Feature

[Diary Kru KotGa] 5 MMORPG Keren Tapi Sayangnya Indonesia Terkena IP Block

Bisa dibilang, saat ini game online untuk perangkat PC didominasi oleh game esports seperti DOTA 2, CSGO, Overwatch, ataupun PlayerUnknown's Battlegrounds. Akan tetapi, masih ada beberapa MMORPG yang sangat berkualitas dengan mekanisme gameplay yang keren serta memiliki grafis yang fantastis.

Meski begitu, banyak dari MMORPG yang keren nan seru tersebut memberlakukan sistem IP block sehingga banyak gamer diluar region tertentu tidak bisa memainkannya, terutama gamer Indonesia. Sangat menyebalkan dan membutuhkan usaha "ekstra" untuk memainkannya dan tentu saja tidak semua orang mengerti untuk mengakalinya.

Nah, pada artikel ini kru KotGa akan memberitahukan 5 MMORPG keren tapi sayangnya Indonesia terkena IP block di game tersebut. Pada akhir artikel ini kru KotGa juga akan sedikit memberikan tips untuk mengakalinya. Lantas, apa saja kelima game tersebut? Yuk simak artikelnya.

Baca ini juga :

» Berpetualang di Dunia Baru! 7 Game MMORPG Paling Hype di Mobile!
» Rekomendasi 7 Game Wuxia Yang Menggegerkan Dunia Persilatan!
» Kejar Top Player Dengan Panduan Leveling New World Ini!
» Ragnarok X: Next Generation Resmi Meluncur, Jelajahi Midgard Dengan Sahabat Baru
» Tak Dimakan Zaman, Inilah 7 MMORPG PC yang Masih Eksis Hingga Saat Ini!
1. Black Desert Online
Siapa sih yang tidak tau MMORPG Black Desert Online? Sebuah MMORG dengan segudang fitur dengan gameplay yang lengkap dan menarik serta grafis yang diatas rata-rata game online, pasti banyak para gamer berminat untuk memainkannya. Namun, hingga saat ini bahkan setelah perilisannya di Steam, para gamer di Asia Tenggara khususnya di Indonesia belum bisa menikmati game tersebut setidaknya hingga akhir tahun 2017 ini. (Diperkirakan server SEA akan rilis akhir tahun 2017)

2. TERA Online
TERA adalah game Action MMORPG asal korea yang dikembangkan oleh BlueHole inc dan En Masse Entertainment. Meski MMORPG ini dapat dimainkan secara gratis, para gamer di Indonesia tidak bisa memainkannya. Layaknya BDO, halaman Steam TERA Online tidak bisa diakses oleh gamer Indonesia. Walupun sudah berumur, TERA masih menjadi MMORPG Open World yang laris dan ramai.

3. Final Fantasy XIV
Final Fantasy XIV adalah MMORPG dengan sistem pembayaran "subscription" yang paling digemari setelah World of Warcraft. Meski terbilang mahal, Final Fantasy XIV telah berhasil menembus angka 10 juta pemain. Sebuah pencapaian yang cukup fantastis. Final Fantasy XIV saat ini tersedia untuk PlayStation 4 dan juga PC dan tentu saja tidak tersedia untuk region Indonesia. Baik versi Standalone, maupun versi Steam.
Update: Yang terkena IP Block hanya versi Steam saja, sementara versi Standalone tidak terkena IP Block

4. Riders of Icarus
Riders of Icarus adalah game MMORPG open world yang menghadirkan fitur menarik yaitu pertarungan di atas udara serta menyuguhkan grafis yang fantastis. Dengan mekanisme gameplay yang anti-mainstream tersebut sayangnya para gamer Indonesia tidak bisa memainkannya dan tidak bisa mengakses halaman Steam-nya.

5. SoulWorker
SoulWorker adalah MMORPG bergaya anime untuk perangkat PC yang sangat populer, dan untuk saat ini hanya tersedia versi Korea dan Jepang. Para gamer di Indonesia perlu usaha ekstra untuk bisa memainkannya. Meski akhir tahun akan rilis versi Inggris-nya, tapi Gameforge dikenal sebagai publisher yang memberlakukan sistem IP block diluar region Amerika Utara dan Eropa.

Baca ini juga :

» Berpetualang di Dunia Baru! 7 Game MMORPG Paling Hype di Mobile!
» Rekomendasi 7 Game Wuxia Yang Menggegerkan Dunia Persilatan!
» Kejar Top Player Dengan Panduan Leveling New World Ini!
» Ragnarok X: Next Generation Resmi Meluncur, Jelajahi Midgard Dengan Sahabat Baru
» Tak Dimakan Zaman, Inilah 7 MMORPG PC yang Masih Eksis Hingga Saat Ini!
Nah, itulah kelima MMORPG keren yang sayang banget Indonesia terkena IP block. Tapi tenang aja, dengan adanya VPN Kotakers tidak perlu khawatir mengenai IP block tersebut. Sedikit tips untuk kamu, game seperti Black Desert Online, SoulWorker, dan TERA Online bisa kamu mainkan tanpa VPN jika sudah masuk ke dalam game dan hanya butuh VPN ketika membuka launcher saja.

Biasanya kalau untuk game Steam, hanya butuh VPN untuk mengakses halaman store-nya saja tetapi jika sudah masuk ke library kamu sudah tidak memerlukan VPN. Beda lagi kalau seperti Tree of Savior yang benar-benar memberlakukan IP block baik di halamannya maupun in-game.

(KotakGame)

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru