NEWS

Sutradara Anime Veteran Mengeluh Karena Pendapatan yang Minim

Taufik Hidayat   |   Rabu, 24 May 2017


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!
Tentu kalian pasti sudah tahu kalau biaya pembuatan anime dalam satu season itu tidak murah dan sangat mahal. Untuk pembuatan anime satu season umumnya akan memakan biaya IDR 27 miliar. Tapi tahukah kamu bahwa gaji atau bayaran untuk staff anime itu terbilang kecil, bahkan untuk seorang sutradara veteran sekalipun.

Salah satu sutradara teknis veteran Taiki Nishimiru yang sudah malang melintang di industri anime selama 20 tahun mengatakan melalui akun pribadi Twitter miliknya bahwa ia hanya mendapatkan pendapatan sekitar 100.000 yen (IDR 12 juta) untuk setiap anime yang ia kerjakan dan selesaikan.

Baca ini juga :

» Agen Twilight dan Thorn Princess Terjun ke dalam Aksi Battle Royale! Siapa yang Mampu Bertahan?
» Pertama Kalinya! eFootball™ Jalin Kolaborasi dengan Anime
» Guest Star AFAID 2024 Diumumkan! Cosplayer Hakken dan Penyanyi NANO Kembali Tampil di Indonesia
» Sang Ninja Hadir di Dunia Nyata! Film Live Action Naruto Resmi Digarap oleh Sutradara Film Shang-Chi!
» [RUMOR] Fortnite Kabarnya Akan Berkolaborasi dengan Animanga Populer, One Piece!

Ia mengeluh karena ia membutuhkan setidaknya butuh sekitar 150.000 yen (IDR 17.8 juta) untuk memenuhi biaya hidup perbulannya. Sementara ia menyelesaikan sebuah anime paling cepat bulan dan hanya mendapatkan 230.000 yen (IDR 26 juta). Ia mengaku terpaksa untuk mengerjakan dua anime sekaligus setiap bulannya.

Nishimura bisa hidup dengan pendapatan segitu karena ia sudah memiliki apartemen. Ia membayangkan bagaimana orang lain yang bekerja di industri anime lalu harus membayar uang sewa tempat tinggal yang begitu mahal di Jepang, pastinya sangat melelahkan karena harus mengerjakan beberapa proyek sekaligus.

Japan Animation Creators Association melaporkan bahwa pada tahun bahwa rata-rata pendapatan pekerja industri kreatif khususnya anime di Jepang hanya memiliki rata-rata pendapatan 3.32 juta yen (IDR 396 juta) pertahunnya.

(KotakGame)

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru