Feature

[Diary Kru KotGa] Initial D, Kisah Legendaris Si Tukang Tahu Jago Ngedrift

oleh: Culdesacc

Beberapa tahun belakangan, memang tak banyak anime yang membahas tentang balapan mobil. Kebanyakan anime yang membahas tentang balapan rata-rata membahas balapan dengan unsur futuristik didalamnya, mulai dari Mahha Go, Redline, Gyrozetter, dan lainnya. Hal tersebut terjadi dikarenakan masalah trademark yang harus diselesaikan dengan para pemilik lisensi mobil-mobil tertentu, sehingga jarang sekali anime membahas mobil asli yang ada dalam dunia nyata.

Walau demikian, tentu ada beberapa anime yang membahas balap mobil dengan spesifikasi mobil yang memiliki referensi realistik seperti Wangan Midnight dan Initial D. Kali ini, Kru KotGa akan membahas Initial D, kisah seorang tukang tahu yang tiba-tiba terjun ke dunia balap malam Jepang.

Baca ini juga :

» PlayStation juga Esports! Deretan Game PlayStation 4 yang memiliki Komunitas Esports!
» 7 Anime Balapan Menegangkan yang Wajib Ditonton!

Initial D adalah manga karya Shigeno Shuichi yang berkisah tentang Takumi Fujiwara, seorang anak SMA biasa yang tidak mengetahui sama sekali tentang balapan malam dan drifting. Namun berkat pengalamannya mengantar tahu tiap malam ke hotel di daerah pegunungan, Takumi belajar cara menyetir dengan cepat dan drifting.

Ayah Takumi, Fujiwara Bunta menginstruksikan Takumi membawa Toyota AE86 Sprinter Trueno sejak ia masih SMP. Instruksi ayahnya adalah Takumi harus mengantarkan tahu tanpa menghancurkannya. Cara untuk mengetahuinya adalah tidak boleh ada air setitik pun yang tumpah gelas yang ditaruh di dashboard mobil.

Awalnya, teman-temannya seperti Itsuki dan Iketani skeptis dengan kemampuan Takumi karena ia sama sekali tidak tahu apa itu drifting, bahkan tak tahu istilah sesimple 'Hachiroku' yang merupakan nama mobilnya yang dipersingkat, AE86. Namun, rasa skeptis Itsuki dan tim Akina Speed Star dipatahkan oleh performa Takumi di medan balap yang mampu menyalip Mazda RX-7 FD yang dibawa oleh Keisuke Takahashi.

Sejak balap liar pertamanya melawan tim Red Suns, Takumi dan AE86 menjadi bahan omongan setiap orang di dunia balap malam dan banyak yang menantangnya dalam balapan downhill. Beberapa yang ia lawan adalah Takeshi Nakazato (GT-R) dan Shingo Shoji (EG6) dari tim Myogi Night Kids, Mako dan Sayuki (Sileighty) dari tim Impact Blue, dan beberapa lainnya. Di akhir First Stage, ia harus melawan kakak Keisuke yaitu Ryosuke Takahashi dan Mazda RX-7 FC miliknya.

Menjelang pertengahan cerita, Takumi yang mulai tertarik dengan dunia balap malam bergabung dengan Project D, sebuah tim balap yang dibuat oleh Takahashi bersaudara yang memiliki tujuan untuk menguasai dunia balap malam Jepang dengan mengalahkan tim-tim di setiap provinsi dan mengalahkan rekor mereka.

Satu hal yang paling mencolok dari Initial D adalah pemilihan soundtrack yang digunakan setiap balapan. Initial D memperkenalkan genre Eurobeat dengan memasukkan lagu-lagu tersebut di setiap scene balapan. Dengan beat yang sangat cepat, lagu Eurobeat sangat cocok untuk mengisi suasana balapan yang memprioritaskan kecepatan. Lagu yang paling dikenal adalah Deja Vu yang dibawakan oleh Dave Rodgers karena sering kali hadir dalam meme-meme Initial D.

Saat ini Initial D sudah berjalan sepanjang empat season sejak tahun 1998 hingga 2014, dengan season terakhirnya yaitu Final Stage dimana Takumi harus berhadapan dengan AE86 tipe Corolla Levin yang dikendarai oleh Shinji Inui. Kepopuleran Initial D juga berhasil menghadirkan adaptasi film layar lebar yang diperankan oleh Jay Chou pada tahun 2005, 3 film adaptasi remake dari anime season pertama yang diberi nama Initial D LegenD, dan berbagai adaptasi game yang hadir di Arcade dengan judul Initial D Arcade Stage yang sekarang telah mencapai ekspansi Arcade Stage Zero.

(KotakGame)
KRU KOTGA BISA BACA PIKIRANMU! Kamu pasti akan suka dengan artikel ini :
Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru