NEWS

Pembuatan Game First-Party PlayStation Sekarang Habiskan Lebih Dari 3 Triliun Rupiah!

Sarah Divy Mutia   |   Kamis, 29 Jun 2023


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!
Dalam pertarungan sengit antara FTC vs Microsoft untuk mengakuisisi Activision Blizzard, terdapat beberapa data yang mungkin dapat membuat kalian terkaget-kaget. Dalam data yang dilampirkan terdapat beberapa angka yang ditutup. Namun jika kamu melihat lebih jelas, angka tersebut masih dapat terbaca. Walaupun tidak menampilkan data-data secara spesifik, kita dapat mengetahui beberapa informasi yang mungkin berguna. Baca ini juga :

» Stumble Guys Tambahkan Lintasan Baru yang Terinspirasi dari Permainan Klasik Tetris
» Ketemu Bam! Game Adaptasi Dari Tower of God Sudah Rilis di Mobile!
» Game King Kong, Skull Island: Rise of Kong Resmi Diumumkan Untuk Konsol dan PC
» Game Legendaris Comeback! CABAL Online akan rilis di Mobile!
» MMORPG Mobile Baru! Tales of Dragon Sudah Rilis versi Global!





Dalam data disebutkan bahwa game first-party titles dari PlayStation yaitu Guerrilla’s Horizon Forbidden West membutuhkan waktu sekitar 5 tahun dan menghabiskan anggaran sebanyak 212 juta USD. Sedangkan untuk game Naughty Dog’s The Last Of Us Part II, game ini memakan waktu lebih lama dibandingkan game sebelumnya dan menghabiskan 220 juta USD. Sepertinya game-game tersebut memberikan banyak keuntungan bagi Sony, tetapi angka tersebut sepertinya belum termasuk biaya marketing dan juga biaya platform Sony. Yah, walaupun sepertinya uang platform tersebut akan kembali lagi ke Sony.

Selanjutnya, kesaksian Ryan dalam permasalahan mengenai franchise Call of Duty cukup memberi gambaran mengenai hal-hal yang mungkin belum kamu ketahui sebelumnya. Berdasarkan data dari Ryan, franchise Call of Duty menghasilkan lebih dari 800 juta USD di perangkat keras Sony selama tahun 2021 dan 1,5 miliar di global. Sedangkan menurut Activision Blizzard, franchise secara keseluruhan menghasilkan 27 miliar USD di tahun 2020.

Call of Duty sudah dimainkan lebih dari 43 juta pengguna PlayStation, hampir dua per tiga dari pengguna PlayStation yang berbasis di USA sejak 2019. Sebuah persentase yang cukup besar untuk ukuran game-game PlayStation. Modern Warfare II mempunyai rekor sebagai game PlayStation dengan penjualan tertinggi dalam satu minggu pertama sejak rilis yaitu sebanyak 4,4 juta unit.

Dari sini dapat kita lihat bahwa jika Call of Duty dimiliki oleh perusahaan lain maka PlayStation akan kehilangan banyak pendapatannya. Maka dari itu, akuisisi Microsoft akan Call of Duty lewat perjanjian Activision Blizzard kemungkinan dapat membuat kondisi yang kurang beneficial bagi kedua belah pihak, mengingat bagaimana kedua perusahaan tersebut saling bersaing dalam game console.

Selain berita utama di atas, KOTAKGAME juga punya video menarik yang bisa kalian tonton di bawah ini.

center>

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru