NEWS

ESRB Menilai Loot – Box Bukan Perjudian

GerryKhogeen   |   Kamis, 12 Oct 2017


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!
Maraknya sistem loot – box diberbagai judul game yang rilis belakangan ini, kini muncul permintaan kepada lembaga sensor Entertainment Software Rating Board (ESRB) untuk mengkategorikan sistem tersebut sebagai perjudian. Hanya saja, mereka tidak berpendapat demikian.

Menurut ESRB, sistem loot – box tidak dikategorikan sebagai perjudian, meskipun terdapat elemen peluang atau probabilitas, pemain dipastikan masih menerima item dalam game, meskipun terkadang item yang didapatkan bukanlah item yang diinginkan. Mereka menilai, kalau sistem seperti ini lebih mirip konsep mengkoleksi kartu; terkadang kamu bisa mendapatkan kartu langka yang diinginkan, di saat yang sama, kamu bisa saja mendapatkan kartu yang sebelumnya sudah kamu miliki berulang kali.

Baca ini juga :

» ESRB, Badan Rating Game AS Ingin Ada Scan Wajah Buat Verifikasi Umur Sebelum Main Game!
» ESRB Berikan Bocoran Dari Rating Ghost of Tsushima Director's Cut!
» Agar Gamer Lebih Aware, ESRB Akhirnya Siapkan Rating Untuk Game dengan Microtransaction
» Terlalu Brutal, Sekiro: Shadows Die Twice Dapatkan Rating Mature 17+
» Developer Game Need for Speed Angkat Bicara Mengenai Microtransactions

ESRB mengkategorikan permainan dengan mekanisme perjudian dalam dua bentuk; yakni ‘perjudian riil’ dan ‘simulasi perjudian’. Yang dianggap memenuhi kriteria ‘perjudian riil’ oleh ESRB adalah game yang melibatkan pertaruhan dengan mata uang asli, sementara ‘simlasi perjudian’ adalah game yang mempunyai dasar yang sama, hanya saja tidak ada transaksi nyata yang terjadi. Juru bicara ESRB pun mengatakan bahwa game dengan perjudian riil akan selalu dikategorikan sebagai game yang hanya cocok dimainkan oleh audiens dewasa, dalam konteks ini ESRB menamainya AO atau Adults Only, dan bukan ‘Mature’. Perlu diingat bahwa kedua kriteria rating ini memiliki perbedaan, dan biasanya game dengan rating ‘Adults Only’ tidak terlalu populer.

Keputusan ESRB tersebut menuai banyak respons negatif. Pasalnya, game yang baru – baru ini rilis, seperti Destiny 2, Shadow of War, dan Star Wars Battlefront 2 yang akan hadir November mendatang, memungkinkan loot – box untuk dibeli menggunakan mata uang asli.

Bagaimana pendapatmu soal sistem loot – box ini?

[KotakGame]

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru