NEWS

Edan, Microsoft Merendam Data Center Mereka Dalam Cairan!

Yohanes   |   Rabu, 07 Apr 2021


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Microsoft kali ini merendam pusat data (data center) mereka dalam cairan seperti air yang sedang mendidih (bukan H2O). Cairan yang direkayasa secara khusus ini tidak menghantarkan listrik sama sekali. Meski sebenarnya konsep ini bukanlah hal yang baru, PC enthusiast sudah melakukan hal ini sejak lama dengan mineral oil. "Kami adalah penyedia cloud pertama yang menjalankan pendinginan perendaman dua fase (two-phase) dalam lingkungan produksi," kata Husam Alissa, insinyur perangkat keras utama di tim Microsoft untuk pengembangan lanjutan pusat data di Redmond, Washington.

Baca ini juga :


» Microsoft Umumkan Proteus Controller, Gamepad Untuk Gamer Penyandang Disabilitas!
» Microsoft Tutup Banyak Studio Termasuk Studio Pengembang The Evil Within dan Hi-Fi Rush
» Rumor Microsoft Pengen Fallout 5 Bisa Rilis Lebih Cepat! Apa Karena Hype Fallout Lagi Naik?
» Mulai di Update Terbaru, Windows 11 Bakal Munculin Iklan Buat Semua Pengguna!
» Microsoft Peringatkan Developer Game Untuk Tidak Membuat Karakter Wanita Yang Terlalu Seksi




Sumber: Microsoft via The Verge


Komputer server yang menjadi data center memanglah suatu komputer super yang juga menghasilkan panas yang super. Berinovasi untuk mendapatkan system pendingin yang tepat adalah hal yang ditempuh Microsoft kali ini setelah mencoba system pendinginan di laut pada tahun 2018 lalu. Microsoft sempat melakukan pengujian sistem pendinginan server mereka dengan cara menenggelamkannya di dalam laut.

Karena titik didih yang rendah, fluida dalam coils tidak pernah lebih panas dari udara di sekitarnya, meniadakan kebutuhan untuk menyiramnya dalam air untuk membantu penguapan. "Efek mendidih, yang dibuat oleh server tersebut, membawa panas menjauh dari prosesor komputer yang bekerja. Suhu yang rendah memungkinkan server untuk beroperasi terus menerus dengan daya penuh tanpa risiko kegagalan karena panas berlebih," kata Microsoft.


Sumber: reddit


Yang cukup menarik dalam hal ini ialah, Microsoft mengatakan mereka mendapatkan ide gila ini dari penambang cryptocurrency, yang telah menggunakan metode pendinginan serupa untuk membantu menambang Bitcoin dan mata uang digital lainnya. Hal ini tentunya bukanlah sesuatu yang bisa kamu coba di rumah tanpa pengetahuan yang cukup ya.

Selain berita utama pada artikel ini, Kru KotGa juga punya pembahasan menarik yang bisa kamu tonton pada video di bawah ini.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru