NEWS

GeForce RTX 3080 Ti Dengan Memori 20GB Yang Belum Dirilis Muncul Dengan Dukungan Overclocking

Aeprukmana   |   Sabtu, 29 Jul 2023


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Rumor seputar potensi RTX 3080 Ti dengan memori 20GB telah beredar sejak arsitektur Ampere dirilis. Namun, ternyata beberapa rumor tersebut ada benarnya, dan NVIDIA memang telah mempersiapkan GPU ini. Meskipun kami telah membahas tanggal rilis potensial, perusahaan membuat keputusan di menit-menit terakhir untuk membatalkan ide tersebut.

Sayangnya, keputusan ini membuat merek seperti Gigabyte dan MSI berada dalam posisi yang sulit. Sejumlah kartu ini telah diproduksi, membuat perusahaan memiliki pilihan untuk menghancurkan kartu tersebut atau menjualnya kepada penambang kripto atau pengecer yang meragukan. Akibatnya, keberadaan model ini menjadi rahasia umum.


Sumber: Facebook

Jika kartu-kartu ini memang muncul di pasar barang bekas, hal ini menimbulkan kecurigaan apakah NVIDIA mengganti biaya produksi kartu-kartu ini kepada MSI atau ada orang di dalam MSI yang mencoba mengambil keuntungan dari kartu-kartu yang seharusnya sudah tidak digunakan lagi. Dalam skenario mana pun, terbukti bahwa NVIDIA tidak memperpanjang dukungan untuk model ini, karena driver fungsional terakhir sudah lebih dari satu tahun yang lalu.

Baca ini juga :


» Capek Sama Nintendo, Nvidia Dirumorkan Kerjasama Bareng MediaTek Bikin Handheld Baru!
» [RUMOR] NVIDIA RTX 50 Series Akan Meluncur Akhir Tahun Ini! RTX 5090 & RTX 5080 Akan Diluncurkan Berdekatan!
» Laptop Gaming AI Ringkas Dengan Performa Ganas! Review ROG Zephyrus G16 (2024)
» Makin Ngeri! Seorang Engineer Di China Pamerkan AI Deep Fake Jadi Cewek Cantik!
» MSI Bakal Fokus ke GPU NVIDIA daripada AMD? Katanya Lebih Banyak Peminat GPU NVIDIA Dibandingkan AMD


Sumber: Facebook

Menurut data GPU-Z, RTX 3080 Ti 20GB memiliki fitur GPU GA102 dengan 10496 core CUDA, memori GDDR6 20GB pada bus 320-bit, dengan clock 1188 MHz. Kartu ini secara mengejutkan mendukung overclocking, memungkinkan penyesuaian pada clock GPU sebesar 109 MHz dan memori GPU sebesar 13,6% untuk mencapai kecepatan 21,6 Gbps.

Kartu ini mendapatkan skor 21 ribu poin dalam pengujian GPU TimeSpy, yang berada di atas skor rata-rata RTX 3080 Ti 12GB sebesar 19,6 ribu poin. Namun, penting untuk dicatat bahwa GPU ini tidak didukung sepenuhnya, dan driver menunjukkan tanda-tanda telah dimodifikasi secara khusus. Selain itu, tidak ada data yang tersedia mengenai penggunaan daya kartu.


Sumber: Facebook

Saat ini, seorang penjual meminta harga selangit sebesar $1100 AUD (IDR 11 Juta) untuk kartu grafis ini. Meskipun mungkin memiliki nilai bagi para kolektor, kondisi produk ini patut dipertanyakan, dan tidak memiliki dukungan driver resmi. Versi driver terakhir yang tersedia terlihat memiliki 516 cabang untuk Windows 10, yang mengindikasikan bahwa sangat kecil kemungkinannya akan ada pembaruan publik untuk kartu grafis ini. Gamer disarankan untuk menghindari penawaran ini dengan cara apa pun.

Selain berita utama di atas, KOTAKGAME juga punya video menarik yang bisa kamu tonton di bawah ini.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru