NEWS

Rumor Nvidia RTX 5090 dan RTX 5080 Bakal Dirilis Pada Q4 2024!

Rahmat Handiko    |   Selasa, 09 Apr 2024


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Tahun ini diawali dengan kehadiran seri GeForce RTX 40 "SUPER" yang memperkenalkan tiga GPU terbaru yang didasarkan pada arsitektur Ada Lovelace dari NVIDIA. Tujuan utama dari rilis ini adalah untuk memberikan peningkatan performa dan nilai yang signifikan dibandingkan dengan varian non-SUPER sebelumnya. Respon dari pasar terhadap seri ini secara keseluruhan sangat positif, menandai awal yang bagus untuk industri grafis.

Namun, tidak ada waktu untuk beristirahat dalam persaingan industri teknologi. Saat ini, terdapat indikasi bahwa NVIDIA tengah mempersiapkan langkah selanjutnya dengan merilis GPU gaming generasi berikutnya, yang akan didasarkan pada arsitektur Blackwell yang baru diperkenalkan.

Meskipun GPU NVIDIA Blackwell yang pertama diumumkan secara khusus untuk segmentasi AI & HPC, ada kepastian bahwa adaptasi GPU Blackwell untuk mendukung grafis RTX generasi mendatang sudah dalam perjalanan. Rencananya, kartu grafis ini akan dikenal dengan merek seri RTX 50, membawa inovasi lebih jauh ke dalam dunia gaming.

Baca ini juga :


» Makin Ngeri! Seorang Engineer Di China Pamerkan AI Deep Fake Jadi Cewek Cantik!
» MSI Bakal Fokus ke GPU NVIDIA daripada AMD? Katanya Lebih Banyak Peminat GPU NVIDIA Dibandingkan AMD
» Gigabyte Siapkan GeForce RTX 4080 SUPER XTREME ICE, Unit Terbatas Cuma 300 Aja!
» 5-10 Tahun Lagi akan Ada Game yang Setiap Pixel-nya Dibuat oleh AI, Kata CEO Nvidia
» NVIDIA X Inworld AI Perkenalkan Covert Protocol, AI yang Bikin NPC di Game Bisa Adaptasi dengan Kebiasaan Play

Menurut rumor sebelumnya, NVIDIA diperkirakan akan meluncurkan dua produk unggulan dengan kode GB202 dan GB203. Spekulasi menyebutkan bahwa GB202 akan dipakai dalam GeForce RTX 5090, sementara GB203 akan menjadi andalan GeForce RTX 5080.

GB203 kabarnya merupakan setengah dari GPU GB202, dan keduanya diprediksi akan mengadopsi teknologi antarmuka memori GDDR7 terbaru dengan antarmuka bus yang diperluas hingga 512-bit. Ini adalah langkah besar dalam evolusi teknologi grafis yang menjanjikan peningkatan kinerja yang signifikan.

Dua peluncuran besar terakhir, yaitu Ampere (GeForce RTX 3090) dan Ada (GeForce RTX 4090), semuanya terjadi pada akhir kuartal ketiga atau awal kuartal keempat. Dengan mempertimbangkan hal ini, tanggal rilis pada kuartal keempat tahun 2024 untuk flagship generasi berikutnya, GeForce RTX 5090 dan RTX 5080, terdengar sebagai perkiraan yang masuk akal.

Namun demikian, perlu diingat bahwa jadwal ini bukanlah sesuatu yang pasti, karena bisa saja berubah tergantung pada kondisi pasar dan faktor-faktor lainnya yang memengaruhi industri teknologi.



Selain berita utama di atas, KOTAKGAME juga punya video menarik yang bisa kamu tonton di bawah ini.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru