NEWS

Pasar Chipset Smartphone 4G Masih Didominasi MediaTek, Sedangkan Qualcomm Juarai Chipset Android 5G

Yohanes   |   Senin, 03 Jul 2023


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Baru saja dilaporkan oleh Omdia, firma analis yang berbasis di London, Inggris hasil riset terkait pangsa pasar chipset mobile (ponsel) dunia secara global pada kuartal I-2023 periode Januari—Maret 2023. Menurut hasil yang dipaparkan Omdia, MediaTek menjadi pemimpin produsen chip smartphone 4G paling besar saat ini, dengan pertumbuhan 53 persen, dalam kategori pengiriman chip. Sementara itu, kompetitor lainnya seperti Snapdragon berkontribusi sebesar 19 persen, dan Unisoc sebesar 14 persen. Dominasi MediaTek di pasar chip mobile sudah terjadi selama sembilan kuartal berturut-turut. Mulai dari kuartal I-2021 hingga I-2023, MediaTek terpantau berada di peringkat satu sebagai pangsa pasar chipset terbesar untuk ponsel pintar 4G.

Baca ini juga :


» Chipset Terbaru Samsung Exynos 2500 Katanya Bakal Lebih Efisien Dari Pada Snapdragon 8 Gen 4!
» Rumor Hasil Pengujian Chipset Baru Samsung Exynos 2500 Lebih Kuat Dari Snapdragon 8 Gen 3!
» Bocoran Chipset Baru Qualcomm Dengan Kode SM8635, Apakah Ini Akan Jadi Snapdragon 8s Gen 3?
» Mediatek Klaim Dimensity 9300 Akan 10% Lebih Cepat Dibandingkan Snapdragon 8 Gen 3
» iPhone 15 Ketar-ketir! Skor AnTuTu Snapdragon 8 Gen 3 Bocor di Internet, Skornya Tembus 2 Jutaan




Sumber: Omdia


Kendati demikian, Omdia justru mencatat pengiriman chipset ponsel 4G turun 30 persen secara year-on-year (YoY/tahunan). Menurunnya pengiriman chipset ponsel 4G diduga kuat karena kemunculan 5G. Karena memang smartphone dari kelas bawah sekalipun kini sudah mulai mengadopsi teknologi 5G. Untuk pasar smartphone 5G, chip Snapdragon buatan Qualcomm dilaporkan mendominasi pangsa pasar chipset mobile 5G. Chipset Snadragon 5G berkontribusi sebesar 31 persen pada kuartal I-2023. Angkat tersebut naik dibanding kuartal yang sama tahun lalu. Pada kuartal I-2022, pangsa chipset Snapdragon 5G berada di angka 25 persen saja.


Sumber: Omdia


Pertumbuhan yang dialami Qualcomm bisa terjadi karena bantuan dari Samsung. Samsung telah sepenuhnya beralih ke chipset Snapdragon dan menyematkan chipset tersebut ke ponsel kelas atasnya, Galaxy S23 series. Bahkan, Qualcomm juga merancang chipset smartphone 5G yang khusus untuk Galaxy S23 series. Nama chipset tersebut adalah Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy.

Selain berita utama pada artikel ini, Kru KotGa juga punya pembahasan menarik yang bisa kamu tonton pada video di bawah ini.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru