Feature

Sengoku Basara, dan Kenapa Franchisenya Jarang Keluar dari Jepang

oleh: VolkanKaya

Perkembangan genre musou memang tidak lepas dari peran franchise Dynasty Warriors andalan Koei Tecmo. Setelah menghadirkan 9 seri utama dan beberapa proyek kolaborasi dengan Samurai Warriors, popularitasnya terus melonjak dan menjadi franchise favorit dalam waktu singkat. Walaupun posisinya cukup kokoh, bukan berarti tidak ada pesaing yang bisa mengunggulinya. Kebanyakan developer memang hanya menggunakan genre musou sebagai eksperimen dan bukannya fokus utama, tapi Capcom justru menawarkan sebuah franchise game musou fenomenal lewat seri Sengoku Basara.

Jika berbicara soal kualitas gameplay dan jalan cerita, Kru KotGa harus mengakui kalau Sengoku Basara sebenarnya lebih baik dari Dynasty Warriors (setiap orang pastinya memiliki kesan berbeda). Namun terlepas dari kualitasnya yang solid dan bisa setara dan bahkan mengungguli Dynasty Warriors, sayangnya franchise ini tidak mendapatkan pengakuan secara universal. Salah satu alasan terkuatnya sendiri karena Capcom jarang merilis seri gamenya untuk wilayah barat, dan lebih memprioritaskan audiensnya di pasar Jepang.

Lalu apa sebenarnya alasan Capcom tidak menjadikan Sengoku Basara sebagai franchise musou yang lebih universal? Apakah karena minat gamer yang lebih teralihkan ke Dynasty Warriors, atau karena ada alasan lain? Artikel special dari Kru KotGa kali ini telah mengulas mengenai kenapa franchisenya jarang keluar dari Jepang. Jadi daripada penasaran, langsung simak saja rangkumannya di bawah ini.

Baca ini juga :

» Impian Sirna, Inilah Beberapa Game Ambisius yang Sayangnya Berakhir Dibatalkan
» Gamer Sekaligus Wibu? Inilah 7 Mobile JRPG Terbaik!
» Ranking Game 'Call of Duty' dari yang Terburuk Hingga Terbaik!
» Kumpulan Gosip Seputar Game yang Siap Meramaikan Tokyo Game Show 2019
» Nostalgia 7 Game Warnet Jadul yang Bikin Gamers Rela Bolos Sekolah!

Kekhawatiran Akan Minat Pasar Global

Game original Basara dirilis pertama kali pada tahun 2005 lalu lewat seri berjudul Devil Kings. Game musou hack and slash ini berbuah debut yang manis sekaligus meninggalkan kesan buruk yang menjadi kekhawatiran Capcom sejak saat itu. Manis karena gamenya mendapat resepsi positif dari banyak gamer Jepang, sementara buruk karena versi lokalisasi bahasa Inggrisnya yang berantakan dan mendapat kritik pedas. Karena termasuk franchise yang masih sangat baru dan Capcom tidak ingin mendapatkan impresi buruk lagi demi menjamin masa depan Basara, mereka memutuskan untuk merilis seri keduanya termasuk versi enhance berjudul Basara 2 Heroes secara eksklusif untuk wilayah Jepang saja.

Seri keduanya inilah yang mengawali tren "Sengoku Boom" di seluruh penjuru Jepang, dimana banyak fans Basara dan gamer yang mulai menyukai franchise ini penasaran dengan sejarah Jepang. Ketertarikan pada sejarah Jepang inilah yang membuat banyak orang di negera tersebut sampai mengunjungi museum, kastil dan mempelajari sejarah dari karakter Sengoku Basara favorit mereka di kehidupan nyata. Tidak hanya itu, karakter utama dari Basara 2 Heroes, Katakura Kojuro juga berhasil mencuri hati banyak fans yang tertarik dengan latar belakangnya dan sampai membuat kota Shiroishi kebanjiran turis (Kota Shiroishi sendiri adalah kampung halaman Katakura Kojuro).

Berkat kesuksesan besar yang diraih seri keduanya, Capcom sepertinya mulai sadar kalau pasar Jepang adalah "rumah" sesungguhnya bagi franchise Basara. Selain mendapatkan respon yang sangat positif dari fans hingga menimbulkan tren besar, tentu saja Capcom ingin menjawab ekspektasi dari para fans Basara di Jepang dan tidak ingin mengambil resiko besar untuk merilis seri game selanjutnya di barat. Kru KotGa sendiri juga punya prediksi kalau tim yang bertanggungjawab dalam pengembangan franchise ini kemungkinan tidak familiar dengan proses lokalisasi game, dan lebih memilih untuk mengerjakan game sesuai bahasa yang mereka kuasai. Semua ini tentunya belum termasuk resiko biaya yang harus ditanggung Capcom untuk melokalisasi beberapa game, yang sayangnya tidak memiliki jaminan untuk benar-benar sukses di pasar barat.

Fitur Index :

  1. Halaman 2
Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru