Feature

Mengapa Anime Adaptasi Game Dicap Buruk Oleh Fans?

oleh: Culdesacc

Hingga kini, banyak adaptasi anime dari game populer yang hadir dengan berbagai konsep. Namun, salah satu keluhan yang diberikan oleh para fans adalah anime adaptasi tersebut tidak sesuai dengan ekspektasi mereka, baik dari kualitas animasi ataupun penceritaan yang terkesan terlalu diburu-buru. Jadi, sebenarnya apakah alasan dari adaptasi anime yang dicap buruk oleh para fans?

Baca ini juga :

» Rekomendasi Build Baizhu di Genshin Impact versi 3.6
» Gak Nyangka Demen Ngegame! 7 Game Favorit Raditya Dika!
» Indopride! Ini Dia 7 Game Yang Berhasil Membanggakan Indonesia!
» Tahun 2023 Penuh Game Keren! Ini Dia List Game Yang Dinantikan Rilisnya di Tahun Ini!
» Awal Tahun 2023 di Rumah Tapi Bingung Mau Ngapain Aja? Saatnya Mainkan 7 Game Ini!

Salah satu hal yang paling mengganggu dari anime adaptasi dari game merupakan episode penceritaan yang terkesan terburu-buru, salah satu contohnya adalah adaptasi anime dari Persona 5 dan Devil Survivor 2 The Animation. Progresi game digambarkan dengan begitu cepatnya sehingga motivasi masing-masing karakter tidak diceritakan dengan baik.

Hal tersebut merupakan akibat para sutradara kurang mampu mengompres banyaknya quest, side quest dan berbagai event tambahan lainnya ke dalam 12 atau 24 episode yang terbatas. Tentunya kualitas dari penceritaan merupakan sesuatu yang krusial dalam sebuah game, dimana kisah karakter yang kita mainkan akan menjadi titik utama dalam game tersebut. Ketika sebuah adaptasi anime gagal untuk menceritakan kisah tersebut dengan baik, sudah jelas penggemar setianya akan kecewa.

Salah satu upaya agar penceritaan dalam sebuah adaptasi anime dapat diceritakan dengan baik adalah dengan mengemas adaptasi anime tersebut ke dalam format film yang dibagi menjadi berbagai bagian, seperti misal adaptasi film dari Persona 3 yang memiliki kualitas animasi dan sukses menceritakan premis yang ditawarkan oleh adaptasi gamenya.

Menurut kru KotGa sendiri, salah satu anime yang sukses menghadirkan adaptasi cerita dengan baik adalah Tales of the Abyss, dimana versi animenya justru menambahkan beberapa poin plot penting yang tidak diceritakan dalam gamenya. Bagaimana menurut Kotakers? Apakah sejauh ini ada adaptasi anime dari game yang menurut Kotakers cukup sukses dalam membawakan kisahnya? Langsung saja komentar dibawah!

(KotakGame)
Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru