NEWS

Huawei dan HP China Lainnya Deteksi Aplikasi Google sebagai Virus, Beneran Nih?

Rahmat Handiko    |   Rabu, 08 Nov 2023


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Beberapa pengguna ponsel Huawei mengalami hal yang tidak normal. Pasalnya, ponsel Huawei mereka mengira aplikasi Google tersebut adalah virus dan meminta pengguna untuk segera menghapusnya. Notifikasinya berisikan pesan bahwa aplikasi tersebut terdeteksi sebagai malware 'TrojanSMS-PA'. Banyak orang yang membahas masalah ini di forum dukungan Google (postingan Vivo), Reddit (utas Vivo), forum Huawei, dan grup Android lainnya.

"Aplikasi ini terdeteksi mengirimkan SMS secara diam-diam, membujuk pengguna untuk membayar dengan konten dewasa, download/instal aplikasi secara diam-diam, atau mencuri informasi pribadi, yang dapat menyebabkan kerusakan properti dan kebocoran privasi. Kami menyarankan untuk segera menghapusnya," Menurut 9to5Google memposting screenshot peringatan yang muncul pada layar ponsel Huawei.


Sumber:BleepingComputer.com

"Notifikasi keamanan ini tidak dipicu oleh Google Play Protect dan tampaknya berasal dari perangkat yang tidak bersertifikasi Play Protect dan tidak memiliki akses untuk mendownload aplikasi inti Google secara resmi dari Play," kata juru bicara Google, dikutip dari Bleeping Computer, Senin (6/11/2023).

Baca ini juga :


» Google Resmi Menjadi Perusahaan Bernilai 2 Triliun Dollar Atau Senilai 32 Kuadriliun Rupiah!
» Apple Semakin Terpuruk Di China, Huawei Terus Naik Menuju Puncak Pasar!
» Google Ikut Rayakan Rilisnya Final Fantasy VII Rebirth! Ada Easter Egg di Search Engine Google!
» Waduh! Bocoran Benchmark Kasih Lihat Kalau Google Pixel 9 Bakal Lebih Lemot Dari Pada Pixel 8
» Rekomendasi dari Jagat Review: Huawei MatePad Pro 13,2 Inci, Tablet Flagship Tipis dan Ringan Buat Produktivit

BleepingComputer telah mengonfirmasi bahwa peringatan ini muncul pada perangkat Huawei yang sudah terinstall Google sebelum Google memutuskan untuk tidak mensupport Huawei dan tidak ada aplikasi lain yang diinstal. Aplikasi "Huawei Optimizer" lah yang memunculkan notifikasi ini pada ponsel Huawei. Di sisi lain, tidak jelas aplikasi ponsel Vivo atau Honor mana yang menunjukkan peringatan tersebut.

Sejak beberapa tahun lalu, ponsel Huawei tidak lagi disupport oleh Google. Jadi bagi pengguna yang ingin menggunakan aplikasi Google di ponsel Huawei mereka harus langsung menginstal aplikasi tersebut secara manual.

Selain berita utama di atas, KOTAKGAME juga punya video menarik yang bisa kamu tonton di bawah ini.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru