NEWS

YouTuber Berhasil Main Steam Deck dengan VGA Eksternal dan Main Elden Ring!

Billy Mariza   |   Jumat, 15 Apr 2022


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!
Seharusnya kamu tak perlu menghubungkan GPU eksternak ke Steam Deck, namun YouTuber melakukan hal tersebut. ETA Prime tidak hanya sukses melakukannya namun juga bermain game Elden Ring dengan resolusi 4K.

Valve telah berulang kali mengatakan bahwa kartu grafis eksternal tidak kompatibel, tetapi ETA Prime tetap dapat mewujudkannya. Mereka mengelolanya dengan memanfaatkan soket M.2 PCIe x4 Steam Deck, yang biasanya dimaksudkan untuk penyimpanan.

Baca ini juga :

» Diduga Melanggar Aturan, Steam Kini di-Banned di Vietnam!
» MrBeast Berusia 26 Tahun Hari Ini dan Memberikan 26 Tesla, Termasuk Cybertruck!
» Gamers Win! Helldivers 2 Steam Kini Tidak Diwajibkan Lagi Untuk Connect Akun PSN!!
» Steam Perbolehkan Gamer Untuk Refund Helldivers 2 Tanpa Ada Minimal Playtime
» Game Fallout Series Masuk dalam Daftar Game yang Paling Banyak dimainkan di Steam Deck!

ETA Prime menggunakan kartu grafis eksternal M.2 dock yang dihubungkan ke soket penyimpanan di satu ujung dan kartu grafis di ujung lainnya. Meskipun itu hanya memungkinkan Steam Deck untuk menggunakan empat jalur PCIe, itu tetap berfungsi. Untuk menyelesaikan "pembuatan", ETA Prime menghubungkan dock M.2 dan kartu grafis ke catu daya ATX standar.

Karena SteamOS asli tidak mendukung kartu grafis eksternal, ETA Prime harus mem-boot Windows 11 dari kartu microSD. Terakhir, ia menggunakan hub USB-C untuk menghubungkan aksesori seperti mouse dan keyboard.

Ia menguji berbagai kartu grafis dari Nvidia GTX 1060, GTX 1650, RTX 3060, Radeon RX 590, RX 480, dan RX 6900XT. Sayangnya, tidak ada kartu Nvidia yang berfungsi, mungkin karena arsitektur AMD yang digunakan di Steam Deck.

Setelah menjalankan sekumpulan game AAA, dia mampu rata-rata antara 40 dan 108 frame per detik tergantung pada gamenya. The Witcher 3 mampu menjalankan lebih dari 100 frame, sementara game lain seperti Elden Ring dan Cyberpunk 2077 mengelola antara 40 dan 50 frame per detik.

Seluruh APU di dalam Steam Deck memiliki daya antara 4W dan 15W. Itu berarti bahwa meskipun menggunakan arsitektur CPU Zen 3 AMD terbaru, daya yang lebih rendah pada akhirnya membatasi seberapa cepat CPU dapat berjalan. Ini menciptakan kemacetan untuk game yang menuntut, terutama yang membutuhkan lebih banyak daya CPU seperti game dunia terbuka.

Sumber: SEA IGN

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru