Feature

Tips Agar Main 'PUBG Mobile' Lebih Lancar Tanpa Lag

Berbicara mengenai game cukup fenomenal selama akhir tahun 2017 hingga saat ini. Tidak bisa dipungkiri semenjak dirilis PUBG di PC melalui Steam, kepopuleran game bergenre battle-royale menjadi sangat digandrungi dikalangan gamer. Menariknya? Tidak hanya untuk PC, PUBG juga dibawa oleh Tencent ke perangkat mobile.

PUBG Mobile hadir dengan mengadopsi penuh konsep yang telah dibangun pada versi PC. Tentu saja grafis yang dihasilkan tidak kalah bagus dengan versi PC. Sayangnya, karena hal tersebut cukup banyak orang yang memainkan PUBG Mobile mengalama kendala performa yang menjengelkan. Mulai dari lag, freeze, atau bahkan tidak bisa memainkannya sama sekali.

Nah, pada artikel kali ini Kru KotGa akan membagikan beberapa tips untuk kamu agar bisa main PUBG Mobile lebih lancar. Beberapa cara di bawah berlaku untuk pengguna Android dan juga beberapa cara bisa diterapkan untuk pengguna iOS. Lantas, apa saja tipsnya? Yuk simak artikelnya!

1. Pakai Game Booster

Yak, cara ini memang terbilang cukup ampuh ketika Kru KotGa gunakan. Dulu, cara ini dipakai di PC berbasis Windows untuk memainkan game. Gunanya? Untuk menghentikan aplikasi background dan menghemat penggunaan ram. Penggunaan game booster di Android juga akan mematikan sementara notifikasi yang mengganggu. Game Booster juga mampu memfokuskan internet ke game yang sedang dimainkan.

Bagi kamu pengguna Xiaomi dengan MIUI 9 keatas, sudah ada fitur Game Booster bawaan. Sementara selain pengguna Xiaomi bisa mencarinya aplikasi Game Booster di Google Play. Salah satu aplikasi Game Booster yang Kru KotGa rekomendasikan adalah Swift Gamer.

2. Minimkan Settingan Grafis

Ini adalah cara klasik untuk memainkan game berat apapun. Pada settingan grafis PUBG Mobile, terdapat pengaturan Frame Rate dan juga Graphics serta yang terbaru, Style. Untuk bagian Frame Rate, kru KotGa rekomendasikan kamu menggunakan settingan High jika mendukung agar mendapatkan framerate yang lebih tinggi. Sementara pada bagian Graphics, Kru KotGa sarankan memilih opsi Smooth. Untuk bagian Style, kamu disable saja fitur tersebut.

3. Pakai Internet yang Stabil

Yap, lancar atau tidaknya kamu memainkan PUBG Mobile bisa ditentukan dengan kualitas internet yang digunakan. Game kompetitif seperti PUBG Mobile tentu saja memerlukan internet yang stabil, tentunya tujuan utamanya adalah mendapatkan ping yang kecil. Jangan lupa, pilih server Asia yang lebih dekat agar internet lebih maksimal.

4. Gunakan Custom ROM

Salah satu cara ampuh mengkostumisasi Android agar lebih lancar memainkan game salah satunya dengan menggunakan Custom ROM. ROM pada Android biasanya berisi sistem operasi dan beberapa fitur tambahan yang diberikan oleh vendor, namun sayangnya tak semua fitur tersebut dipakai oleh pengguna Android yang justru malah membuat performa Android semakin lama semakin menurun. Dengan memakai Custom ROM yang kebanyakan berbasis AOSP atau Android original bisa meningkatkan performa Android.

Hanya saja, cara ini hanya bisa dilakukan oleh gamer yang sudah paham betul bagaimana mengoprek Android dan tidak dianjurkan untuk para awam, karena akan berdampak beberapa resiko mulai dari dari softbrick (bootloop) atau apesnya bisa kena hardbrick (mati total). Jadi, pikir-pikir lagi ya.

Nah, itulah beberapa tips dari Kru KotGa agar kamu bisa main PUBG Mobile lebih lancar. Meski efek yang didapat tidak sesignifikan jika mengganti smartphone baru, setidaknya kamu tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun. Jika kamu memiliki tips tambahan, jangan ragu untuk menyebutkannya di kolom komentar ya!

Sekedar informasi untuk kamu, Tencent bersama Lightspeed dan Quantum menjanjikan bahwa PUBG Mobile akan terus mendapatkan update untuk optimisasi grafis agar game tersebut bisa dimainkan di berbagai smartphone dengan performa maksimal di Android maupun iOS.

(KotakGame)

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru