Feature

Alasan Sebenarnya Kenapa Anime Harem Selalu Disukai dan Dibenci

oleh: VolkanKaya

Sulit dipungkiri memang, kalau industri anime sudah mengalami perkembangan yang sangat signifikan selama beberapa dekade terakhir. Baik itu dari segi kualitas animasi hingga keseluruhan kualitas yang ditawarkan, yang jelas kita sudah tidak bisa melihat anime dengan sudut pandang yang sama seperti dulu. Termasuk juga dari pendekatan tema yang diusung tiap serinya untuk mempresentasikan cerita, atau dalam kata lain adalah genre. Anime yang mengedepankan elemen action atau komedi biasanya selalu menjadi hit besar, namun genre romance atau percintaan yang dramatis terkadang selalu meninggalkan kesan yang mendalam setelah menontonnya.

Genre yang paling disukai oleh kalangan muda ini terbukti masih sangat konsisten hingga sekarang, dimana film seperti Your Name dan I Want to Eat Your Pancreas misalnya, berhasil mendapatkan resepsi yang sangat positif. Karena kedua film ini mengandung elemen romance yang sangat dramatis dan cukup berat, tidak semua orang mungkin bisa menikmatinya. Lebih spesifiknya, mereka ingin sebuah anime romance yang penuh dengan guyonan dan momen menyenangkan di dalamnya, namun tanpa menghilangkan pendekatan romance yang menjadi fokus utama. Maka dari sinilah genre anime romance dengan unsur "Harem" mulai memperlihatkan daya tariknya.

Anime Harem sendiri adalah anime (bisa dari genre mana saja) yang memasangkan karakter utamanya dengan banyak heroine. Jadi daripada membuat anime yang menceritakan kisah cinta antara dua karakter atau mungkin cinta segitiga, anime harem langsung memasangkan hampir semua karakter heroinenya agar bisa jatuh cinta dengan sang karakter utama. Mungkin di era dulu anime seperti ini tidak terlalu banyak, namun sekarang kamu sudah bisa menemukannya dengan sangat mudah lewat seri Nisekoi, High School DxD, Saekano, To Love-Ru, Date A Live, Sword Art Online hingga beberapa seri terbaru seperti Goblin Slayer dan Quintessential Quintuplets. Jika resepsi yang didapatkan sebuah anime biasanya tergantung dari kualitas keseluruhan, biasanya anime harem selalu berakhir disukai dan dibenci, terlepas apakah animenya sendiri hadir dengan kualitas bagus atau tidak.

Sekarang mari jelaskan alasannya mulai dari kenapa animenya disukai. Anime harem terkadang dapat disukai jika jalan cerita serta karakter di dalamnya dapat menciptakan sebuah tontonan yang menarik. Mungkin banyak orang menyukai anime harem karena para waifunya yang menawan, tapi ada juga sebagian dari mereka yang jatuh cinta dengan sang karakter utama dan ingin memasangkannya dengan salah satu heroine. Jika karakter saja sudah bisa menjadi daya tarik yang kuat untuk menarik perhatian peminat, maka tidak heran jika aspek lain yang ditawarkan animenya tidak masuk dalam kualifikasi mereka (contohnya seperti kualitas animasi yang buruk).

Baca ini juga :

» Wajib Main! Inilah Deretan Game Superhero dengan Kualitas dan Ranking Terbaik!
» Langsung Gas! Inilah Game HD Android Terbaik yang Bisa Kamu Mainkan Offline!
» Wota Garis Keras? Wajib Cobain Deretan Game Mobile Rhythm Ini!
» Sengit, Inilah Ranking Game Resident Evil dari yang Terburuk Hingga Terbaik!
» Impian Sirna, Inilah Beberapa Game Ambisius yang Sayangnya Berakhir Dibatalkan

Beralih ke alasan kenapa anime harem terkadang juga dibenci, alasannya sendiri sangat sederhana yaitu karena para penontonnya iri dengan sang karakter utama. Aneh memang, namun inilah kenyataanya, dimana seseorang yang tidak memiliki pujaan hati berakhir menonton anime harem, dia pasti akan menaruh rasa iri yang berakhir dengan kebencian. Mereka memang tidak sepenuhnya bisa disalahkan, karena sebagian anime harem biasanya memiliki karakter utama yang biasa saja dan tidak istimewa, namun dia sangat beruntung karena bisa mendapatkan perhatian dari banyak wanita menawan. Tidak hanya itu, para penonton juga bisa menaruh kebencian mereka pada keputusan sang karakter utama yang tidak bisa memilih wanita mana yang ingin dicintainya.

Jika harus diambil dari pendapat pribadi, Kru KotGa sebenarnya cukup netral dengan pendekatan anime romance yang mengandalkan elemen harem seperti ini. Memang ada sedikit rasa kesal yang muncul akibat situasi menguntungkan yang didapatkan sang karakter utama tanpa melalui perjuangan, namun ada juga beberapa anime harem yang berakhir dengan kualitas solid. Salah satu atau yang mungkin paling Kru KotGa favoritkan adalah seri Seishun Buta Yarou wa Bunny Girl Senpai no Yume wo Minai (Rascal Does Not Dream of Bunny Girl Senpai). Sinopsis cerita yang diberikannya memang memberikan kesan dari sebuah anime harem yang biasa saja, namun setelah menontonnya, ternyata anime ini jauh lebih baik dari yang terlihat.

Melihat usaha dari sang karakter utama saat menolong kekasih serta teman wanitanya yang terkena dampak sindrom pubertas berhasil menciptakan keseluruhan plot yang dinamis, tidak pernah gagal untuk menyelipkan momen terbaiknya di waktu yang tepat, dan memiliki pace yang sangat bagus untuk 12 episode anime. Kru KotGa bisa jamin, 3 episode pertama dari anime ini saja sudah bisa membuat kamu langsung jatuh cinta dan menjadi fans. Contoh anime harem seperti inilah yang membuat Kru KotGa netral. Lalu bagaimana dengan kamu sendiri, apakah anime harem termasuk salah satu jenis tontonan favoritmu? atau kamu termasuk salah satu yang tidak menyukainya?

(KotakGame)

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru