NEWS

Apple Umumkan M3, M3 Pro & M3 Max, SoC 3nm Pertama Untuk Mac, 92 Miliar Transistor, Opsi CPU 16-Core!

Aeprukmana   |   Selasa, 31 Oct 2023


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Ini adalah pertama kalinya Apple mengumumkan bukan hanya satu, bukan hanya dua, tapi tiga chipset pada acara 'Scary Fast' pada tanggal 30 Oktober, dengan M3, M3 Pro, dan M3 Max sebagai bintang utama dalam acara tersebut. Ketiganya telah diproduksi secara massal dengan arsitektur 3nm yang mutakhir, menjadikannya sebagai keluarga chip pertama yang dibuat dengan proses manufaktur generasi terbaru. Dengan teknologi yang lebih baik ini, Apple tidak hanya dapat melengkapi setiap anggota M3 dengan core CPU dan GPU yang lebih tinggi, tetapi juga memberi mereka teknologi canggih.


Sumber: APPLE

M3, M3 Pro, dan M3 Max memiliki perbedaan spesifikasi yang bervariasi, tetapi ada kesamaan di antara ketiganya, seperti ray tracing hardware-accelerated serta mesh shading hardware-accelerated. Satu perubahan besar lainnya yang dibawa Apple pada chip ini adalah bahwa GPU memiliki memori lokal yang dialokasikan secara dinamis oleh hardware, dan hanya jumlah yang tepat yang diperlukan untuk tugas tertentu. Dalam arsitektur tradisional, perangkat lunak menentukan memori yang perlu dialokasikan oleh GPU. M3, M3 Pro, dan M3 Max Apple juga mendukung berbagai codec seperti H.264, HEVC, ProRes dan ProRes RAW, dan AV1.


Sumber: APPLE

Dimulai dengan M3, chip dasar Apple memiliki 25 miliar transistor, dengan dukungan hingga 24GB untuk memori terpadu. Apple telah membatasi silikon terbarunya pada CPU 8-core (empat core performa dan empat core efisiensi) seperti M1, tetapi perusahaan mengklaim bahwa konfigurasi ini lebih cepat hingga 35 persen dibandingkan M1 dan lebih cepat hingga 20 persen dibandingkan M2. GPU 10-core menawarkan Dynamic Caching dan lebih cepat hingga 65 persen dibandingkan M1 dan hingga 20 persen lebih cepat dibandingkan M2.

Baca ini juga :


» 7 Pengumuman Terbesar Dari Acara iPad Apple! Ada iPad Chip M4!
» ArcheAge War akan Buka Server Global pada Kuartal Kedua 2024
» Apple Semakin Terpuruk Di China, Huawei Terus Naik Menuju Puncak Pasar!
» ArcheAge War akan Buka Server Global pada Kuartal Kedua 2024
» Socialpoint Studio dari Zynga Berkolaborasi dengan MrBeast untuk Battle Challenge di Top Troops


Sumber: APPLE

Pada M3 Pro, Apple telah meningkatkan jumlah transistor menjadi 37 miliar, dengan dukungan hingga 36GB RAM unified. CPU 12-core terdiri dari enam core performa dan enam core efisiensi, dengan keseluruhan konfigurasi yang dikatakan 20 persen lebih cepat dari M1 Pro. Seperti GPU M3, bagian 18-core M3 Pro mendukung teknologi seperti Dynamic Caching dan hingga 40 persen lebih cepat dari M1 Pro tetapi hanya 10 persen lebih cepat dari M2 Pro.


Sumber: APPLE

Terakhir, ada M3 Max, yang memiliki 97 miliar transistor dan mendukung hingga 128GB RAM unified. CPU 16-core memiliki 12 core performa dan empat core efisiensi, dan memberikan beberapa peningkatan fenomenal dibandingkan chipset generasi sebelumnya dengan 80 persen lebih cepat daripada M2 Max dan 50 persen lebih cepat daripada M2 Max. Sedangkan untuk GPU 40-core, 50 persen lebih cepat dari M1 Max dan hingga 20 persen lebih cepat dari M2 Max.

Lineup Apple M3 juga dilengkapi dengan neural engine yang lebih cepat dan lebih efisien, dengan raksasa teknologi ini mengklaim bahwa ia lebih cepat hingga 60 persen dari keluarga M1. Berkat ketiganya diproduksi secara massal pada proses 3nm, dikatakan bahwa ada peningkatan kinerja per watt. Perusahaan memutuskan untuk membandingkan chip PC 12-core dan mengatakan bahwa M3, M3 Pro, dan M3 Max menggunakan 25 persen daya sambil memberikan kinerja yang sama di sisi CPU, dan di sisi GPU, SoC ini hanya mengkonsumsi 20 persen dari daya tersebut.


Sumber: APPLE

Ketiga silikon khusus ini akan ditemukan pada model MacBook Pro 14 inci dan 16 inci baru, yang akan hadir dengan lapisan hitam baru dan dijual seharga $ 1.599 untuk model dasar. Secara keseluruhan, acara Apple berlangsung sangat singkat, tetapi dengan M3, M3 Pro, dan M3 Max yang dikabarkan akan diluncurkan pada tahun 2024.

Selain berita utama di atas, KOTAKGAME juga punya video menarik yang bisa kamu tonton di bawah ini.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru