NEWS

Wawancara Eksklusif Tekken 8 Bareng Michael Murray - Ceritanya Lebih Besar 3x Lipat dari Tekken 7?

Haykal Yama Dena   |   Rabu, 20 Sep 2023


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!
Masih dalam rangka Pre-TGS bersama Bandai Namco, KotakGame kembali mendapatkan kesempatan untuk menginterview orang hebat dari dunia game. Sekarang giliran Michael Murray (Project Producer) dan Naoya Yasuda (Marketing Producer) dari Tekken 8 yang kita interview.

Q: Mengenai Super Ghost Battle, Ghost milikmu akan tetap online agar orang lain bisa melawannya, dapatkah seorang player melawan "Ghost" mereka sendiri?

Murray: Ya, kamu bisa melawan Ghost kamu sendiri dan ini akan menjadi hal yang menarik untukmu.

Q: Masih mengenai Ghost, apakah kamu akan memiliki satu Ghost atau satu Ghost?

Murray: Kamu akan memiliki beberapa Ghost, satu Ghost untuk setiap karakter.

Q: Tahun ini kita memiliki banyak game fighting yang rilis dan Tekken 8 akan rilis pada awal tahun depan, menurutmu apa yang akan membuat Tekken 8 bersinar dibanding game lain?

Murray: Seperti yang kamu katakan, SF6 sudah dirilis beberapa bulan lalu, Mortal Kombat, kami tidak bisa membelinya di Jepang, menurutku kita tidak bisa membandingkan Tekken 8 dengan mereka semua karena kita memiliki franchise sendiri yang masih kita update setelah 30 tahun. Kupikir kita juga memiliki kelebihan dimana pemain bisa bergerak secara bebas di lingkungan 3D jadi saat battle kamu bisa bergerak lebih dari menyerang, bertahan dan mundur, kamu bisa bergerak bebas seperti menyerang musuh ke tembok, kami pikir Tekken adalah satu-satunya game fighting yang masih aktif menggunakan hal ini. Di sisi lain dari bagian story, Tekken mendapatkan rekor dunia untuk game dengan story yang paling panjang bukan hanya di fighting game tapi seluruh game.

Q: Ollie Barder dari Forbers berkata bahwa Tekken 7 menggunakan Unreal Engine 4 dan Tekken 8 menggunakan Unreal Engine 5 dan hal ini membuat anda menghabiskan lebih banyak waktu untuk penyesuaian karena pergeseran dalam penggunaan toolset dan engine. Apakah ada keuntungan dalam menggunakan Unreal Engine 5?

Murray: Jujur, Unreal Engine 5 memiliki keuntungan dalam grafis yang lebih baik. Tapi bahkan dari saat kami menggunakan Unreal Engine 4 mekanisme gameplay dan sistem battle tidak sepenuhnya Unreal, kami menggunakan skrip kami sendiri dan kami hanya menggunakannya untuk render karakter, grafis dan lingkungan. Begitu juga di Tekken 8 dimana sebagian besar hal kami lakukan di skrip kami dan kami hanya menggunakan Unreal Engine 5 unuk grafis.


Q: Seperti yang sudah anda katakan, Tekken sudah berlangsung selama 30 tahun dan kamu mempunyai begitu banyak karatker. Jadi bagaimana anda mempersempitnya? Seperti Tekken 7 memiliki sektiar 30 karakter dan kamu mengumumkan bahwa Tekken 8 akan memiliki 32 karakter dan mungkin akan meningkat nanti. Bagaimana anda menimbang pilihan tersebut bahkan dengan fakta Tekken 7 memiliki karakter tamu dari seri game lain. Bagaimana anda menimbangnya? Seperti, "apa yang harus aku lakukan?"

Murray: Jadi filosofi kami tidak memiliki banyak perubahan selama beberapa tahun terakhir seri ini, kami memiliki banyak karakter di Tekken Tag 2, mungkin yang terbanyak di seri ini, dimana kamu bisa melihat Sebastian, pelayan Lili. Kami harus menyeimbangkan dari beberapa aspek seperti cerita dan fans kami.

Kami harus menentukan mana karakter yang diperlukan untuk melanjutkan cerita. Dan ada juga apa yang diharapkan oleh pemain dari gaya permainannya? Jadi ada beberapa yang memiliki input sulit seperti Mishima, dan ada karakter yang memiliki input simpel dan mematikan seperti Paul, atau kadang ada yang membutuhkan timing seperti Chloe. Jadi kamu melihat dari berbagai tipe permainan serta yang terakhir tentunya popularitas.

Dan tentunya dengan gameplay mekanik yang baru akan ada beberapa karakter yang menyatu dengan baik dengan mekanisme ini. Semua alasan ini bersatu untuk menentukan mana karakter yang akan muncul. Tentunya kami tidak bisa membahagiakan semua orang tapi kami mencoba untuk membahagiakan sebanyak yang kami bisa.


Q: 30 Karakter merupakan angka yang besar untuk sebuah game Murray: fighting dimana kita melihat ada banyak game yang bahkan mengurangi character pool mereka. Bagaimana kalian bisa mencapai poin ini mengingat kalian harus membuat semua karakter dari nol, apakah kalian melakukan hal ini karna fans mengharapkannya atau ada alasan lain?

Murray: Tentunya ini sangat berat seperti yang kamu katakan kami harus membuat semuanya dari nol dan ini membuat studio kami kewalahan tapi kami sudah mengunci pilihan kami sejak awal dan memberikan waktu yang cukup.

Jadi ya, kami tahu kami membutuhkan 32 karakter karena ini yang fans harapkan dari Tekken, jadi itu merupakan angka yang sudah kami tetapkan dari awal dan kami sudah membuat jadwal berdasarkan hal itu.

Q: Bagaimana kamu merencakan roadmap untuk esports dari Tekken 8 melihat bagaimana esports dan Tekken bergerak berdampingan terlebih kita baru saja mendapatkan World Tour (Tekken 7)?

Murray: Beruntung kita memiliki produser esports disini (Naoya Yasuda).

Yasuda: Seperti yang sudah kamu katakan Tekken 7 sedang kuat-kuatnya karena Tekken World Tour. Kami ingin melanjutkan tradisi ini untuk Tekken 8 setelah perilisannya juga. Salah satu hal yang membanggakan dari Tekken adalah diluar dari game, kita tahu mengenai cerita dari pemain, kita melihat pemain dari Pakistan, Peru yang fokus di game ini dan bermain di esports dan mereka sangat kuat dan mungkin saja ada pemain kuat dari Madagascar yang kita tidak ketahui. Jadi kami ingin terus memberikan kesempatan untuk pemain-pemain ini agar lebih dikenal. Jadi Tekken 8 akan diadakan secara penuh secara offline. Kami juga ingin memberi banyak kesempatan untuk pemain dan melakukan hal lain secara online.

Kita masih dalam pertengahan musim dari Tekken 7 2023 World Tour, jadi mengenai esports setelah peluncuran (Tekken 8), kita akan membicarakannya di lain hari.


Q: Aku ingin berbicara mengenai Azucena, aku pikir kalian tidak akan mengumumkan seorang karakter di EVO jika kalian tidak bangga padanya dan aku pikir banyak yang tergila-gila kepadanya. Aku ingin bertanya bagaimana perjalanan kalian hingga mengumumkannya dan apa inspirasi dari dia. Bagaimana anda menemukannya, mengapa Peru?

Murray: Jadi kami memiliki slot karakter kosong untuk kami isi dan ada banyak hal yang mempengaruhi keputusan ini. Terkadang ada karakter dengan bela diri khusus seperti Lidia yang menggunakan Okinawan Karater atau kadang karakter dari tempat khusus seperti Shaheen dari Timur Tengah dalam hal ini aku bisa bilang Peru memiliki skena Tekken yang sangat besar disana dan mereka mengadakan turnamen besar setiap tahun dan bahkan mereka sekarang menjadi bagian dari World Tour.

Pada saat yang bersamaan, salah satu hal yang perlu ditentukan adalah bagaimana gameplaynya? Apakah cepat dan lancar seperti Lars? Apakah sangat kuat dan teknis? Tapi kali ini kami ingin gameplay yang lebih rumit, dia juga dipanggil "Trickster" jadi kamu. Kamu bisa melihat bagaimana dia menghindari serangan ketika melakukan gerakan tertentu. Hal ini merupakan yang dirancang oleh desianer game kami mengenai konsep originalnya. Di sisi lain, kami tidak pernah memiliki petarung MMA, kamu bisa melihat Azucena merupakan petarung MMA dengan tipe striker.

Q: Apakah anda khawatir mengenai steorotip yang berlebihan ketika merancang seorang karakter?

Murray: Tentu saja, ada banyak hal yang tentunya tidak kami ketahui jika kita tidak tinggal disana, seperti Shaheen. Aku pikir jika kamu seorang Muslim kamu tidak boleh memakai perhiasaan emas jika kamu seorang pria jadi kamu harus mengganti beberapa aksesoris miliknya. Beruntung kami memiliki kontak ke komunitas yang bisa memberi tahu kami mana yang asli mana yang hanyalah sebuah stereotip.


Q: Pada trailer terakhir kita bisa melihat Hwoarang dan Xiayou di Story Mode. Jadi aku ingin bertanya sejauh mana ceritanya dan bagaimana alurnya?

Michael: Pertanyaan menarik, tentunya aku tidak bisa berbicara mengenai plot di Tekken 8 namun kamu pasti memiliki gambaran kasar mengenainya dari akhir cerita Tekken 7. Sebagai gambaran untuk yang baru mengenal Tekken 7, game ini memiliki cerita yang keren dimana kamu ada penyatuan dari film CG ke pertarungan tanpa loading, dan hal ini sangat penting dan tentunya hal ini akan kami buat lebih baik di Tekken 8 yang mengikuti cerita tentang apa yang terjadi dengan Mishima, Kembalinya Jun, dan lain-lain.

Ini akan lebih besar dari Tekken 7 tentunya, kupikir setidaknya 3x lebih besar dari cerita asli Tekken 7 dan tentunya semua interaksi favorit kamu mengenai cerita dimana sebelum pertandingan karakter tertentu akan memiliki dialog unik diantara mereka.

Nah itu dia interview kami bersama Michael Murray dan Naoya Yoshida. Untuk kamu yang penasaran, Tekken 8 akan dirilis untuk PS5, Xbox X|S, dan PC via Steam pada 26 Januari 2024. Jangan lupa juga kalau Tekken 8 akan mengadakan CBT pada bulan Oktober.

Baca ini juga :

» Harada Bersama Tim Tekken Adakan Tekken Talk Live Untuk Berbincang Tentang Rencana Tekken 8 Ke Depannya
» Katsuhiro Harada, Produser Tekken 8 Kasih Tau Cara Biar Tifa Lockheart Bisa Hadir di Tekken 8
» Evaluasi Besar-Besaran! Bandai Namco Batalin 5 Game yang Lagi Dikembangin Demi Kualitas!
» Jadilah yang Terkuat! Game Konsol Pertama "Jujutsu Kaisen" Telah Resmi Diluncurkan
» Curang! Top Global di Tekken 8 Force Close Gamenya Kalau Kalah Biar Rank Ga Turun

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru