NEWS

OBS Studio 29.1 Sekarang Mengizinkan AV1/HEVC Streaming Untuk Youtube

Aeprukmana   |   Selasa, 28 Mar 2023


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

OBS Studio, software paling populer untuk merekam dan streaming video ke platform seperti Twitch atau YouTube, akhirnya akan memungkinkan para gamer untuk mendapatkan keuntungan dari teknologi video coding yang mumpuni.

AV1 adalah codec video dan bebas royalti yang memungkinkan streaming hingga 30% lebih efisien dengan kualitas yang sama dengan HEVC. Ini berarti lebih sedikit bandwidth yang diperlukan untuk berbagi kualitas konten yang sama. Dukungan decoding codec ini kini telah diperluas ke semua GPU dan APU modern.

Arsitektur grafis terbaru seperti AMD RDNA3, NVIDIA Ada Lovelace dan Intel Xe-HPG sekarang juga dapat encode video dalam format ini, namun dukungan untuk streaming video masih kurang. Sejauh ini, software seperti OBS hanya dapat merekam video, tetapi tidak ada cara untuk membagikan konten AV1 secara langsung.

Update OBS Studio 29.1 yang akan datang akhirnya akan memungkinkan streaming AV1 dan HEVC ke YouTube. Baik YouTube maupun Twitch atau Discord tidak mengizinkan streaming AV1, tetapi ini telah berubah selama beberapa bulan terakhir. Gamer masih diizinkan mengunggah video AV1 untuk platform video untuk dikonversi ke codec yang kompatibel, tetapi tidak ada cara untuk streaming langsung.


Sumber: OBS Github


Discord adalah platform besar pertama yang mengaktifkan streaming AV1, tetapi dukungan terbatas hanya untuk seri GeForce RTX 40. Video akan disajikan sebagai stream AV1 asli atau dikonversi untuk pengguna tanpa kemampuan decoding pada mesin mereka. Metode yang sama diharapkan dari stream YouTube.

Menurut changelog, fitur tersebut telah diuji dengan NVIDIA NVENC dan encoder Intel hingga 4K 60 FPS, tetapi tidak disebutkan support untuk AMD. Perlu juga dicatat bahwa streaming YouTube AV1 masih dalam versi BETA, jadi mungkin belum siap produksi.

Pencapaian OBS Studio 29.1 sudah 92% selesai, tetapi pengaktifan streaming AV1/HEVC untuk YouTube sudah diterapkan sepenuhnya. Update software harus dirilis setelah semua open issue ditutup.

Baca ini juga :

» MrBeast Berusia 26 Tahun Hari Ini dan Memberikan 26 Tesla, Termasuk Cybertruck!
» Founder T-Series Mendorong Persatuan India agar Tidak Tersalip dengan MrBeast dalam Subscriber YouTube
» Youtube Makin Tegas! Aplikasi Pihak Ketiga yang Ada Adblock Bakal Buffering atau Dapat Pesan Error!
» Sony Takedown Video Bocoran PS5 Pro dari Youtuber Moore's Law Is Dead! Apakah Bocorannya Beneran?
» iShowSpeed Rayakan 24 juta Subscriber YouTube dengan Loncat ke Setup Streamingnya!



Selain berita utama di atas, KOTAKGAME juga punya video menarik yang bisa kalian tonton di bawah ini.



TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru