NEWS

NVIDIA Mengklaim Memiliki Encoder AV1 Yang Lebih Baik Daripada AMD Dan Intel

Aeprukmana   |   Jumat, 05 May 2023


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Versi stabil OBS Studio 29.1 telah dirilis. Sama seperti versi beta, versi ini mendukung AV1 Encoding untuk streaming YouTube. NVIDIA mengambil kesempatan ini untuk membahas keunggulannya dalam AV1 Encoding dibandingkan kompetitor.

Baca ini juga :


» China Pamerkan Robot Yang Bisa Masak Sampai Strika Baju! Bisa Gantikan ART?
» Gigabyte Siapkan GeForce RTX 4080 SUPER XTREME ICE, Unit Terbatas Cuma 300 Aja!
» Prosesor Intel Lunar Lake MX Digambarkan Pada Platform Referensi, Spesifikasi Dikonfirmasi!
» Intel Gaudi 2 Accelerator Menampilkan Performa Kompetitif Melawan NVIDIA H100
» Sekilas IT: Rakit PC Gaming Itu Bisa Murah Tapi Tetep Kencang! Begini Cara Nyari Komponennya!

AV1 adalah codec open-source dari Alliance untuk Open Media. Selama lebih dari dua tahun, codec video ini telah muncul sebagai alternatif sejati untuk H264 dan H265/HEVC yang bukan open source. Format bebas royalti akan menjadi faktor besar dalam menjadikan AV1 sebagai masa depan streaming video, dan semua merek GPU utama kini bergabung dan secara aktif mengembangkan GPU dengan dukungan untuk format video ini.

Seperti yang kita ketahui, AV1 Encoding sekarang didukung oleh semua arsitektur GPU modern: GeForce RTX 40 (Ada), Radeon RX 7000 (RDNA3) dan Arc Alchemist (Xe-HPG). Namun, implementasinya bervariasi dan kemampuan encoding mungkin menunjukkan perbedaan yang nyata.

NVIDIA telah merilis gambar dari perbandingan video yang menampilkan AMD RX 7900 XTX, Arc A770 dan GPU RTX 4080 dalam perbandingan AV1 Encoding 4K dan 12 Mbps. Nvidia mengklaim bahwa encoder mereka menghasilkan gambar berkualitas lebih tinggi dengan bitrate yang sama:


Sumber: NVIDIA

GPU NVIDIA RTX 40 mengandalkan encoder NVENC Generasi ke-8, yang memungkinkan encoding hingga 8K60 (FPS) dengan membagi frame menjadi jalur horizontal pada beberapa GPU. Pada 4K, ini dapat memberikan kualitas video yang serupa pada 10 Mbps dibandingkan dengan stream H.264 pada 20 Mbps, tetapi secara keseluruhan NVIDIA mengklaim AV1 Encoding memberikan efisiensi encoding sekitar 40% lebih baik.

OBS Studio 29.1 sekarang tersedia untuk diunduh dari situs web resmi. Proyek ini disponsori oleh NVIDIA dan AMD.

Sumber: NVIDIA

Selain berita utama di atas, KOTAKGAME juga punya video menarik yang bisa kamu tonton di bawah ini.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru