NEWS

Intel PresentMon 0.6 Beta Dirilis, Software Kini Bersifat Open-source

Aeprukmana   |   Minggu, 22 Oct 2023


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

PresentMon, sebuah alat penangkap frame yang awalnya dikembangkan oleh para engineer Intel, telah diintegrasikan secara luas ke dalam berbagai aplikasi pihak ketiga seperti AMD OCAT dan CapFrameX, yang menjadi sumber daya penting bagi para reviewer dalam proses pengujian mereka. Pada bulan Agustus, Intel meluncurkan iterasi terbaru dari PresentMon, memperkenalkan peningkatan yang signifikan seperti metrik baru (termasuk GPU Busy) dan kemampuan untuk menampilkan grafik sebagai overlay di dalam game.

Sejak rilis awal di bulan Agustus, perangkat lunak ini tersedia sebagai library yang sudah dikompilasi untuk publik, atau sebagai kode untuk pengembang tertentu. Namun, Intel kini telah membuat kode sumbernya menjadi publik. Perangkat lunak ini telah berkembang ke versi 0.6, masih dalam versi beta, dan sudah tersedia untuk diunduh dalam format file MSI dan kode sumber, sehingga siapa pun dapat mengeksplorasinya tanpa perlu izin dari Intel.

Versi 0.6 Beta memperkenalkan beberapa fitur dan perbaikan baru, memperluas kompatibilitasnya bahkan untuk GPU seperti Radeon RX 590, yang berbasiskan arsitektur Polaris. Jelas, Intel bertujuan untuk mendorong adopsi perangkat lunak ini secara luas.

Baca ini juga :


» Laptop Gaming AI Ringkas Dengan Performa Ganas! Review ROG Zephyrus G16 (2024)
» Motherboard ASUS AMD 600 Series Kini Mendukung Prosesor Ryzen Generasi Terbaru
» China Larang Pakai Prosesor Intel dan AMD di Komputer Instansi Pemerintah! Kurangi Pakai Produk AS?
» HP Kenalkan HP Care and Gaming Experience Center & The HP Gaming Garage untuk Konsumen Indonesia
» Sekilas IT: Rakit PC Gaming Itu Bisa Murah Tapi Tetep Kencang! Begini Cara Nyari Komponennya!

Penting untuk dicatat bahwa open-sourcing PresentMon terjadi secara relatif cepat, karena perangkat lunak ini telah menjadi open source di masa lalu, meskipun bukan versi terbaru. Namun, ada beberapa contoh di mana Intel berjanji untuk merilis teknologi tertentu sebagai open source, tetapi komitmen tersebut tidak terpenuhi. Khususnya, teknologi XeSS, yang telah dikonfirmasi akan menjadi open source pada tahun 2021, masih tertunda dan belum terwujud.

Selain berita utama di atas, KOTAKGAME juga punya video menarik yang bisa kamu tonton di bawah ini.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru