Feature

Iseng-Iseng Menguntungkan! Inilah 7 Game yang Dibuat Secara Tidak Sengaja

oleh: Christa

Halaman 2

4. Geometry Wars

Game shooter dengan visual neon buatan Bizarre Creation ini rupanya digarap secara tidak sengaja. Awalnya game ini dijadikan software milik studio untuk melakukan uji coba controller Xbox selama pengembangan Project Gotham Racing 2. Saat itu, karyawannya banyak menghabiskan waktu bersenang-senang dengan program tersebut. Alhasil, mereka mengembangkannya menjadi sebuah game utuh bernama Geometry Wars. Fakta uniknya, mereka juga menyelipkan versi yang telah dimodifikasi ke dalam Project Gotham Racing 2 sebagai easter egg.

Baca ini juga :

» Bisa Minum Lewat Headset hingga Cukuran RGB, Deretan Joke Brand Gaming di April Mop!
» Resesi Is Real? Game-Game Besar ini Harus Tutup di Tahun 2023!
» Tahun 2023 Penuh Game Keren! Ini Dia List Game Yang Dinantikan Rilisnya di Tahun Ini!
» Apakah Favoritmu Menang? Pengumuman Pemenang Penghargaan KotakGame Awards 2022
» Awal Tahun 2023 di Rumah Tapi Bingung Mau Ngapain Aja? Saatnya Mainkan 7 Game Ini!

5. Metal Gear

Mahakarya Hideo Kojima ini tak disangka membawa popularitas tinggi, serta membuat namanya fenomenal di kalangan pemain. Sebelum menjadi Metal Gear, Hideo Kojima mengembangkan entri pertama untuk komputer rumahan pada 1987. Konsep permainannya saat itu adalah mengenai aksi militer, dimana pemain akan menembaki gerombolan tentara musuh dan menghindari peluru-peluru. Ini adalah game yang dibuat Kojima, namun memiliki keterbatasan teknis MSX2 yang membuatnya tidak mungkin terjadi. Alhasil, ia menyiasatinya dengan menjadikannya sebagai game stealth-em-up berjudul Metal Gear.

6. Counter-Strike

Game first-person shooter yang sempat populer di PC, Counter-Strike awalnya juga dikembangkan secara tidak sengaja oleh dua programmer, yaitu Minh Le dan Jess Cliffe. Dalam upaya untuk membuat Deathmatch di Half-Life menarik, mereka menciptakan versi awal Counter-Strike sebagai mod dalam permainan. Namun siapa sangka jika awalnya multiplayer Half-Life terbilang membosankan bagi mereka, dan kemudian dikembangkan menjadi mod menarik, rupanya sukses dilirik oleh Valve. Perusahaan langsung membeli hak tersebut dan mempekerjakan Le dan Cliffe untuk mengerjakan versi lengkap Counter-Strik sebagai game utuh FPS taktis.

7. DOTA

Buat pemain MMO di era awal 2000-an, tentu tidak asing dengan Warcraft maupun Starcraft. Game inilah yang pada akhirnya menginspirasi munculnya DOTA. Saat itu, game dengan kepanjangan Defense of the Ancients ini bermula dari mod yang dikembangkan oleh komunitas. DOTA awalnya merupakan skenario Starcraft, Aeon of Strife yang dikonversi ke engine Warcraft III menggunakan software pengeditan game. Kemudian ini dirilis secara gratis oleh developer Blizzard. Peta yang telah dimodifikasi dengan konsep tower defence tersebut, rupanya mendapatkan popularitas di forum Battle.net. Bukan hanya melahirkan sebuah game bernama DOTA, melainkan mod dari komunitas ini juga melahirkan genre game terbaru tentunya.

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru