NEWS

Seberapa Pengaruhkah Fitur Boost Mode untuk PS4 Pro pada System Update 4.50?

Cralizer77   |   Selasa, 14 Feb 2017


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Awal bulan Februari 2017 lalu, Sony memang telah mengadakan masa beta test dari update sistem firmware terbaru 4.50 kepada beberapa pengguna konsol PS4 dan PS4 Pro, dimana dalam update firmware kali ini Sony telah memberikan fitur yang menarik khusus bagi pengguna konsol PS4 Pro. Nah, fitur menarik tersebut bernama "Booster Mode", fitur ini memungkinkan PS4 Pro dapat menjalankan game PS4 lama dengan halus dan lebih cepat, meskipun game tersebut belum mendapatkan update oleh pihak developer.

Akan tetapi pertanyaannya, seberapa pengaruhkan fitur Boost Mode untuk PS4 Pro? Nah, baru-baru ini akun YouTube Digital Foundry telah melakukan uji coba terhadap performa PS4 Pro yang menggunakan fitur Boost Mode dengan menggunakan sembilan game yang berbeda. Beberapa game seperti Bloodborne juga menjadi bahan percobaan untuk fitur tersebut, dimana kamu bisa melihat perbandingannya pada video sebelum menggunakan dan sesudah menggunakan. Terlihat keterangan informasi framerates juga terdapat pada video tersebut.

Booster Mode ini akan hadir dalam menu pilihan pengaturan, ketika kamu telah meng-update sistem firmware ke versi 4.50, Sony mengatakan bahwa fitur tersebut hanya bisa dinikmati oleh para pengguna konsol PS4 Pro sedangkan untuk pengguna PS4 Slim atau PS4 Fat tidak akan mendapatkannya.

Cara kerja dari Booster Mode pada PS4 Pro ini sama seperti sistem booster pada perangkat PC, dimana sistem ini meningkatkan kinerja GPU dan CPU untuk dapat menghasilkan performa yang lebih baik ketika menjalankan beberapa game yang belum mendapatkan optimalisasi oleh pihak developer, salah satu contohnya game Bloodborne yang telah dirilis untuk PS4 tahun 2015 lalu. Sehingga game tersebut mendapatkan jumlah frame rates yang lebih tinggi dari sebelumnya menjadikan gameplay lebih halus dan tentunya waktu loading yang lebih cepat.

Berikut tabel perbandingan clock speed antara PS4 Fat dengan PS4 Pro sebelum menggunakan Booster mode dan sesudah.

Baca ini juga :

» Stellar Blade Menjadi Game Khusus PS5 Dengan User Score Metacritic Tertinggi
» Pemain Claim Ghost of Tsushima Malah Jadi “Rusak” Setelah Dapatkan Update Terbaru
» Petisi Untuk "Bebaskan" Stellar Blade Sudah Mencapai 50.000
» Stellar Blade Kena Sensor Setelah Rilis, Beberapa Fans Langsung Marah
» Pemburu Cantik Yang Berdansa Dengan Pedangnya - Stellar Blade Review

Dengan adanya fitur Booster Mode ini tentunya menjadi benefit lain yang paling ditunggu-tunggu oleh para pemilik konsol PS4 Pro, karena selain dapat memainkan game dengan kualitas 4K dan HDR tidak begitu memuaskan, para pengguna PS4 Pro juga mengharapkan bahwa konsol ini dapat melebihi ekspetasi sebagai konsol yang memiliki kekuatan besar. Akan tetapi, adanya penambahan fitur Booster ini justru menyimpan beberapa pertanyaan kepada Sony. Apakah fitur Booster mode ini dapat digunakan selamanya? Apakah fitur ini akan menjadikan konsol PS4 Pro lebih panas dari biasanya dan bagaimana daya konsumsi listrik PS4 Pro setelah menggunakan Booster mode? Pertanyaan ini belum bisa dijawab oleh pihak Sony karena saat ini fitur tersebut masih dalam proses beta. Pihak Sony menyarankan bahwa penggunaan fitur Booster mode pada PS4 Pro akan berdampak pada hal tidak terduga ketika PS4 Pro berjalan dengan kekuatan penuh, cara ampuh menangani hal tidak terduga tersebut yakni dengan mematikannya dan semua sistem akan kembali seperti normal.

Berikut video pengujian yang dilakukan oleh Digital Foundry yang bisa kamu saksikan. So, kita tunggu saja kapan update firmware 4.50 untuk PS4 dan PS4 Pro ini segera dirilis secara resmi oleh Sony.

(KotakGame)

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru