NEWS

AMD Ryzen 7 7800X3D Berhasil Di Overclock Mencapai 5,4 GHz

Aeprukmana   |   Kamis, 06 Apr 2023


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

SkatterBencher meng-overclock Ryzen 7 7800X3D yang 'tidak dapat di-overclock' menjadi 5,4 GHz.

Seperti biasanya, Pieter “SkatterBencher” Plaisier memiliki video panjang dan artikel yang menjelaskan berbagai strategi untuk melakukan overclock pada prosesor X3D. Pengetahuannya yang luas dibagikan dalam format yang mudah dibaca dengan grafik dan diagram. Ini adalah kesempatan besar bagi orang-orang di luar komunitas overclocking untuk mengejar semua perubahan yang diperkenalkan dengan desain CPU yang lebih kompleks, seperti Ryzen 7 7800X3D 8-core dengan 3D V-Cache.

Kemarin AMD mencabut embargo review 7800X3D dan SkatterBencher adalah yang pertama menunjukkan hasil pembandingan. Namun, tidak seperti kebanyakan reviewer, Pieter berfokus pada overclocking, yang ironis karena CPU khusus ini tidak dirancang untuk overclocking (setidaknya tidak secara resmi). AMD telah mengunci overclocking frekuensi dan multiplier pada seri 7000X3D mereka, tetapi masih ada cara untuk mempercepatnya.

Para overclocker mengeksplorasi banyak opsi untuk membuat 7800X3D lebih cepat, CPU telah di-overclock menggunakan Precision Boost Overdrive 2, curve optimizer, EXPO (memori OC) atau dengan menggunakan ECLK asinkron (generator eksternal). Kombinasi penyesuaian PBO2 dan ECLK cenderung menjadi strategi OC yang paling efektif tetapi juga yang paling rumit.

Pada akhirnya, overclocker archives boost clock 5,3 GHz dalam uji one-thread boost SuperPI, dengan dua core 'hampir mencapai 5,4 GHz':


Sumber: SkatterBencher



Sumber: SkatterBencher


Meskipun upaya overclocking ini menunjukkan bahwa frekuensi yang lebih tinggi pada 7800X3D dapat dicapai, cara yang dipilih oleh SkatterBencher tidak disarankan untuk sebagian besar pengguna. Seri X3D tidak dirancang untuk overclocking dan ada banyak masalah stabilitas yang mungkin terjadi saat mengotak-atik voltase atau generator clock eksternal. CPU ini sudah sangat cepat out of the box dan tidak ada banyak alasan bagi siapa pun untuk mencari performa lebih.

SB sekarang sedang menjajaki berbagai metode overclocking, beberapa di antaranya telah menghasilkan validasi CPU-Z 5,6 GHz. Hasilnya akan bervariasi tergantung pada prosesor, tetapi tidak disarankan untuk melewati 1,15V karena sensitif tegangan ekstrim dari CPU 7800X3D.


Sumber: SkatterBencher


Baca ini juga :

» Predator Gaming Indonesia & HMNS Perfume Luncurkan Predator Triton Neo 16 Body Spray Limited Edition
» China Pamerkan Robot Yang Bisa Masak Sampai Strika Baju! Bisa Gantikan ART?
» ROG Ally Kuasai Pasar Gaming Handheld PC di Indonesia
» [VIDEO] Review SanDisk GamePlay microSD™
» Resiko Gede Tambah Storage? Solusi cepat tepat & aman Gamer! SanDisk GamePlay microSD Gaming Ngebut!



Selain berita utama di atas, KOTAKGAME juga punya video menarik yang bisa kalian tonton di bawah ini.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru