NEWS

Perketat Perlindungan Dari Pembajakan Manga, Kini Jepang Incar Channel Manga di YouTube!

Culdesacc   |   Selasa, 04 Dec 2018


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!


Seperti yang kita ketahui, YouTube memiliki semua jenis video mulai dari video kucing yang melakukan hal-hal lucu hingga YouTuber virtual yang imut-imut. Tetapi tahukah Kotakers, dalam YouTube juga terdapat video 'pembahasan komik' yang justru membeberkan isi dari komik tersebut, yakni Manga Spoiler Video.


Yang membedakan dari scanlation ilegal, video spoiler ini menggunakan celah dari perlindungan hak cipta Jepang yang hanya mengincar scanlation saja. Walau hingga kini video tersebut masih bebas beredar dan memungkinkan pembaca untuk mengetahui cerita tanpa membeli manga, kini Jepang mulai mengincar video-video tersebut.


Shogakukan, perusahaan penerbit yang menerbitkan manga seperti Detective Conan dan manga Pokemon kini membawa masalah tersebut ke Pengadilan Distrik Tokyo. Mereka mengatakan bahwa jenis video tersebut, meski tidak melanggar hak cipta karya seni, masih melanggar hak cipta setengah bagian lain dari apa yang membuat manga, yakni cerita yang tertulis.

Baca ini juga :


» SHUEISHA akan Perkenalkan MANGA Plus untuk Para Penggemar Komik Indonesia
» Agen Twilight dan Thorn Princess Terjun ke dalam Aksi Battle Royale! Siapa yang Mampu Bertahan?
» Pertama Kalinya! eFootball™ Jalin Kolaborasi dengan Anime
» Guest Star AFAID 2024 Diumumkan! Cosplayer Hakken dan Penyanyi NANO Kembali Tampil di Indonesia
» Eiichiro Oda Ambil Libur Panjang, Manga One Piece Libur Selama Tiga Minggu Setelah Chapter 1111 Rilis!


Pengadilan Distrik Tokyo telah memutuskan mendukung Shogakukan, dan kini mereka meminta situs streaming video untuk meneruskan informasi tentang mereka yang mengunggah video ilegal tersebut ke situs-situs tersebut. Hal tersebut termasuk video yang menampilkan gambar atau hanya teks manga. Dengan kata lain, pengadilan dapat mengeluarkan perintah langsung ke YouTube untuk menghentikan streaming video-video ini secara online. Semakin ketat saja, ya. Semoga pembajakan semakin berkurang dengan hal ini.


(KotakGame)

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru