NEWS

Wawancara Michael Murray, Produser Tekken 8 - Pede Akan Jadi Game Fighting Terbaik?

Haykal Yama Dena   |   Minggu, 22 Oct 2023


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!
Pada ajang Thailand Game Show 2023, KotakGame bersama beberapa media lain berkesempatan untuk melakukan wawancara pada produser Tekken 8, Michael Murray. Penasaran sama interviewnya? Yuk kita gas!

Baca ini juga :

» Streamer Tekken 8 Naik Rank Dengan Cepat Pakai Script yang Cuma Mencet Satu Tombol Berulang-Ulang
» Eddy Gordo Resmi Hadir di Tekken 8 Tanggal 5 April Sebagai Karakter DLC Pertama!
» Katsuhiro Harada, Produser Tekken 8 Kasih Tau Cara Biar Tifa Lockheart Bisa Hadir di Tekken 8
» Evaluasi Besar-Besaran! Bandai Namco Batalin 5 Game yang Lagi Dikembangin Demi Kualitas!
» Curang! Top Global di Tekken 8 Force Close Gamenya Kalau Kalah Biar Rank Ga Turun

Q: Seberapa percaya diri Tekken 8 akan menjadi game fighting baru terbaik?

Murray: Cukup percaya diri. Melihat dari perilisan game, CNT dan CBT serta beberapa hands on ada banyak reaksi yang sangat positif. Pertama, tentunya game ini terlihat bagus, model karakter kami buat dari nol dan ini adalah game Tekken pertama di konsol next generation. Kami juga memiliki lebih banyak karekter dari pesaing kami dengan 32 karakter. Kupikir kami memiliki keseimbangan yang baik dalam menjaga apa yang orang-orang suka mengenai Tekken. Kami juga memiliki beberapa mode dan fitur baru yang bisa membantu pemain baru untuk mempelajari game dengan lebih mudah seperti Arcade Quests dan My Replay.

Q: Tekken 8 memiliki banyak karakter dengan gaya bertarung yang berbeda. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mendesain sebuah karakter seperti contohnya Azucena?

Murray: Tergantung, kalau kita mengambil guest character seperti Akuma, itu tetap memakan waktu yang lama tapi setidaknya kami sudah tahu mengenai teknik dan gaya bertarungnya. Tapi, ketika mulai dari nol seperti Azucena, dimana kami tahu ada komunitas yang besar di Peru jadi kami ingin membuat karakter sesuai dengan itu. Disitulah tempat kami memulai. Bagaimana gaya bertarungnya? Apa hal unik darinya? Bukan hanya dari bela diri, bagaimana wajahnya, cara dia menghindar dan mekanisme gameplay. Aku bisa bilang setidaknya membutuhkan waktu 9 bulan untuk desainnya. Setelah itu masih ada motion capture, rekaman suara, model karakter, dan kustomisasi item. Jadi setidaknya kami butuh waktu 9 bulan untuk semuanya.

Q: Bagaimana cerita mengenai pengembangan Azucena?

Murray: Ya, tentunya ada banyak karakter yang muncul di Tekken, seperti Tag 2 memiliki 50 karakter. Jadi sangat sulit untuk menentukan mana karakter yang ingin kami tampilkan kembali dan kamu harus menyiapkan slot untuk karakter baru agar pemain tetap tertari. Jadi bagaimana kami memulainya cukup memiliki banyak cara. Kadang Harada memiliki ide gila seperti Alyssa yang merupakan gadis robot dengan gergaji mesin dan misil atau Lars yang memiliki playstyle yang cepat. Untuk Azucena sendiri, kami ingin memperlihatkan mengenai besarnya komunitas Tekken di Peru. Jadi kami mulai dari latar belakang, apa yang akan ada di latar? Kami memiliki sejarah, kopi, detail kostum karakter, desain tradisional yang cemerlang. Kami melakukan banyak riset mengenai apa yang bisa kami gambarkan agar karakter ini sesuai dengan latar tersebut. Kami ingin membuat setidaknya pemain yang berasal dari Peru bisa berpikir bahwa Azucena merepresentasikan mereka dan ingin memainkannya jadi ada banyak yang kami pikirkan mengenai ini.

Setelah itu ada gaya bertarungnya. Kami memutuskan, sudah ada banyak orang yang menginginkan MMA hadir di Tekken. Craig Marduk mungkin memiliki beberapa elemen dari MMA namun tidak seluruhnya, dan kupikir Jossie juga seperti itu. Karena itu kami putuskan untuk game ini bahwa MMA dengan tipe strikng akan lebih cocok untuk performa Azucena dan yang membuatnya menarik adalah elemen dansa yang digabungkan dengan hal ini serta bagaimana dia memiliki kuda-kuda yang membuatnya bisa menghindari serangan. Jadi semua hal ini kami satukan dengan desainnya untuk membuat karakter tersebut.

Q: Jalan cerita merupakan salah satu hal besar untuk Tekken. Bagaimana Tekken akan memperkenalkan hal ini kepada pemain yang sudah lupa atau yang baru bermain Tekken?

Murray: Ya, Tekken memiliki jalan cerita terpanjang dalam sejarah video game, bukan hanya game fighting tapi kami selalu memastikan bahwa kami memiliki awal mula yang baik. Pada Tekken 8, pemain dapat melihat galeri yang berisi banyak video yang akan memperlihatkan cerita dari apa yang terjadi di setiap seri Tekken. Anime di Netflix juga bisa menjadi awal mula yang bagus karena ini berfokus pada Jin, Jun dan latar belakang cerita mereka. Dan meskipun cerita Tekken 8 merupakan lanjutan dari Tekken 7, pemain tidak perlu memainkan seri sebelumnya.

Q: Setelah mengungkapkan Tekken Ball, apakah fans bisa berharap mengenai kembalinya mini game lain seperti Devil Within? Atau mungkin akan ada mini game baru?

Murray: Ini pertanyaan yang cukup sulit. Ada banyak yang meminta untuk fokus di fitur utama fighting game dan dengan 32 karakter, ternyata masih belum cukup karena ada beberapa karakter favorit pemain yang tidak masuk. Jadi sangat sulit untuk menyeimbangkan mengenai mini game, elemen baru, dsb. Jadi kali ini, seperti yang sudah aku bicarakan, kami lebih fokus untuk mode dan konten baru yang bisa membuat pemain baru belajar mengenai game ini lebih mudah. Jadi Tekken Ball akan menjadi mini game yang kami fokuskan. Bagaimana kedepannya apakah akan ditambahkan mini game baru, itu adalah hal yang belum pernah dibicarakan.


Sumber: Thailand Game Show 2023


Q: Masih mengenai Tekken Ball, apa yang membuat Bandai Namco kembali membawa Tekken Ball ke Tekken 8?

Murray: Kupikir orang-orang akan berpikir kalau Tekken akan keluar dengan banyak bonus. Karena itu kami harus cari tahu mengenai konten yang ingin kami tambahkan untuk setiap seri. Tekken 6 memiliki Scenario Campaign, Tekken 7 punya Story Mode, Treasure Battles dan lainnya. Dan kali ini di Tekken 8, Tekken Ball karena beberapa alasan.

Jadi banyak yang meminta ke aku dan Harada untuk mengembalikan Tekken Ball dan kami pikir Tekken Ball cocok dengan Tekken 8. Kami memiliki Tekken Fight Lounge dimana ada banyak hal yang bisa dilakukan yang berhubungan dengan pertarungan dan disana juga ada area pantai yang lebih santai, kamu bisa berkumpul, ngobrol dan melakukan apapun dengan teamnku dan ini adalah tempat yang tepat untuk Tekken Ball.

Q: Apakah ada rencana untuk mengembalikan karakter di Tekken 7 ke Tekken 8 khususnya karakter kolaborasi seperti Noctis dan Negan?

Murray: Kedepannya, jika game ini sukses, kami bisa secara bertahap menambah karakter seperti yang kami lakukan di Tekken 7. Beberapa orang ingin guest character karena mereka menyenangkan dan baru, tapi untuk orang lainnya yang karakter kesukaan mereka tidak masuk roster maka guest character akan membuat mereka marah. Jadi kami harus memikirkan keseimbangan akan hal ini. Sampai sekarang, belum ada guest character yang diumumkan, aku tidak berkata kalau hal ini tidak mungkin namun kemungkinan akan ada karakter yang ditambahkan setelah perilisan. Mengenai apakah ini guest character atau karakter lama yang kembali hadir, ini merupakan keputusan yang sulit.

Q: Apa yang membuat Arcade Quest berbeda dengan Battle Lobby di game lain?

Murray: Jadi Tekken Lounge dan Arcade Quest merupakan dua hal yang berbeda. Yang menyamakan mereka hanyalah avatar yang kamu gunakan pada dua mode ini. Arcade Quest mengajarkanmu basic dari game dan mekanisme baru Tekken 8 dan Tekken Lounge adalah online lobby dimana kamu bisa berinteraksi dengan orang lain. Kami membuat Tekken Lounge sebagai tempat arcade online dimana kamu bisa bertemu dengan orang baru yang sama sama menyukai Tekken.

Game kami memiliki keunikan pada bagian interaksi satu sama lain dan area Tekken Ball, hal-hal seperti itu. Kami ingin membuat vibe arcade secara online disini.


Sumber: Thailand Game Show 2023


Q: Selain Tekken Ball dan Arcade Quest, apa update terbesar dari Tekken 7 ke Tekken 8?

Murray: Menurutku, Heat System yang membuat mekanisme dasar game ini berubah. Secara pribadi, aku sangat menyukai hal ini karena dia keren dan bisa dilakukan oleh semua karakter. Kamu bisa melakukan Heat Smash, Heat Engagers, Heat Dash. Kamu memiliki mekanisme ini, damage dan kualitas video.

Selain itu, setiap karakter juga memiliki kemampuan baru seperti King yang ketika kamu melakukan lemparan besar, kamu akan mengisi Heat Gauge. Jadi setiap karakter memiliki atribut unik yang mempengaruhi Heat State.

Selain itu juga ada beberapa hal baru yang membuat game ini lebih menyenangkan seperti replay tips dan video. Bagaimana hal ini bisa memberi tahumu mengenai hal yang bisa kamu lakukan. Sebenarnya fitur ini sudah ditambahkan di Tekken 7 namun tidak banyak yang mengetahuinya. Di Tekken 8 kami sudah mengembangkannya karena ada lebih banyak area yang bisa diajarkan kepadamu. Q: Kita tahu bahwa ada beberapa hal yang tidak diinginkan terjadi pada CNT sebelumnya. Mendekati perilisan, seberapa besar semangat dalam tim kalian? Bagaimana perasaan mereka?

Murray: Beberapa aspek dari kelakuan online memang mengecewakan namun kami tidak terlalu memikirkannya. Kami hanya berpikir bahwa mereka sangat menyukai game ini dan mereka terlalu bersemangat. Mungkin kami kurang setuju dengan cara mereka menyampaikan semangat mereka tapi hal ini muncul dari semangat tersebut.

Kami memiliki banyak tipe fans tapi kami pikir kami masih dalam semangat yang baik karena kami bisa menunujukkan banyak hal mengenai game ini pada konferensi pers dan sebagainya. Feedback positif yang kami rasakan, bukan hanya dari media, namun juga dari fans membuat kami lebih percaya bahwa kami sudah bergerak ke arah yang benar.

Q: Apa karakter favoritmu di Tekken 8?

Murray: Cukup sulit, aku adalah pemain Mishima tapi karakter utamaku adalah Devil Jin yang tidak ada di Tekken 8. Sejauh ini mungkin aku bisa jawab Kazuya. Listrik ditubuhnya, tekniknya. Tapi dari sisi latar dan efek, Jin sangat baik, bagaimana sayapnya terkadang muncul.

Makin penasaran kan? Sabar dikit ya soalnya Tekken 8 akan hadir di 26 Januari 2024.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru