NEWS

Saatnya Ucapkan Selamat Tinggal, Steam Tidak Lagi Dukung Windows XP

Fadhil Baladraf   |   Kamis, 03 Jan 2019


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2003 lalu, Steam Store sudah menjadi tempat bagi banyak gamer di seluruh dunia untuk mencari dan memainkan game idaman mereka. Seiringnya berjalannya waktu sudah banyak perubahan baru yang membuatnya semakin sempurna, namun ada juga saat dimana Steam pasti tidak akan mendukung sistem operasi lawas. Hal yang dikhawatirkan ini akhirnya terjadi saat Valve mencabut dukungan Steam untuk sistem operasi Windows XP dan Windows Vista.

Perubahan ini sudah diterapkan sejak awal Januari ini, dimana client Steam untuk kedua OS tersebut sudah tidak lagi beroperasi. Walaupun tidak terdengar seperti permasalahan yang serius, namun nyatanya masih banyak gamer di seluruh dunia yang hanya bisa memainkan game jadul di kedua sistem operasi ini. Perubahan ini tentu saja secara tidak langsung memaksa semua gamer untuk memperbarui sistem operasinya.

Baca ini juga :

» Diduga Melanggar Aturan, Steam Kini di-Banned di Vietnam!
» Tidak Seperti Helldivers 2 PC, Ghost of Tsushima PC Tetap Membutuhkan Akun PSN untuk Multiplayer
» MrBeast Berusia 26 Tahun Hari Ini dan Memberikan 26 Tesla, Termasuk Cybertruck!
» Gamers Win! Helldivers 2 Steam Kini Tidak Diwajibkan Lagi Untuk Connect Akun PSN!!
» Steam Perbolehkan Gamer Untuk Refund Helldivers 2 Tanpa Ada Minimal Playtime

Pengaruh yang sama mungkin juga dirasakan oleh sebagian pengelola Warnet di Indonesia, dimana komputer yang disediakan hanya memiliki Windows XP. Lalu apa alasan dibalik penghilangan dukungan ini? Sama seperti alasan yang sering Valve lontarkan dari waktu ke waktu, perubahan tersebut diperlukan untuk memperkuat keamanan Steam dan menambahkan lebih banyak fitur di dalamnya.

Mungkin inilah momen perpisahan dengan Windows XP sebagai platform gaming legendaris di masanya, namun kenangan yang dirasakan banyak gamer pasti tidak akan pernah hilang dan selalu membekas.

(KotakGame)

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru