NEWS

AMD EPYC "Venice" Dengan Core CPU Zen6 Dilaporkan Menggunakan Soket SP7 Baru

Aeprukmana   |   Minggu, 10 Sep 2023


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Prosesor AMD EPYC yang akan datang dengan nama kode "Venice," yang menampilkan core CPU Zen6, dikatakan kompatibel dengan soket SP7 yang baru.

Dalam beberapa bulan ke depan, kita bisa berharap untuk mendengar lebih banyak tentang produk-produk seperti Intel Xeon Falcon Shore, NVIDIA Blackwell, dan AMD EPYC Venice. Nama-nama kode ini mewakili jajaran potensial untuk seri pusat data 2025, yang akan mencakup berbagai kombinasi yang melibatkan CPU, GPU, dan XPU, tergantung pada bagaimana perusahaan memilih untuk menamainya.

Sebuah roadmap terbaru yang dibagikan oleh YuuKi telah mengungkapkan rencana AMD untuk meluncurkan seri terbaru dari produk Instinct MI400, yang terdiri dari varian C, A, dan X, sebagai tambahan dari seri prosesor EPYC Venice yang baru. Menariknya, jika roadmap ini ternyata akurat, hal ini menunjukkan bahwa prosesor Venice akan membutuhkan soket baru yang dikenal dengan nama SP7.


Sumber: YuuKi-AnS

Selain itu, tampaknya seri ini akan mendukung konfigurasi memori DDR5 12-channel dan 16-channel, yang merupakan peningkatan dari seri saat ini, yang mendukung hingga 12 channel. Dari segi rumor, ada spekulasi bahwa keluarga produk Venice berbasis Zen6 berpotensi menjadi arsitektur AMD pertama yang menembus jumlah 384-core dalam satu paket. Namun, penting untuk dicatat bahwa rumor ini belum dikonfirmasi secara resmi.

Baca ini juga :


» Geekom Merinci Mini-PC Gamingnya Dengan Ryzen 8940HS dan Radeon RX 7600M XT
» CPU-Z 2.09 Menambahkan Dukungan Intel Arrow Lake dan AMD Hawk Point! Benchmark Bawaan Mendapatkan Pembaruan!
» AMD FSR3 Dengan Frame Generation Kini Tersedia Untuk Call of Duty Modern Warfare III dan Warzone
» CoreDirector, Tools Simple Untuk Menjauhkan Aplikasi Dari Intel E-Core!
» Samsung Memperkenalkan Memori HBM3E 'Shinebolt' Untuk Next-gen AI

Seri AMD Venice diperkirakan akan mengikuti seri EPYC Turin, yang mengusung arsitektur Zen5 dan kabarnya kompatibel dengan soket SP5 dan SP6 yang saat ini digunakan oleh EPYC Genoa dan Bergamo, yang mengusung core CPU Zen4. Tidak seperti rencana yang telah ditetapkan untuk Zen4 dan Zen5, AMD belum mengungkapkan detail spesifik tentang seri EPYC Zen6, selain mengkonfirmasi keberadaannya pada roadmap yang bocor.

Pengenalan soket baru mengimplikasikan bahwa arsitektur Zen6 kemungkinan akan dikemas secara berbeda, mungkin untuk mengakomodasi lebih banyak chiplet, yang dapat menjadi langkah strategis untuk mengatasi ukuran CPU Intel yang semakin besar di pasar data-center. Teknik pengemasan yang canggih diharapkan dapat memainkan peran penting dalam arsitektur CPU di masa depan karena perusahaan-perusahaan mengeksplorasi penumpukan chiplet komputasi di atas satu sama lain untuk meningkatkan kinerja dan efisiensi.

CPU AMD EPYC Venice seharusnya tidak diharapkan lebih cepat dari tahun 2025. Perusahaan ini belum meluncurkan arsitektur EPYC 8004 Siena, yang berfokus pada sistem telekomunikasi dan server on the edge. Seri ini dikatakan menggunakan soket SP6 yang lebih kecil dengan dukungan memori yang berkurang menjadi 8 channel.

Selain berita utama di atas, KOTAKGAME juga punya video menarik yang bisa kamu tonton di bawah ini.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru