NEWS

Linus Merakit PC Mini ITX Paling Ringkas Dengan Ryzen 9 5950X Dan RTX 3090!

Yohanes   |   Jumat, 30 Apr 2021


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Linus Sebastian, atau yang biasa disapa Linus dari channel YouTube Linus Tech Tips, baru saja merakit PC Mini dengan form factor ITX dengan Ryzen 9 5950X dan RTX 3090 didalamnya. Dengan hanya ukuran volume casing 15,6 L Linus sukses merakitnya hingga beroperasi dengan normal.


Sumber: Linus Tech Tips


Seperti seakan bukan lagi rahasia, Mini ITX adalah form factor PC yang sulit dirakit, apalagi dengan ukuran 15,6 liter. Casing tersebut datang dari brand Winter Design dengan tipe Winter One 1.2. Casing yang dikirim kepada Linus adalah versi sempurna dari Winter One pertama yang memang banyak dikritik Linus sebelumnya. Seakan mendengarkan semua masukan, Winter Design mengirimkan versi final dari casing tersebut untuk direview secara langsung oleh Linus.

Baca ini juga :

» Ini yang Paling Jauh! Linus Berhasil Mendinginkan PC Server Menggunakan Pendinginan Kolam Renang
» Linus Rakit Wooden PC Sesungguhnya Yang Memiliki Roda Gigi Bergerak Ketika Beroperasi
» Gokil, Linus Tech Tips Merakit PC Dengan Pendinginan Tenaga AC Alias Pendingin Ruangan
» Linus Rakit PC Sudah Biasa, Kali Ini Linus Merakit Sebuah Smartphone!
» Download RAM? Linus Membuktikan Bahwa Sekarang Eranya Mendownload Casing PC!




Sumber: Winter Design


Casing tersebut hadir dalam bentuk yang tidak dirakit atau terpisah-pisah, karena saking ringkasnya, tidak mungkin bisa memasang komponen komputer jika dalam keadaan casing yang sudah utuh dirakit. Dengan finishing kelas terbaik, Linus kerap tampak kagum dengan bagian-bagian casing seharga $470 atau 6,7 juta rupiah tersebut.

Tidak tanggung-tanggung Linus langsung mencoba konfigurasi paling mentok kanan untuk saat ini, yaitu Ryzen 9 5950X dengan 16 cores dan 32 thread yang dikombinasikan dengan RTX 3090 24GB GDDR6X dari ASUS yang bekerja sama dengan EKWB untuk varian watercooling. VGA tersebut bukan saja adalah VGA terkencang yang bisa dibeli di pasaran sekarang (jika kamu bisa menemukannya ready stock) tapi versi ini adalah versi dengan watercooling block yang didesain khusus oleh EKWB, sebuah perusahaan yang memang memproduksi watercooler terbaik di pasaran.


Sumber: Linus Tech Tips


Banyak kesulitan yang terjadi selama proses perakitan PC tersebut, dan ini adalah hal yang lumrah ketika merakit PC dengan ukuran sekecil ini. Tetapi, yang paling menyusahkan ialah perakitan PC kecil dengan sistem pendinginan watercooling yang diintegrasikan dari CPU maupun VGA dengan radiator 240mm di dalam casing berukuran 15,6 liter.


Sumber: Linus Tech Tips


Singkat cerita Linus berhasil merakitnya dan membuatnya bekerja hingga dapat bermain game Cyberpunk dengan grafis ultra dalam keadaan Ray Tracing maksimal dengan suhu yang sangat adem. Ini semua dapat terjadi akibat penggunaan watercooling, karena jika dengan sistem pendinginan konvensional tentu sudah bisa dipastikan akan sangat panas, terlebih ukuran aircooler tower konvensional tidak akan muat didalam Winter One 1.2 ini.


Sumber: Linus Tech Tips


TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru