NEWS

Microsoft Merilis Aplikasi Tuning Sistemnya Sendiri untuk Windows 10 & 11

Aeprukmana   |   Selasa, 25 Jul 2023


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Para penggemar performa PC murni selalu ingin memantau secara cermat semua aspek sistem mereka untuk memastikan performa maksimal. Hal ini merupakan kebiasaan yang perlu dilakukan pada masa lalu, karena kita berurusan dengan hard drive yang lambat, perangkat lunak yang membengkak, dan sistem operasi yang diketahui berkembang seiring waktu hingga tidak dapat digunakan lagi. Sekarang sudah jauh berbeda, berkat SSD. Namun, masih ada tempat untuk utilitas gratis yang memungkinkan kita menjalankan " health check " pada PC kita sesekali. Meskipun aplikasi seperti CCleaner telah menjadi utilitas yang disukai sebelumnya dan masih digunakan oleh sebagian orang, Microsoft sekarang memiliki utilitas gratis yang menawarkan fungsionalitas serupa untuk Windows 10 dan 11.

Program ini tersedia di Microsoft Store dan diberi nama PC Manager. Saat ini hanya tersedia dalam versi beta, tetapi unduhannya kecil, cukup cepat, dan selama kami menggunakannya, kami tidak mengalami masalah. Secara keseluruhan, aplikasi ini dirancang untuk "boost your PC's performance," menurut Microsoft. Ini adalah toko serba ada untuk mempercepat PC secara teoretis dengan memungkinkan menghapus file yang tidak perlu, menghentikan aplikasi yang memonopoli memori, dan mengelola pengaturan penyimpanan dan startup. Aplikasi ini menggabungkan berbagai area Windows ke dalam sebuah aplikasi terpadu, sehingga menjadi cara cepat untuk memeriksa ulang beberapa pengaturan. Aplikasi ini ditandai di Microsoft Store oleh PCWorld.


Sumber: Microsoft

Baca ini juga :


» ROG Ally Kuasai Pasar Gaming Handheld PC di Indonesia
» [VIDEO] Review SanDisk GamePlay microSD™
» Resiko Gede Tambah Storage? Solusi cepat tepat & aman Gamer! SanDisk GamePlay microSD Gaming Ngebut!
» Vladimir Putin Ingin Pemerintah Rusia Membuat Konsol Sendiri, Siap Melawan PlayStation & XBOX?
» Prosesor Intel Lunar Lake MX Digambarkan Pada Platform Referensi, Spesifikasi Dikonfirmasi!

Setelah kamu menginstal dan menjalankan aplikasi ini, aplikasi ini akan secara otomatis merapat ke sisi kanan layar. Namun, karena ukurannya, kamu mungkin tidak ingin membiarkannya tetap terbuka karena ukurannya yang cukup besar untuk aplikasi yang dirancang untuk dipasang di layar. Microsoft seharusnya membuatnya berukuran penuh seperti aplikasi desktop tradisional atau membuatnya agar kamu bisa mengecilkannya ke system tray. Kamu hanya bisa menutup aplikasi ini atau menempatkannya di taskbar. Terlepas dari itu, menu utama menawarkan empat bagian, yang dapat kamu lihat di atas.


Sumber: Microsoft

Health Check menunjukkan kepada pengguna file-file yang mungkin tidak diperlukan seperti cache browser dan sistem, file log, dan file-file temporary. Kamu juga bisa menonaktifkan item startup di sini, tetapi hanya menyediakan peringkat " low, medium, high" untuk jumlah sumber daya sistem yang mereka gunakan. Kami menertawakan OneDrive yang terdaftar sebagai "tinggi" dalam hal sumber daya, jadi kami menghargai Microsoft yang mengizinkan kami mematikannya dengan cepat.

Mengklik Storage Manager akan memunculkan dua opsi baru yang memungkinkan untuk menghapus lebih banyak lagi file yang tidak diperlukan atau mencari file dengan ukuran tertentu. Mengklik Deep Cleanup akan melakukan pemindaian sistem dan menampilkan lebih banyak file daripada yang ditemukan oleh Health Check, dan semuanya berasal dari Windows dan aplikasinya. Sebagian besar dari sistem cruft kami adalah file sisa dari Update Windows. Kamu juga bisa " manage large files" dengan memilih jenis dan ukuran file dan membiarkannya menampilkan apa yang kamu miliki di perangkat penyimpananmu. Ini adalah cara mudah untuk menemukan file tertentu yang mungkin tidak kamu sadari menghabiskan ruang, meskipun ukuran file terbesar yang diizinkan untuk dicari adalah >1GB.


Sumber: Microsoft

Dua segmen terakhir dari aplikasi ini - Manajemen Proses dan Aplikasi Startup - memungkinkan kamu menghentikan program yang sedang berjalan dan dengan mudah menonaktifkan aplikasi Startup. Untuk program tersebut, aplikasi ini menunjukkan proses mana yang sedang berjalan dan berapa banyak memori yang digunakan, yang juga merupakan informasi yang tersedia di Task Manager. Kamu bisa melihat sekilas sebuah aplikasi, memutuskan bahwa aplikasi tersebut menggunakan terlalu banyak memori, dan mematikannya dengan cepat. Kamu juga bisa mengaktifkan dan menonaktifkan item Startup berdasarkan peringkat sumber dayanya. Ada beberapa duplikasi di sini karena " startup apps" juga tersedia di area Health Check.


Sumber: Microsoft

Terakhir, tab Keamanan di bagian bawah memungkinkan kamu menjalankan Update Windows atau dengan cepat mengubah browser default kamu. Yang patut dipuji dari Microsoft, browser ini tidak memaksa kamu untuk beralih ke Edge. Sebaliknya, tab ini menunjukkan browser mana yang terinstal dan memungkinkan kamu memastikan browser bawaanmu dipilih atau mengubahnya dengan cepat.

Secara keseluruhan, kami harus mengatakan bahwa ini adalah aplikasi kecil yang berguna. Kami tidak terlalu mengkhawatirkan performa PC kami saat ini seperti dulu di tahun 90-an dan awal 2000-an karena sistem kami termasuk yang terbaik, tetapi aplikasi ini cepat, ringan, dan tampaknya merupakan alat tanpa embel-embel yang tidak keberatan kami gunakan sesekali untuk mengecek PC. Karena gratis, tidak ada salahnya untuk mencobanya, dan kami juga tidak akan terkejut jika aplikasi ini dimasukkan ke dalam versi Windows yang akan datang.

Selain berita utama di atas, KOTAKGAME juga punya video menarik yang bisa kamu tonton di bawah ini.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru