NEWS

VTuber Ryugu Finana Ungkap Biaya Cover dan Lagu Original hingga IDR95 Juta

Billy Mariza   |   Jumat, 06 Jan 2023


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!
Komunitas VTuber gak lepas dari musik, karena dari beberapa talent ada yang memiliki bakat menyanyi. Sehingga gak aneh jika mereka melakukan cover ataupun merilis original song (lagu orisinil) untuk para penggemarnya. Baru-baru ini VTuber dari Nijisanji yakni Ryugu Finana membagikan berapa uang yang harus ia keluarkan dalam merilis sebuah lagu.

Sayangnya dalam perilisan sebuah lagu, banyak aspek yang harus diperhitungkan, mulai dari studio rekaman, mixing lagu, ilustrasi, hingga pengeditan MV untuk membuat lagu tersebut bisa dirilis di YouTube ataupun platform milik sang VTuber.

Baca ini juga :

» Yozora Mel, Vtuber dari Hololive Diberhentikan Setelah Ketahuan Bocorkan Informasi Rahasia
» Apex Legends Bagi-bagi Aset Vtuber, Overlay dan Frame Buat Streamer Secara Gratis!
» Mori Calliope Berkolaborasi dengan Metal Gear Solid Lewat Lagu ‘Sneaking’
» Mengenal YoRI, Brand Ambassador LOKAPALA: Saga Of Six Realms dan Sosok Lain Auremiya
» Kobo Kanaeru Sudah Ngajak Lemon Mabar, Bakal Segera Kolaborasi?

Karena Finana merupakan seorang VTuber yang dibawah agensi, itu artinya ia harus mengurus izin terlebih dahulu untuk hak cipta sebuah lagu. Selanjutnya ia menjelaskan untuk sebuah cover lagu membutuhkan sekitar mulai USD1000 atau sekitar IDR15 juta. Tentunya ini bergantung seberapa rumit ilustrasi yang ia buat dalam musik videonya.

Sedangkan uang yang harus ia habiskan untuk komisi musik terakhirnya adalah sekitar USD6 ribu atau sekitar IDR93 juta. Tentunya biaya ini relatif setiap VTuber, karena ada beberapa VTuber yang bisa melakukan mixing lagunya sendiri seperti Amane Kanata atau Calliope Mori. Atau bahkan malah melakukan ilustrasi dan mengedit MV-nya sendiri seperti yang dilakukan oleh Ninomae Inanis.

Sumber: Dexerto

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru