Feature

[KotaKlasik]: Jatuh Bangun Franchise Resident Evil Untuk Menjadi Raja Survival Horror

oleh: Marvemir

[FEATURE] Halaman 6



Selain di-domninasi oleh perang console antara Playstation 2 dan X-Box, tahun 2002, jugalah di-dominasi oleh console terpopuler milik Nintendo, Game Cube. Nah, memanfaatkan momentum yang ada ini, Mikami cs pun tanpa membuang-buang waktu langsung berinisiatif untuk merilis beberapa game RE selanjutnya yang mana, game-game ini dirilis eksklusif untuk console tersebut.

Walhasil, Mikami cs pun merilis ketiga game RE selanjutnya seperti: Resident Evil Zero (2002), remake dari game RE 1 (2002), dan tentunya Resident Evil 4 (2005). Nah, ngomong-ngomong soal RE 4, secara tak terduga, game yang lagi-lagi dilakoni oleh Leon S Kennedy ini, kala itu bisa dibilang sangatlah populer.

Saking populer-nya, sampai-sampai nih, membuat seluruh pemilik PS2 pun merasa iri dan mengelu-elukan agar game ini juga dapat dirilis di console kesayangan mereka tersebut. Nah, melihat animo pemilik PS 2 yang sangat tinggi ini, plus mereka juga menganggap bahwa mereka memanglah tidak terikat kontrak eksklusif dengan Nintendo, akhirnya pada tanggal 25 Oktober 2005 atau 9 bulan setelah perilisan perdananya di Game Cube, Capcom akhirnya merilis juga Resident Evil 4 di Playstation 2.

Baca ini juga :

» ACTION RPG Open World Terbaru Capcom, Bisa Panjat Monster, AI Canggih, dan Dunianya Luas!
» Ini Dia Ciri Khas yang Wajib Ada di Game Resident Evil Berikutnya!
» Hadoken!!! Inilah 7 Jurus Paling Legendaris di Game Street Fighter!
» Gak Cuma Keren, Ini Berbagai Keuntungan Ketika Mendapatkan Karakter Street Fighter
» Gempar! Ryu Ken & Karakter Street Fighter V: Champion Edition lainnya Menyerang Dunia Summoners War!

Dan bisa ditebak, seketika versi PS 2-nya ini dirilis. RE 4 versi PS 2 jauh lebih laris secara penjualan ketimbang versi orisinil-nya di Game Cube. Tercatat, hingga tanggal 17 Januari 2007, sebanyak lebih dari 2 juta kopi game RE 4 sukses terjual di seluruh dunia.

Akan tetapi, terlepas adanya perbedaan yang cukup mencolok antara jumlah penjualan keduanya tersebut, tetap saja apabila di-total secara keseluruhan (versi Game Cube dan PS 2), Resident Evil 4 hingga tahun 2011-2012, telah sukses terjual lebih dari 5.9 juta kopi di seluruh dunia.

Nah, dengan prestasti penjualan yang sangat fantastis ini, maka tidaklah mengherankan apabila kemudian pada tahun 2012, RE 4, sukses masuk ke dalam Guinness World Record Gamer Edition sebagai game Survival Horror dengan angka penjualan terbaik sepanjang masa. WOW, gak heran kan makanya, kalau game ini, hingga saat ini, masih sering baget dimainkan oleh seluruh gamer di mana-mana?

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru