Seri RTX diluncurkan pada bulan Agustus 2018, menandai momen ketika CEO NVIDIA Jensen Huang dengan bercanda menyinggung kelanjutan era GTX dengan lelucon tentang seri 'GTX 1180'. NVIDIA tidak mematikan seri GTX, perusahaan ini justru memperkenalkan GPU RTX 20 dan kemudian seri GTX 16. Namun, hanya kartu RTX yang memiliki kemampuan untuk memanfaatkan teknologi yang baru diperkenalkan seperti ray tracing dan DLSS super sampling.
Fase awal menghadapi tantangan, dengan hanya satu game, Battlefield V, yang mendukung kedua teknologi tersebut pada saat peluncuran. Butuh beberapa bulan bagi game lain untuk menggabungkan fitur-fitur ini, dan lebih dari satu tahun berlalu sebelum DLSS menerima pembaruan 2.0. Potensi DLSS yang sebenarnya menjadi jelas bagi para gamer hanya dengan peluncuran DLSS2, mengubah apa yang dulunya berantakan.
Tahun lalu, NVIDIA meluncurkan DLSS3 bersamaan dengan seri GeForce RTX 40, memperkenalkan peningkatan pada teknologi upscaling. Frame Generation dan Ray Reconstruction diumumkan sebagai bagian dari peningkatan ini. NVIDIA secara aktif bekerja untuk memperluas integrasi full ray tracing dan Frame Generation ke dalam beragam game yang lebih luas.
Teknologi ini mewakili rangkaian fitur NVIDIA RTX, yang baru-baru ini telah melampaui 500 judul, termasuk game dan aplikasi, yang menawarkan dukungan untuk setidaknya salah satu dari kemajuan ini. Penting untuk dicatat bahwa tidak semua judul game mendukung ray tracing dan DLSS. Sebaliknya, ini berarti bahwa judul tersebut mendukung setidaknya salah satu dari teknologi ini, seperti ray tracing, DLSS3/2 atau DLAA.
NVIDIA berterima kasih kepada para gamer dan publisher yang telah menggunakan dan berpartisipasi dalam mengadopsi teknologi RTX. Pembaruan terbaru adalah untuk Call of Duty Warzone dan Cyberpunk 2077 Ultimate Edition. Yang pertama memperkenalkan DLSS3 dan Ray Reconstruction, sedangkan yang kedua mendapatkan peningkatan full ray tracing dan dukungan DLSS3.5. Patch 2.1 terbaru menghadirkan dukungan Resampling Global Illumination (ReSTIR GI), yang disebut-sebut dapat meningkatkan pencahayaan tidak langsung dan meningkatkan kualitas pencahayaan yang dilacak sinar.
Perusahaan menjanjikan lebih banyak update RTX paling cepat minggu depan. Jika kamu tertarik dengan detail mengenai update terbaru, kunjungi postingan blog NVIDIA untuk informasi lebih lanjut.
Sumber: NVIDIA via Videocardz
Baca ini juga :
» ROG Ally Kuasai Pasar Gaming Handheld PC di Indonesia
» [VIDEO] Review SanDisk GamePlay microSD™
» Resiko Gede Tambah Storage? Solusi cepat tepat & aman Gamer! SanDisk GamePlay microSD Gaming Ngebut!
» Gigabyte Siapkan GeForce RTX 4080 SUPER XTREME ICE, Unit Terbatas Cuma 300 Aja!
» Prosesor Intel Lunar Lake MX Digambarkan Pada Platform Referensi, Spesifikasi Dikonfirmasi!
Selain berita utama di atas, KOTAKGAME juga punya video menarik yang bisa kamu tonton di bawah ini:
Recommended by Kotakgame
Srikandi Dunia Esports Indonesia! Inilah Dere...