Feature

[Diary Kru Kotga] Mengenal Tren dan Trik Memainkan Fidget Spinner

oleh: Master-Fakry

Apakah kamu sudah mengenal benda yang bernama fidget spinner? Mungkin namanya kurang begitu populer di Indonesia, tetapi jika melihat bentuknya, kemungkinan kamu akan merasa lebih akrab dengan fidget spinner ini. Fidget spinner yang umum beredar biasanya memiliki tiga blade atau disebut tri-spinner, dengan sebuah bearing (laher) di bagian tengah untuk tepat pegangan. Selain model tri-spinner, ada juga model dua blade yang disebut dengan dual-spinner.

Melihat ke asal muasal pembuatannya, fidget spinner diciptakan oleh seorang wanita bernama Catherine Hettinger pada tahun 1990. Awalnya, benda ini dibuat untuk membantu orang yang memiliki masalah fokus atau rasa gelisah berlebihan (termasuk autisme, hyper aktif, dan rasa tidak tenang yang berlebihan). Hanya saja benda ini menjadi sangat populer baru-baru di sekitar akhir tahun 2016 sebagai mainan untuk menghilangkan rasa bosan. Mainan ini terbuat dari berbagai material, mulai dari plastik, alumunium, stainless steel, perunggu hingga titanium.


Ki-ka: Tri-spinner, dual-spinner

Ketika bosan, cukup pegang bagian tengah mainan ini dengan ujung jari telunjuk dan ibu jari, kemudian putar blade-nya.


Putar, mainkan

Pengguna di Indonesia sendiri menggunakan benda ini untuk menghilangkan rasa iseng atau bosan pada saat bekerja. Sebagian ada yang menganggap barang ini sebagai mainan pengganti pen-spinner atau permainan memutar pulpen yang sering dilakukan oleh anak sekolah yang sedang iseng. Namun fidget spinner ini memiliki tingkat kesulitan yang lebih mudah daripada pen-spinner.


Pen-spinner, lebih sudah

Fidget spinner hadir dengan beragam bentuk, warna dan merk. Ada yang sederhana dan berkualitas standar yang dibandrol dengan harga di bawah seratus ribu Rupiah, kualitas lebih tinggi dengan suara halus ketika diputar dan durasi putar yang jauh lebih lama dibanding kualitas biasa yang dibandrol ratusan ribu Rupiah, hingga ada juga yang kualitas premium dengan harga yang lebih dari satu juta Rupiah.

Kalau kamu masih baru mengenal mainan ini, berikut adalah sebuah video yang memperlihatkan beberapa trik pemula untuk memainkan fidget spinner.


Trik mudah

Jika sudah cukup terbiasa dengan mainan ini, berikut adalah video yang memperlihatkan trik tingkat lanjutan yang bisa kamu dipelajari. Cukup menantang, sih!


Perlu diketahui bahwa mainan ini dapat berputar dengan sangat kencang, dan beberapa desain fidget spinner dengan ujung runcing dapat menyebabkan luka jika terkena bagian kulit tipis seperti di area wajah atau mengenai mata kamu. Jadi, harus tetap berhati-hati dalam memainkan mainan ini, ya!

Saat ini, banyak online store di Indonesia yang telah menjual mainan ini. Kalau kamu malas beli dan cukup kreatif, fidget spinner bisa dibuat sendiri kok. Mengingat bentuknya yang sederhana, ada netizen yang berbagai cara membuat fidget spinner ini. Seperti video berjudul "Rahasia Cara membuat Fidget Spinner Murah Meriah" yang dibagikan oleh YouTuber di channel Septian Jowo yang membuah dual-spinner dari barang-barang murah yang biasa ditemui di keseharian, yaitu tiga buah laher dan cable-ties.

Kamu bisa lihat videonya di bawah ini.


Cara membuat fidget spinner

Peringatan dari Kru Kotga bagi Kotakers yang masih duduk di bangku sekolah, jangan memainkan mainan ini pada proses belajar mengajar ya, sebab mainan ini bisa mengganggu konsentrasi kamu saat pelajaran berlangsung. Atau bagian terbutuknya adalah bapak/ibu guru akan mengambil fidget spinner itu dan menyuruh kamu keluar dari kelas karena dianggap mengganggu suasana.

Demikian pembahasan tentang fidget spinner.

Jika kamu sudah punya atau pernah memainkannya, ceritakan pengalaman kamu dengan mainan ngetren ini di kolom komentar, ya.

(KotakGame)

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru