NEWS

Upgrade VRAM RTX 3060 8GB Menjadi 12GB, Boost Performa 22% Di Unigine 1080p Extreme Benchmark

Aeprukmana   |   Rabu, 03 May 2023


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Sebuah video yang menampilkan tim dari Paulo Gomes dan “harteck” menghadirkan mod baru dari kartu grafis RTX 30. Berbeda dengan GPU RTX 3070 yang dimodifikasi untuk mendukung VRAM 16GB, mod ini jauh lebih tidak biasa dan bukan sesuatu yang pernah kita lihat sebelumnya.

Baca ini juga :


» Dilema Dualisme AI: Potensi Disalahgunakan Sama Besar dengan Manfaatnya!
» China Pamerkan Robot Yang Bisa Masak Sampai Strika Baju! Bisa Gantikan ART?
» Rumor Nvidia RTX 5090 dan RTX 5080 Bakal Dirilis Pada Q4 2024!
» Gigabyte Siapkan GeForce RTX 4080 SUPER XTREME ICE, Unit Terbatas Cuma 300 Aja!
» [VIDEO] TERLALU OVERPOWER! Semua Dilibas & Bikin Puas! Review ASUS ROG Strix RTX 4080 Super OC Edition!

RTX 3060 awalnya diluncurkan dengan VRAM 12GB dan itu adalah satu-satunya pilihan hingga RTX 3060 8GB dirilis akhir tahun lalu. Kedua kartu memiliki spesifikasi CUDA Core yang sama, tetapi ada perbedaan besar dalam hal memori. Alih-alih konfigurasi 12GB GDDR6 yang terpasang pada bus memori 192-bit, RTX 3060 yang 'lebih murah' mendapatkan 8GB GDDR6 dan bus memori 128-bit sebagai gantinya. Ini bisa menjadi hambatan saat memainkan game dengan high-fidelity, dan opsi VRAM 12GB yang dipilih tampaknya menjadi pilihan yang jauh lebih baik di tahun 2023.

Namun, jika pengguna terlanjur memiliki RTX 3060 versi 8GB, tampaknya ada cara untuk memperbaikinya. Ternyata kartu tersebut masih bisa di mod kembali menjadi memori 12 GB asalkan dilakukan secara profesional dan masih ada ruang untuk memori tambahan.

Sumber: Paulo Gomes

Sebagian besar kartu RTX 3060 8GB didasarkan pada desain PCB asli yang dapat menampung hingga 8 modul memori. RTX 3060 8GB yang dipilih untuk pengujian ini hanya memiliki empat modul yang terpasang, menyisakan banyak ruang untuk menambahkan memori lebih banyak.

Modifikasi tidak berakhir dengan penggantian memori. Kartu perlu diakali untuk mendukung bus memori 192-bit dengan mengubah resistor dan dengan penggantian BIOS dari model 12GB. Dengan kata lain, jika BIOS 12GB tidak pernah tersedia, mod ini tidak akan pernah berfungsi.

Sumber: Paulo Gomes

Sebelum dan sesudah mod, kartu grafis diuji dengan benchmark Unigine Superposition. Kartu ini diatur ke power limit 100% dan kecepatan kipas yang sama untuk menghindari kemungkinan bottleneck dan untuk memastikan tidak ada perbedaan antara metodologi pengujian. Modifikasi tersebut menghasilkan skor 22% lebih tinggi dalam profil 1080p Extreme.

Sumber: Paulo Gomes

Mod seperti ini harus dilakukan oleh orang yang profesional dan didukung oleh peralalatan yang layak, jadi user biasa sebaiknya tidak mencoba mod seperti ini.

Sumber: Paulo Gomes via Videocardz.

Selain berita utama di atas, KOTAKGAME juga punya video menarik yang bisa kamu tonton di bawah ini.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru