NEWS
 

[SPECIAL] Bangkitnya Naga Siren di Kalangan Esports

ClockWorange   |   Rabu, 14 Feb 2018

Akhir-akhir ini sering kali terlihat pemain-pemain pro menggunakan Naga Siren, di ESL One Genting, Naga Siren digunakan kurang lebih 12 kali jauh lebih banyak dibanding hero-hero lainnya yang lebih populer. Dulu Naga Siren lebih dikenal sebagai carry split push yang menggejar item awal Radiance dan Boots of Travel di tangan seorang pemain yang handal dia dapat memberikan banyak sekali ruang karena skill ilusinya dan split push farm yang secara tidak langsung mengambil lahan tim untuk farming.

Tapi pengembangan role hero ini sebagai support posisi ke-4, merupakan perubahan yang menarik. Ketika begitu banyak hero yang lebih fleksibel menuju role inti, tapi sangan sedikit yang bisa mengubah role-nya dari posisi ke-1 menuju posisi ke-4 (support. Gaya permainan ini dipopulerkan oleh Evil Geniuses ditangan Aui_2000, dan mulai pudar setelah nerf TI. Sekarang, Naga berada ditengah kebangkitan.

Baca ini juga :

» [Kisah Dota 2] Furion, Nature Prophet Sang Penjaga Alam
» Kemenangan OG Berlanjut Spot Epicenter Teramankan
» [SPECIAL] Analisis Winrate DOTA 2 di Patch 7.08
» [Kisah DotA 2] Lanaya, Sang Pembunuh yang Ditakuti Para Templar
» OG Lolos DAC Kualifikasi Eropa

Kilas Balik Buff Naga Siren

Telah menjadi waktu yang sulit bagi hero pengguna ilusi, yang terus mendapatkan nerf. Semua illusion telah dikurangi damage-nya maupun darahnya, tapi Naga Siren mendapatkan keringanan dari nerf ini .

Patch 6.87 meningkatkan Mirror Image's Damage (dari 20/25/30/35% menjadi 25/30/35/40%), 7.06 rescaled damage taken (600/500/400/300 menjadi 550/500/450/400) dan di 7.07c dia mendapatkan 2 talent yang meningkatkan illusion-nya (Level 10, +10% image damage dan Level 20, +1 Ilussion). Di periode yang sama, skill dan statusnya telah ditingkatkan.

Dan beberapa perubahan besar, dari patch 7.06e ke 7.07c base regen meningkat dari 0.5 menjadi 3.0. Di 7.06, Rip Tide mendapatkan kembali damage yang hilang di patch 6.85, dan 7.05, Ensare mana cost rescaled dari 100 menjadi 70/80/90/100. Setelah perubahan ini digabungkan dengan bertambahnya Agility gain, Strength gain, dan base mana regeneration Naga menjadi hero dengan durabilitas yang besar di lane dan sangat efektif di level awal.

Lokasi dan Waktu yang Tepat

Sejak patch 6.84, sudah ada sedikit perubahan yang diberikan kepada old meta heroes. Talent menawarkan jalan bagi support untuk menjaga relevansi di mid game maupun late game. Bagi Naga, artinya dia bisa tetap mempertahankan peran support-nya tanpa harus berpaling menjadi core, meski itu masih bisa menjadi pilihan. Pengenalan Aghanim's Scepter, dan meningkatnya Urn in Spirit Vessel, dan easy set-up dengan Meteor Hammer mendukung kebangkitannya Naga.

Bukan hanya karena Naga memang lebih kuat, tapi dia sangat sinkron dengan hero-hero meta hari ini. Pada pertandingan final Newbee vs Liquid di ESL One Genting, kita melihat combo Tinker dengan Naga. Masih di turnament yang sama kita bisa melihat bagaimana rasa puasnya combo Disruptor dengan Naga jadi sudah sewajarnya hero ini menjadi salah satu hero yang disukai oleh Newbee.

Baca ini juga :

» [Kisah Dota 2] Furion, Nature Prophet Sang Penjaga Alam
» Kemenangan OG Berlanjut Spot Epicenter Teramankan
» [SPECIAL] Analisis Winrate DOTA 2 di Patch 7.08
» [Kisah DotA 2] Lanaya, Sang Pembunuh yang Ditakuti Para Templar
» OG Lolos DAC Kualifikasi Eropa

Dalam hal lain, Naga juga bisa digunakan dalam formasi push. Dia bekerja dengan baik dengan split pushers seperti Lycan atau Terrorblade, dengan menciptakan tekanan pada area yang berbeda dari map. Hero seperti Lycan menjamin respon keras dari tim musuh. Jika Naga memiliki cukup banyak bantuan untuk menekan sisi lain map, dia bisa berfungsi seperti umpan-menggunakan Sleep sebagai taktik untuk menunda sementara hero musuh dan membiarkan teman kita melakukan split push untuk menghancurkan tower.

Saat Naga Siren dipilih oleh pro player akan terjadi teriakan yang dahsyat dari para penonton. Hero tersebut mengisyaratkan permainan panjang dan passive farming. Dalam kualifikasi DAC 2018 yang sedang berlangsung, dia menjadi hero yang sering diperebutkan, meski memiliki tingkat kemenangan mendekati 40%. Penggunaannya meningkat hari ini, sebagai support, menambahkan dinamis yang menarik untuk permainan. Suspensi combo Sleep inilah yang menciptakan momen seperti "The Play." Ada penghitungan mundur, harapan combo yang dijalankan dengan baik, dan kemungkinan combo gagal.

(KotakGame)

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru