Feature

ASUS AC66U B1 dan AC68, Gaming Lebih Ngebut dan Stabil dari Router Default ISP!

oleh: VolkanKaya

Semua komponen yang membangun sebuah sistem PC khususnya untuk memenuhi kebutuhan gaming pasti selalu memiliki peran krusial. Hal ini sayangnya tidak selalu diperhatikan oleh semua kalangan gamer yang terlalu fokus pada performa hardware, karena kenyataanya ada beberapa komponen lain yang wajib diperhatikan untuk memaksimalkan pengalaman bermain, khususnya untuk game kompetitif yang menuntut koneksi stabil. Untuk menjawab kebutuhan ini, router adalah komponen utama yang perlu kamu andalkan.

ASUS yang merupakan salah satu perusahaan komponen PC ternama dunia juga memberikan perlakuan khusus pada router, dimana mereka menghadirkan berbagai lini produk yang sudah hadir dengan teknologi hingga fitur paling mumpuni, khususnya untuk gamer yang menginginkan performa jaringan terbaik. Tentu saja gamer yang memanfaatkan layanan Wi-Fi tertentu akan mendapatkan router bawaan, namun ada perbedaan signifikan dari segi performa dengan router yang menggunakan teknologi Wi-Fi AC hingga AX sekalipun.

Untuk melihat seberapa signifikan performa antara router bawaan dengan router baru yang bisa kamu beli di pasaran, pada artikel kali ini Kru KotGa akan mengulas serta melakukan testing sederhana untuk produk router ASUS RT-AC66U B1 dan ASUS RT AC-AC68U. Daripada penasaran, langsung simak saja rangkumannya di bawah ini.


PENJELASAN SINGKAT MENGENAI JENIS WI-FI

Wi-Fi sendiri pertama kali digunakan secara komersial pada tahun 1999. Wi-Fi dirancang berdasarkan spesifikasi IEEE 802.11. Pastinya kamu pernah mendengar di berbagai spesifikasi laptop atau smartphone yang mendukung spesifikasi 802.11n misalnya. Sekedar informasi untuk kamu, saat ini sudah ada enam generasi Wi-Fi, berikut gambaran jelasnya:

Saat ini, standarisasi di dunia sudah menggunakan generasi kelima, yaitu 802.11ac yang mampu menghasilkan throughput tinggi pada band 5GHz. Lantas, apa untungnya? Bagi kamu para gamer yang menggunakan provider dengan koneksi ngebut sampai 100Mbps misalnya, dapat benar-benar memaksimalkan kecepatan tersebut melalui jaringan Wi-Fi, tanpa perlu menggunakan kabel LAN.

Baca ini juga :

» Banyak MMORPG Mantap! Inilah 10 Rekomendasi Game Minggu Ini yang Harus Gamer Coba Mainkan
» 7 Game yang Paling Banyak Ditonton Gamers di Youtube Bulan Agustus 2019
» Khilaf Deh! Inilah 10 Rekomendasi Game Minggu Ini yang Harus Gamer Coba Mainkan
» Anti Analog! Inilah Game MOBA PC yang Masih Eksis di Tengah Eksistensi Versi Mobile
» Banyak Game Wibu! Inilah 10 Rekomendasi Game Minggu Ini yang Harus Gamer Coba Mainkan

PENGENALAN PRODUK

Sebelum melakukan testing, ada baiknya bagi kamu untuk mengetahui lebih dalam soal dua produk router ini.

ASUS RT-AC66U B1

Pertama adalah ASUS RT-AC66U B1. Hadir dengan desain minimalis yang terlihat elegan, router ini memanfaatkan berbagai fitur dan teknologi unggulan seperti akses Dual Band berkecepatan tinggi, implementasi sistem keamanan AiProtection, opsi konektivitas yang stabil, serta dukungan teknologi AiMesh yang dapat memberikan koneksi Wi-Fi terdedikasi yang lebih solid. Router ini memang produk keluaran lama, namun teknologi AC yang digunakannya sudah menjadi standar pasaran router yang lebih baik dari generasi N.

Detail spesifikasi lengkapnya bisa kamu lihat di bawah ini:

Network Standard IEEE 802.11a, IEEE 802.11b, IEEE 802.11g, IEEE 802.11n, IEEE 802.11ac, IEEE 802.3u, IPv4, IPv6
Product Segment AC1750 superior AC performance : 450+1300 Mbps
Data Rate 802.11n : up to 450 Mbps
802.11ac : up to 1300 Mbps
Antenna Detachable antenna x 3
Transmit/Receive MIMO technology
2.4 GHz 3 x 3
5 GHz 3 x 3
Memori 128 MB Flash
256 MB RAM
Operating Frequency 2.4 GHz / 5 GHz

ASUS RT-AC68U

Beralih ke produk router selanjutnya yaitu ASUS RT-AC68U. Router yang satu ini memiliki desain yang cukup serupa dengan AC66U, hanya saja ada beberapa perbedaan signifikan dari segi performa dan fitur yang ditawarkannya. Pertama adalah kombinasi kecepatan dual-band hingga 1900Mbps dan 3x lebih cepat dari Wi-Fi generasi N. Kinerjanya juga terasa maksimal berkat cakupan sinyal kuat dari antena dengan performa tinggi. Tidak ketinggalan, seri AC68U juga hadir dengan sistem keamanan AiProtection dan dukungan teknologi AiMesh, membuatnya hadir sebagai router yang cocok bagi kamu yang ingin membangun jaringan AiMesh. Terlepas dari perbedaannya, kedua router ini memiliki kelebihan masing-masing yang membuatnya jadi produk pilihan ideal.

Detail spesifikasi lengkapnya bisa kamu lihat di bawah ini:

Network Standard IEEE 802.11a, IEEE 802.11b, IEEE 802.11g, IEEE 802.11n, IEEE 802.11ac, IPv4, IPv6
Product Segment AC1900 ultimate AC performance : 600+1300 Mbps
Data Rate 802.11n : up to 450 Mbps
802.11n TurboQAM : up to 600 Mbps
802.11ac : up to 1300 Mbps
Antenna External antenna x 3
Transmit/Receive MIMO technology
2.4 GHz 3 x 3
5 GHz-1 3 x 3
Memori 128 MB Flash
256 MB RAM
Operating Frequency 2.4 GHz / 5 GHz

KEUNGGULAN DIBANDING ROUTER DEFAULT ISP

Kamu memang bisa mendapatkan akses Wi-Fi yang cukup dengan berbekal router bawaan, namun hal tersebut tidak membatasi peningkatan performa yang masih bisa didorong maksimal. Langkah pertama tentunya dengan membeli router sendiri, karena selain hadir dengan teknologi jaringan Wi-Fi serta performa yang lebih mumpuni, ada banyak fitur tambahan menarik yang sulit kamu temui di router standar. Untuk ASUS RT-AC66U dan RT-AC68U, kamu bisa merasakan performa yang lebih unggul serta akses ke fitur eksklusif seperti AiProtection, AiRadar dan AiMesh.

Performa adalah perbandingan yang sangat esensial, karena kebanyakan gamer biasanya selalu mengarahkan keluhan mereka soal performa jaringan yang tidak stabil dan buruk kepada provider, padahal nyatanya permasalahan tersebut lebih bersumber pada router yang digunakan. Jadi untuk memanfaatkan potensi kecepatan maksimal dari paket Wi-Fi yang kamu gunakan, maka kamu harus memastikan kalau router yang digunakan memiliki performa yang cukup untuk mendukungnya. Karena kebanyakan router bawaan masih memanfaatkan teknologi Wi-Fi generasi N, ada limitasi kecepatan yang sayangnya tidak bisa ditembus. Dari sinilah peran router generasi AC mulai terlihat dengan jelas, dimana potensi kecepatan yang bisa dicapai jauh lebih solid dari generasi sebelumnya.

Keunggulan lain juga bisa dilihat dari fitur AiProtection yang sempat Kru KotGa singgung di atas, dimana fitur ini memungkinkan seluruh sistem jaringan dapat bekerja dengan aman tanpa gangguan dari serangan DoS, memblokir situs berbahaya dan mengamankan koneksi dari perangkat yang sudah terinfeksi. Sementara AiMesh sendiri adalah teknologi baru yang memanfaatkan semua kelebihan utama dari sistem mesh dan menggabungkannya dengan kemampuan yang sudah dimiliki router ASUS pada umumnya. Jadi memilih AiMesh sebagai solusi untuk mendapatkan performa wireless terbaik adalah pilihan terbaik.

Fitur Index :

  1. Halaman 2
Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru