NEWS

Video Game Mempengaruhi Keterampilan Sosial Anak-Anak

Billy Mariza   |   Minggu, 28 Apr 2019


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!
Semakin pesatnya perkembangan dan bertambah populernya sebuah game sedikit banyaknya akan menyinggung anak-anak dan remaja. Bahkan dibeberapa penilitian, video game sebenarnya tidak berbahaya untuk anak-anak, namun distudi terbaru menunjukkan bahwa bermain game dapat memiliki efek negatif pada seorang anak, kok bisa?

Society for Reasearch in Child Development menerbitkan hasil penelitian yang berfokus pada efek pada perkembangan anak-anak. Penelitian ini dilakukan kepada 873 anak-anak Norwegia selama 6 tahun, dimulai ketika anak-anak berusia 6 dan menyimpulkan ketika mereka berusia 12 tahun, dan termasuk kuesioner untuk orang tua dan guru.

Baca ini juga :

» Rumor Game Watch Dogs Series Ga Bakal Dilanjut Sama Ubisoft, Termasuk Franchise Watch Dogs lainnya!
» Menkominfo Terbitkan Peraturan Menteri Nomor 2 Tahun 2024 Untuk Regulasi Video Game di Indonesia!
» LPAI Minta Kominfo Untuk “Bersihkan” Game Dengan Unsur Kekerasan
» CEO Saber Interactive Katakan Harga Game Bisa Lebih Mahal Dari 70 USD
» ESRB, Badan Rating Game AS Ingin Ada Scan Wajah Buat Verifikasi Umur Sebelum Main Game!

Hasilnya, perkembangan sosial anak laki-laki tidak terpengaruh oleh game, sebaliknya anak perempuan jika menghabiskan lebih banyak waktu bermain game akan menunjukkan keterampilan sosial yang lebih lemah sekitar dua tahun kemudian.

Studi ini juga menemukan bahwa anak-anak dengan BMI lebih tinggi (indeks massa tubuh) lebih cenderung tertarik pada video game sebagai cara untuk memenuhi kebutuhan mereka. Sedangkan anak-anak BMI yang lebih tinggi cenderung memiliki masalah dalam mengembangkan keterampilan sosial secara umum.

Penelitian ini mengklaim bahwa anak-anak yang bermain di usia muda berjuang untuk mengembangkan keterampilan sosial, dan mereka yang memiliki keterampilan sosial yang buruk beralih ke bermain game untuk mengisi kekosongan yang hilang akibat kurangnya interaksi sosial. Ini tampaknya lebih lazim pada anak perempuan, karena, salah satu temuan penelitian adalah bahwa waktu bermain anak laki-laki tidak menghambat perkembangan sosial mereka.

(KotakGame)

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru