NEWS

GPU Arc A570M & A530M Dari Intel Yang Baru Saja Dirilis Menggunakan GPU ACM-G12 Baru

Aeprukmana   |   Rabu, 02 Aug 2023


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Kini telah dikonfirmasi bahwa SKU Arc terbaru Intel dibangun di atas prosesor grafis baru bernama ACM-G12. Spekulasi mengenai GPU ini telah beredar bahkan sebelum GPU Alchemist Arc A7 dirilis. Akan tetapi, perusahaan tersebut menepis keraguan tersebut saat mereka mengonfirmasi Device ID untuk A570M dan A530M sebagai 5697 dan 5696. Intel secara eksplisit melabeli ID ini sebagai milik varian G12 dari driver MESA.

Namun, ini bukan pertama kalinya GPU ini dibahas. Pada bulan Juni, Intel meluncurkan seri GPU Arc Pro A60 dan merilis render GPU baru yang menampilkan die ACM-G12. Namun, ini adalah pertama kalinya GPU ini digunakan untuk pasar konsumen.

Pengembangan ini menandai diperkenalkannya GPU ACM ketiga dari Intel, yang diposisikan sebagai jalan tengah antara versi G10 dan G11, yang menampilkan 16 Xe-Cores.

Baca ini juga :


» Tingkatkan Produktivitas Dengan Dual Layar! Review ASUS Zenbook Pro 14 Duo OLED (UX8402VU)
» Gigabyte Siapkan GeForce RTX 4080 SUPER XTREME ICE, Unit Terbatas Cuma 300 Aja!
» Prosesor Intel Lunar Lake MX Digambarkan Pada Platform Referensi, Spesifikasi Dikonfirmasi!
» Intel Gaudi 2 Accelerator Menampilkan Performa Kompetitif Melawan NVIDIA H100
» [VIDEO] Laptop Ringkas untuk Dongkrak Produktivitas Jadi Content Creator! Review HP Spectre Foldable 17


Sumber: Intel

Meskipun masih ada ID yang belum digunakan, rumor menunjukkan bahwa Arc Pro A580 mungkin sedang dalam proses pengembangan, bersama dengan GPU gaming A580 yang belum dirilis, yang diumumkan hampir setahun yang lalu. Pengenalan GPU ketiga ini akan memperkuat posisi Intel di pasar mobile, desktop, dan profesional.

Namun, perlu dicatat bahwa ACM-G12 tidak diharapkan menjadi GPU dengan performa sangat tinggi, karena ACM-G10 sudah berjuang untuk bersaing dengan penawaran kelas menengah AMD/NVIDIA. Meskipun demikian, perkembangan ini menjadi pertanda baik bagi prospek Intel di masa depan, jika perusahaan memutuskan untuk meluncurkan banyak SKU dengan seri Battlemage.

Selain berita utama di atas, KOTAKGAME juga punya video menarik yang bisa kamu tonton di bawah ini.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru