NEWS

Google Menunda Chipset Khusus Untuk Line Up Pixel Selama Setahun Penuh!

Aeprukmana   |   Jumat, 07 Jul 2023


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Google pada akhirnya memiliki rencana untuk beralih dari desain chip semi-kustom untuk jajaran smartphone Pixel-nya, dan seperti Apple, Google berniat untuk merilis SoC yang sepenuhnya kustom untuk pertama kalinya. Sayangnya, perjalanan tersebut mengalami banyak hambatan, dengan Google dilaporkan menunda perilisan silikon kustom selama satu tahun penuh.

Raksasa mesin pencari ini awalnya memiliki rencana untuk merilis chip yang sepenuhnya dikustomisasi dengan nama sandi 'Redondo' pada tahun 2024, menurut The Information. Dalam prosesnya, perusahaan akan mengganti desain semi-kustom yang digunakan dari Samsung. Namun, sebagian kecil dari laporan berbayar tersebut tidak menyebutkan alasan penundaan ini, malah menyebutkan bahwa nama kode baru dari SoC tersebut adalah Laguna, dan menurut orang-orang yang mengetahui masalah ini, peluncurannya akan dilakukan pada tahun 2025.

Beberapa pembuat ponsel telah mencoba mengadopsi pendekatan yang sama dengan yang diikuti Apple selama bertahun-tahun; meluncurkan chip yang menggunakan desain CPU dan GPU khusus. Xiaomi adalah salah satu entitas pertama yang meninggalkan jalur ini, diikuti oleh OPPO, dengan laporan yang menyatakan bahwa perusahaan tersebut dan para insinyurnya mengalami kesulitan pengembangan dan masalah lainnya. Pengungkapan ini menunjukkan bahwa divisi chip khusus Apple berada beberapa tahun di depan persaingan, dan hanya Qualcomm yang memiliki posisi lebih baik untuk menghadapi raksasa yang berbasis di California berkat akuisisi Nuvia, tetapi sayangnya, kita baru akan melihat Core Oryon khusus itu beraksi tahun depan.

Baca ini juga :


» David Gadgetin: Samsung Kalau Niat Bikin HP Terjangkau Kayak Galaxy A15, Auto Recomended!
» David GadgetIn: Hape 4 Jutaan Tergila Yang Pernah Saya Review!
» David GadgetIn: Spek Hape Kayak Gini Sering Banget Di Roasting Netizen!
» Chipset Samsung Exynos 2400 Cuma Kuat Genshin Settingan Low? Katanya Belum Di-optimize miHoYo
» Fitur AI Dari Samsung Bakal Bisa Dipakai di WhatsApp Juga Ga Cuma Di Aplikasi Bawaan

Bahkan jika Google berhasil mengatasi masalah desain CPU dan GPU khusus, Google masih harus memilih pabrik fabrikasi yang akan bertanggung jawab untuk memproduksi chip tersebut secara massal dalam jumlah yang lebih banyak dan dengan proses yang canggih sehingga Google dapat memiliki keunggulan dalam persaingan. Selama bertahun-tahun, TSMC telah membangun fondasi yang tak terkalahkan, itulah sebabnya mengapa TSMC telah memproduksi wafer secara massal untuk Apple selama beberapa waktu, sehingga produsen semikonduktor Taiwan tersebut akan menjadi pilihan yang tepat bagi Google. Namun, akankah perusahaan ini membayar tagihannya, karena mengetahui bahwa mereka akan membayar jutaan dolar untuk chip khusus sementara pangsa pasar ponsel pintarnya hampir tidak dapat diabaikan?

Untuk saat ini, Google masih memiliki waktu untuk menyiapkan jaringan distribusi smartphone Pixel, karena jutaan orang di seluruh dunia masih ingin merasakan pengalaman menggunakan Android versi vanilla. Beberapa tahun ke depan, chip yang sepenuhnya dikustomisasi dapat memberi Google kemampuan untuk menyesuaikan fitur eksklusif dan memungkinkan daya tahan baterai yang lebih baik dengan memiliki kendali penuh atas perangkat keras dan perangkat lunak. Namun, untuk saat ini, kita akan mendapatkan Tensor G3 di Pixel 8 dan Pixel 8 Pro, yang menggunakan CPU 9-core dan kemungkinan akan memiliki kinerja yang lebih buruk daripada kompetitor saat diluncurkan secara resmi.

Selain berita utama di atas, KOTAKGAME juga punya video menarik yang bisa kamu tonton di bawah ini.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru