NEWS

Intel Konfirmasi Peluncuran Xeon 'Sierra Forest' Dengan 144 Efficient Cores Pada Paruh Pertama Tahun 2024

Aeprukmana   |   Kamis, 30 Mar 2023


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Intel tetap berkomitmen pada rencana mereka untuk meluncurkan empat arsitektur Xeon baru dalam 2 tahun.


Sumber: Intel


Selama Data Center and AI Investor Webinar, Intel telah mengonfirmasi rencananya tentang bagaimana menangani peluncuran CPU AMD EPYC yang akan datang dengan nama kode Bergamo. Produk ini menggunakan arsitektur high-core density berdasarkan desain Zen4c. Intel memiliki rencana untuk arsitektur core "Atom/Efficient" sendiri untuk seri Xeon-nya.

Intel akan membagi penawaran CPU Xeon antara performa dan arsitektur yang dioptimalkan secara efisien. Sejauh ini seri Intel Xeon hanya menyertakan yang pertama. Xeon berbasis E-core akan memberikan efisiensi daya yang lebih baik.


Sumber: Intel



Sumber: Intel


Sierra dan Clearwater Forest, Xeon dengan Efficient Cores

Pada tahun 2024 Intel akan meluncurkan produk dengan codename Sierra Forest. Intel mengonfirmasi bahwa desain ini akan menggunakan hingga 144 Efficient Core. Menurut Intel, arsitektur ini berada dalam 'excellent silicon health' dan tetap berada di jalur yang tepat untuk diluncurkan pada paruh pertama tahun 2023. intel menegaskan kembali rencananya untuk menggunakan node proses Intel 3 untuk arsitektur ini.

Intel juga mengungkapkan bahwa Sierra Forest dan Granite Rapids akan berbagi platform yang sama, dengan codename “Birch Stream”. Sesuai presentasi, Granite akan mengikuti Sierra Forest.

Selanjutnya, Intel juga mengonfirmasi penerus untuk Sierra. Sebuah produk dengan codename "Clearwater Forest" dan ini sudah resmi, bukan sekedar rumor. Arsitektur ini akan diluncurkan pada tahun 2025, dan akan menggunakan node Intel 18A. Ini adalah CPU Xeon pertama yang dipastikan menggunakan teknologi ini.


Sumber: Intel



Sumber: Intel


Emeralds dan Granit Rapids, Xeon dengan Performance Cores

Intel juga mengulangi rencananya untuk meluncurkan 5th Gen Xeon Scalable “Emerald Rapids” pada kuartal keempat tahun ini. Produk ini akan menjadi penerus langsung Sapphire Rapids yang menggunakan platform yang sama.

Pada acara tersebut, Intel memamerkan die pertama dari Emeralds Rapids yang terdiri dari dua compute die:


Sumber: Intel


Selain itu, seri Xeon Generasi ke-6 “Granite Rapids” didemokan di webinar yang menampilkan bandwidth memori DDR5 1,5 TB/dtk. Ini adalah peningkatan 80% dari produk server saat ini. Seri ini dipastikan mendukung hingga DDR5-8800 dalam mode MCR (Multiplexer Combined Rank).

Sumber: Intel via Videocardz

Selain berita utama di atas, KOTAKGAME juga punya video menarik yang bisa kalian tonton di bawah ini.



Baca ini juga :

» Prosesor Intel Lunar Lake MX Digambarkan Pada Platform Referensi, Spesifikasi Dikonfirmasi!
» Intel Gaudi 2 Accelerator Menampilkan Performa Kompetitif Melawan NVIDIA H100
» Laptop Murah, Spek Gaming! Powerful dengan RTX 40 Series! Review Acer Nitro V15
» Lewat Event ROG New Year Media Gathering, ASUS Indonesia Memperkenalkan Jajaran Lapotop Terbaru Mereka!
» ASUS ROG NUC Resmi Hadir Dengan CPU Core Ultra 9 185H dan GPU RTX 4070 Dalam Sasis 2,5 Liter

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru