NEWS

Pecinta Manga Bajakan Bersedih, Manga Rock Akan Tutup Semua Layanannya

Cita Aditya   |   Sabtu, 07 Sep 2019


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!
Melansir dari J-Cast News, Manga Rock menutup semua layanannya. Website dari Manga Rock bahkan tidak dapat diakses di beberapa negara. Namun, aplikasi dari Manga Rock sendiri masih berjalan dan para pelanggan masih dapat mendownload manga kesayangan mereka dengan baik. Tutupnya Manga Rock ini juga dibarengi dengan tidak bisa diaksesnya halaman Facebook milik Noizer Limited, anak perusahaan dari Not a Basement Studio. Not a Basement Studio sendiri adalah perusahaan asal Vietnam yang mengelola aplikasi serta website dari Manga Rock.

Baca ini juga :

» Kerjasama Dengan Kadokawa, Adaptasi Anime Garena Free Fire Resmi Diumumkan!
» SHUEISHA akan Perkenalkan MANGA Plus untuk Para Penggemar Komik Indonesia
» Agen Twilight dan Thorn Princess Terjun ke dalam Aksi Battle Royale! Siapa yang Mampu Bertahan?
» Pertama Kalinya! eFootball™ Jalin Kolaborasi dengan Anime
» Guest Star AFAID 2024 Diumumkan! Cosplayer Hakken dan Penyanyi NANO Kembali Tampil di Indonesia

Menurut penjelasan pihak Manga Rock sendiri, mereka memulai proyek Manga Rock ketika masih menjadi mahasiswa. Mereka hanya mengumpulkan Manga yang sudah diterjemahkan oleh kelompok-kelompok penerjemah. Saat itu, para pendiri Manga Rock sangat awam dengan hak cipta. Mereka tidak mengerti hal yang mereka lakukan ini membuat rugi para pembuat Manga dan penerbit yang memiliki lisensi resmi.

Memang sebelumnya Manga Rock mendapatkan teguran dari CEO Irodori Comics, On Takahashi. Dirinya membuat pernyataan di Twitter bahwa Manga Rock selama ini membuat rugi Industri Manga. Kerugiannya pun cukup besar. Takahashi pun menyarankan agar para pembuat Manga menarik karya mereka dari Manga Rock dan menuntut Manga Rock atas kerugian yang mereka sebabkan.

Pemilik Manga Rock sadar mereka menyebabkan kerugian tersebut dan akan menutup semua layanannya secara bertahap. Dengan ini pula tamat riwayat aplikasi untuk membaca Manga gratis yang sudah ada sejak tahun 2010 ini. Kotakers yang senang membaca Manga mungkin akan bersedih ya. Karena update Manga di toko buku Indonesia tidak secepat dengan penyedia Manga bajakan seperti Manga Rock ini.

Sumber: animenewsnetwork.com

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru