Feature

Evolusi Leon dari Masa ke Masa di Franchise Resident Evil

Siapa yang tidak kenal dengan Resident Evil? Memulai debutnya sebagai salah satu franchise survival horror klasik, Resident Evil telah berhasil melahirkan banyak mahakarya yang mendapat pengakuan sebagai game horror terbaik di pasaran. Kesan horrornya tidak berfokus pada sosok makhluk halus, melainkan wabah virus yang merubah banyak penduduk menjadi zombie dan melahirkan lebih banyak makhluk mutasi lainnya. Mekanisme gameplay yang ditawarkannya sudah mengalami banyak perubahan mulai dari sudut pandang fixed, third person, hingga akhirnya berubah menjadi first person seperti yang ada di Resident Evil 7.

Franchise ini juga sangat populer di Indonesia, dimana hampir semua gamer veteran yang memainkan konsol PlayStation pasti sudah mengetahui Resident Evil. Daya tarik terkuat tidak hanya ditawarkan dari kesan horror dan jalan cerita yang dibangun dengan solid, tapi beberapa karakter utama yang mengisi beberapa seri gamenya juga berhasil mencuri hati dari sekian banyak fans. Jika harus memilih satu karakter terbaik, sebagian besar fans termasuk Kru KotGa sendiri pastinya akan memilih Leon S. Kennedy atau yang banyak gamer Indonesia sebut "Pria tampan" hingga "Poni lempar."

Bagi kamu yang masih asing dengan sosoknya, Leon adalah karakter utama paling ikonik Resident Evil yang memulai debutnya di seri kedua. Didampingi bersama Claire Redfield, dia harus bertahan dari wabah virus zombie yang telah menghancurkan kota Raccoon. Karena pembawaan karakternya sangat menarik, Capcom akhirnya kembali menghadirkan Leon sebagai karakter utama di Resident Evil 4 yang ternyata berujung pada kesuksesan besar. Dari sinilah nama Leon akhirnya mulai dikenal luas dan menjadi karakter terfavorit fans.

Untuk itu, pada artikel special kali ini Kru KotGa akan kembali mengamati kisah perjalanan Leon dari masa ke masa di franchise Resident Evil. Format penyampaian cerita kali ini akan Kru KotGa rangkum lebih singkat karena Leon sudah muncul dalam banyak sekali media game dan film, yang tentunya tidak selalu memiliki keterikatan jalan cerita yang kuat. Daripada penasaran, yuk! simak rangkumannya dibawah ini.


Awal karir sebagai anggota R.P.D yang tidak berpengalaman

Tidak peduli seberapa kuat dan kerennya Leon saat ini, ada saat dimana dia hanya sebatas anggota polisi biasa yang tidak berpengalaman. Seperti yang sudah kamu ketahui, Leon pertama kali memulai debutnya di Resident Evil 2 yang mengambil setting dua bulan sejak tragedi mansion di seri pertama Resident Evil yang melibatkan Chris Redfield. Leon yang menyadari bahaya akan virus mematikan di Raccoon memutuskan untuk keluar dari kota tersebut. Menyelamatkan rekan kerja yang ada di departemen kepolisian juga percuma, karena hampir semuanya telah mati.

Leon pada akhirnya juga bertemu dengan Ada Wong, seorang mata-mata yang berusaha membongkar kedok perusahaan Umbrella yang menjadi dalang akan munculnya virus berbahaya tersebut. Keduanya kemudian berkerjasama untuk menemukan jalan keluar dari kota Raccoon, sebelum akhirnya harus berhadapan dengan bahaya dari Annette dan William Birkin yang merupakan pembuat G-Virus. Mereka juga diketahui telah menyogok pemimpin polisi kota Raccoon agar tutup mulut mengenai penyebaran wabah virus yang telah memakan banyak korban tersebut.

Baca ini juga :

» ACTION RPG Open World Terbaru Capcom, Bisa Panjat Monster, AI Canggih, dan Dunianya Luas!
» Siap Bawa Ketakutan Baru! Ini Game-game Horor Terbaru yang Wajib Kamu Mainkan di PS5
» Ini Dia Ciri Khas yang Wajib Ada di Game Resident Evil Berikutnya!
» Misterius dan Mencekam! Nyobain Demo Resident Evil Village di PlayStation 5
» Ternyata Beda Banget! Inilah 5 Perubahan Baru yang Ada di Lost Saga Remastered!

Karena tidak memiliki banyak pengalaman dalam menghadapi situasi serius, Leon masih mendapatkan banyak bantuan dari Ada yang bahkan telah menyelamatkan nyawanya. Pada akhirnya, Ada tewas setelah berusaha menyelamatkannya dari Annette yang berusaha membunuh Leon. Seperti yang kamu ketahui, Ada ternyata tidak tewas dan kembali di beberapa seri terbaru Resident Evil. Cukup membingungkan memang, karena Leon juga sudah mengetahui kalau Ada masih hidup.

Setelah menempuh banyak bahaya selama perjalanannya, Leon akhirnya kembali bertemu dengan Claire dan berusaha untuk kabur dari kota Raccoon bersama gadis kecil bernama Sherry, yang tidak lain ada putri William Birkin. Leon kemudian diamankan oleh pihak militer US, dimana dia harus menempuh interogasi panjang. Karena usahanya yang luar biasa dalam melarikan diri dari kota Raccoon, pemerintahan US kemudian tertarik untuk merekrutnya sebagai agen special.

Dari sinilah Leon menjelma dari anggota polisi biasa menjadi agen profesional yang bekerja untuk pemerintah. Dia bahkan juga ditugaskan untuk mengikuti beberapa operasi khusus yang melibatkan penyelidikan terhadap penyebaran virus berbahaya lainnya. Kasus terbesar yang harus ditempuh Leon terjadi di tahun 2002, dimana dia harus mengamankan penyebaran virus bernama t-Veronica yang juga dikembangkan oleh Umbrella untuk senjata biologisnya.

Fitur Index :

  1. Halaman 2
Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru