NEWS

AMD Mengidentifikasi Akar Penyebab Masalah CPU Ryzen 7000 Terbakar, AGESA Terbaru Dirilis!

Aeprukmana   |   Jumat, 28 Apr 2023


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

AMD tampaknya telah memecahkan masalah pembakaran CPU Ryzen 7000. AGESA (firmware) yang baru saja dirilis untuk motherboard seri AMD 600 akan membatasi SoC Voltage hingga 1.3V. Ini berarti AMD mengakui bahwa akar masalahnya adalah Tegangan SoC yang lebih tinggi dari yang dimaksudkan AMD untuk CPU mereka.

Meskipun AMD tidak secara khusus menyebutkan seri CPU Ryzen 7000X3D dengan 3D V-Cache, CPU tersebut termasuk kasus yang paling terpengaruh (atau dilaporkan). Ini kemungkinan karena seri X3D lebih sensitif terhadap voltase tersebut.

Baca ini juga :


» Predator Gaming Indonesia & HMNS Perfume Luncurkan Predator Triton Neo 16 Body Spray Limited Edition
» China Pamerkan Robot Yang Bisa Masak Sampai Strika Baju! Bisa Gantikan ART?
» ROG Ally Kuasai Pasar Gaming Handheld PC di Indonesia
» [VIDEO] Review SanDisk GamePlay microSD™
» Resiko Gede Tambah Storage? Solusi cepat tepat & aman Gamer! SanDisk GamePlay microSD Gaming Ngebut!



AMD mengonfirmasi bahwa AGESA baru tidak akan memengaruhi kemampuan overclocking memori Ryzen 7000, yang dalam hal ini berarti menggunakan profil memori AMD EXPO atau Intel XMP. Selain itu, tidak ada perubahan pada Teknologi Precision Boost yang akan diterapkan.

Kami telah identifikasi akar penyebab masalah ini dan telah mendistribusikan AGESA baru yang menempatkan langkah-langkah pada power rails tertentu pada motherboard AM5 untuk mencegah CPU beroperasi di luar batas spesifikasinya, termasuk batas voltase SOC pada 1,3V. Tak satu pun dari perubahan ini memengaruhi kemampuan prosesor Seri Ryzen 7000 kami untuk melakukan overclock memori menggunakan kit EXPO atau XMP atau meningkatkan performa menggunakan teknologi PBO.

Kami berharap semua partner ODM kami akan merilis BIOS baru untuk board AM5 mereka dalam beberapa hari ke depan. Kami menyarankan semua pengguna untuk memeriksa situs web produsen motherboard mereka dan memperbarui BIOS mereka untuk memastikan sistem mereka memiliki perangkat lunak terbaru untuk prosesor mereka.

Siapa pun yang CPU-nya mungkin terpengaruh oleh masalah ini harus menghubungi dukungan pelanggan AMD. Tim layanan pelanggan kami mengetahui situasi dan memprioritaskan kasus-kasus ini.

— AMD


Pengguna yang terkena masalah ini diminta untuk menghubungi dukungan AMD. Tidak jelas apakah AMD bersedia menawarkan pengganti apa pun untuk CPU yang terpengaruh atau seberapa luas masalah ini pada awalnya. AMD dan board-partner masih mengumpulkan masalah yang terpengaruh, tetapi respons cepat tampaknya mengakhiri masalah untuk saat ini.

Sumber: AMD, AnandTech, Videocardz.

Selain berita utama di atas, KOTAKGAME juga punya video menarik yang bisa kamu tonton di bawah ini.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru