs

Selain berita utama di atas, KOTAKGAME juga punya video menarik yang bisa kalian tonton di bawah ini.



Baca ini juga :

» China Larang Pakai Prosesor Intel dan AMD di Komputer Instansi Pemerintah! Kurangi Pakai Produk AS?
» Sekilas IT: Rakit PC Gaming Itu Bisa Murah Tapi Tetep Kencang! Begini Cara Nyari Komponennya!
» MSIology 2024: AI Era of Computing - Peluncuran Laptop MSI Terbaru dan Gaming Handheld MSI Claw
» Sekilas IT: PC Gaming Gak Harus Mahal! 6 Jutaan Udah Bisa Main Game AAA Lancar! Semua Partnya Baru!
» Hardware Yang Bakal Rilis Di Januari! Mulai Dari RTX 40 SUPER Sampai Intel 14th Gen Core!

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru