Feature

[Diary Kru KotGa] 7 Game Real Time Strategi Nostalgia Paling Ngangenin!

oleh: Cralizer77

Game dengan geenre real time strategy memang merupakan game yang cukup unik, karena dalam game tersebut kalian akan dapat bermain sambil belajar mengatur strageti untuk dapat menang. Genre RTS ini sendiri sempat populer pada tahun 90an hingga 2000. Banyak judul game yang menarik gamer untuk dapat memainkannya pada perangkat PC kala itu.

Dengan grafis yang dimilikinya, game RTS memang sangat menarik terlebih bermain bersama dengan teman dalam jaringan lokal. Untuk memainkan game RTS memang membutuhkan waktu yang tidak sebentar, karena kalian benar-benar akan terbawa suasana ketika sudah mengerti game RTS tersebut.

Nah, tentunya kini game bergenre RTS tidak sepopuler dulu, gamer generasi sekarang lebih menyukai game bergenre action RPG dengan latar open world dan kualitas grafis menarik. Padahal game RTS jaman dulu tidak kalah menarik dengan game bergenre lainnya.

Nah, pada kesempatan kali ini KotakGame akan mengajak kalian bernostalgia untuk mengetahui 7 game RTS yang paling ngangenin versi Kru KotGa. Apa saja? Yuk! Cek di bawah ini!

1. Command & Conquer: Red Alert 2

Salah satu game real time strategy yang populer pada tahun 2000an adalah Command & Conquer: Red Alert 2, meskipun telah hadir dengan serial sebelumnya. Entah mengapa game buatan Westwood Studios dan dirilis oleh Electronic Arts ini sempat beredar dibeberapa warung internet (warnet). Alhasil banyak gamer Indonesia yang pastinya pernah menjajal game RTS ini, disamping memainkan game shooter Counter Strike 1.6 yang tenar pada saat itu.

2. Age of Empire II

Setelah cukup sukses dengan Age of Empire, akhirnya Microsoft juga telah merilis serial Age of Empire II untuk PC. Meskipun Microsoft telah merilis seri Age of Empire III yang memiliki kualitas grafis lebih bagus, akan tetapi pada serial kedua ini masih sangat ramai dimainkan oleh pengguna PC, kualitas gameplay yang sangat fleksibel membuat gamer PC masih betah memainkannya dak akhirnya serial kedua ini sangat laris. Sehingga akhirnya Microsoft memutuskan untuk merilis versi high definition (HD) dari Age of Empire II yang kini telah tersedia di Steam. Menariknya, Age of Empire II HD ini juga telah mendapatkan update ekspansi besar, dengan terdapat beberapa kerajaan dari Asia Tenggara didalamnya.

3. Warcraft III

Game inilah asal muasal game MOBA DOTA 2 dibuat, Warcraft merupakan franchise real time strategi kedua yang sukses dirilis oleh Blizzard Entertainment dan berhasil membius para gamer diseluruh dunia untuk memainkannya. Karakter fiksi dan alur ceritanya yang kuat membuat gamer hanyut dalam game tersebut. Hingga akhirnya Blizzard merilis seri Warcraft III dan ekspansinya. Selain itu, Blizzard akhirnya memberikan kebebasan kepada gamer untuk dapat memodifikasi game-nya tersebut untuk menjadi beberapa mode menarik. Hingga akhirnya kelompok modder IceFrog telah berhasil membuat desain game Defend of the Ancients (DotA) dari game buatan Blizzard tersebut.

4. StarCraft

Pastinya kalian sudah tahu dengan game StarCraft yang telah dirilis oleh Blizzard Entertainment eksklusif untuk PC, game RTS ini memang sempat meledak pada masanya karena menghadirkan konsep yang cukup unik. Dalam game RTS ini sendiri mengkisahkan tentang pertempuran tiada akhir antara empat spesies yakni Terrans, Zerg, Protoss, dan Xel'Naga. Keempat spesies ini memiliki keunggulan masing-masing, sehingga gamer dapat menggunakannya untuk menyusun strategi. Saat ini Blizzard telah memberikan game StarCraft secara gratis, dan rencananya game StarCraft: Remastered juga akan segera hadir untuk PC dalam waktu dekat.

Baca ini juga :

» Bosan Dengan Game Futuristik? Deretan Game Era Medieval Ksatria Yang Hadir Di 2022!
» Tips dan Trik Bermain Warbound Storm untuk Kamu Para Pemula
» Apakah Ada yang Toxic? Inilah Para Tipe Pemain Mobile Royale
» 5 Hero yang Wajib Dikuasai Gamer Pemula di Mobile Royale
» Ingin Survive di Mobile Royale? 5 Cara Ini Akan Sangat Membantumu

5. Company of Heroes

Company of Heroes adalah salah satu game yang dikembangkan secara eksklusif untuk PC. Oleh karena itu, tak heran apabila game ini tergolong game yang berat karena memiliki beberapa opsi grafis yang bisa Anda atur sesuai kemampuan PC. Ada opsi image quality, anti-aliasing, snow detail, hingga physics yang dapat mengantarkan suasana perang yang realistis ke hadapan Anda. Namun menurut kru KotGa, game ini masih memiliki kekurangan dari sisi visual, karena detail tanah dan bangunan masih kurang tajam meski opsi grafis sudah dimaksimalkan.

6. Stronghold: Crusader

Siapa yang tidak mengenal Stronghold: Crusader? Game yang dikembangkan oleh Firefly Studios ini berhasil mendapatkan nilai ulasan sempurna oleh para gamer PC. Mengusung konsep medieval dan grafis yang 3D menarik, game ini masih banyak dimainkan oleh gamer saat ini. Terlebih pihak developer telah meningkatkan game tersebut kedalam versi high definition (HD) yang kini juga telah tersedia lewat layanan Steam.

7. Battle Realms

Battle Realms adalah game RTS yang dikeluarkan oleh Ubisoft untuk PC pada tahun 2001 lalu, game ini sendiri berhasil menggoda para gamer untuk memainkannya karena memiliki gameplay dan kualitas grafis yang menarik. Sempat ramai dimainkan kala itu karena telah memiliki fitur local multiplayer dan online multiplayer, sehingga gamer dapat beradu strategi dalam game tersebut.

So, itulah ketujuh game RTS yang paling ngangenin versi KotakGame, tentunya masih banyak game RTS lainnya yang belum tersebut dari daftar di atas. Mungkin bagi kalian yang memiliki judul game RTS lainnya yang menarik, bisa menuliskannnya pada kolom komentar di bawah ini.

(KotakGame)

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru