Feature

Interview Eksklusif KONAMI Mengenai Hadirnya Yu-Gi-Oh! OCG English Edition for Asia

Sabtu, 4 November 2023, sebelum peluncuran Yu-Gi-Oh! OCG English Edition for Asia pada 11 November mendatang, kami berkesempatan untuk menghadiri interview ekslusif yang dihadiri oleh pihak Managing Director of KONAMI DIGITAL ENTERTAINMENT LIMITED Mr. Michio Takahashi, perwakilan dari ADK Emotions Inc. Mr. Nishio Takeshi, YouTuber Gibes, Perwakilan dari Indonesia untuk Duelist Cup 2023 Ahmad Obrain Ghifari dan beberapa media.

Baca ini juga :

» Katanya Saingan Tapi Kok Bedanya Jauh Banget Gini! Perbandingan Efootball vs FIFA 22!
» Resident Evil vs Silent Hill, Mana Franchise Survival Horror Terbaik?
» [REVISIT] Silent Hill, Puncak Kengerian Dari Genre Game Horor
» 7 Rekomendasi Game PC Terbaik Minggu Ini
» 7 Rekomendasi Game PC Terbaik Minggu Ini
Langsung kita ulas interview dan sesi tanya-jawab di bawah ini.


Kanan ke kiri: Nishio dari ADK Emotions Inc., Takahashi dari KONAMI DIGITAL ENTERTAINMENT LIMITED, Duelist Cup 2023 Indonesia representative player Ghifari, dan YouTuber Gibes
Wawancara pertama adalah dengan Michio Takahashi selaku Managing Director dari KONAMI DIGITAL ENTERTAINMENT LIMITED Hong Kong yang memaparkan mengenai produk Yu-Gi-Oh! OCG berbahasa Inggris yang siap diluncurkan di Tanah Air.

  • PIHAK KONAMI DIGITAL ENTERTAINMENT LIMITED

Mr. Takahashi, bisakah Anda berbagi kabar baik yang membawa Anda datang ke Indonesia?

Takahashi: Yu-Gi-Oh! OCG English Edition untuk Asia akhirnya akan dirilis pada tanggal 11 November mendatang.

Ada dua produk pertama yang telah kami umumkan sebelumnya. Kedua produk ini akan dirilis pada 11 November 2023. Keduanya adalah produk asli dengan tema “Dark Magician” dan “Blue-eyes White Dragon”. Tentunya kedua monster ini sangat ikonik dan merepresentasikan Yu-Gi-Oh!.


Selain itu juga, saya memiliki beberapa berita baru pada hari ini. Pada tanggal 25 November, dua pekan setelah perilisan produk pertama, akan ada produk lain yang akan dirilis. Produk tersebut berupa Booster Pack pertama bagi English Edition untuk Asia, yang memiliki beragam tema di dalamnya.

Lalu pada bulan Desember, kami berencana untuk merilis “DUELIST NEXUS” di English Edition untuk Asia. Saya memperkenalkan kedua produk tersebut sekarang karena keduanya memiliki efek sinergi. Sehingga, Duelist dapat membuat Deck dengan hanya menggunakan Creation Pack atau dengan menggabungkan produk dari “DUELIST NEXUS”.

Kami berharap dengan perilisan ini dapat lebih memberikan kebebasan kepada para Duelist.

Dengan diluncurkannya English Edition untuk Asia, bagaimana dampaknya terhadap pasar Yu-Gi-Oh! OCG secara keseluruhan?

Takahashi: Saya telah mengunjungi beberapa negara di Asia Tenggara melalui turnamen Yu-Gi-Oh!. Saya selalu bersemangat setiap kali melakukannya.

Pada saat yang bersamaan saya sering mendapatkan permintaan untuk Edisi Bahasa Inggris karena bahasa Jepang sulit dimengerti. Akhirnya, kami mengambil langkah tersebut. Saya akan sangat senang jika Duelist dapat membuat lebih banyak teman dan momen spesial melalui permainan kartu Yu-Gi-Oh!

Bisakah Anda berbagi informasi lebih lanjut tentang produk-produk tersebut dengan kami? Di mana English Edition untuk Asia akan tersedia?

Takahashi: Tersedia pada seluruh negara di Asia yang secara resmi menyediakan versi Jepang. Seperti, Singapura, Malaysia, Hong Kong, Taiwan, Filipina, Thailand, dan tentu saja Indonesia.

Indonesia telah resmi menyediakan Japanese Edition sejak April 2023 ini. Jadi English Edition untuk Asia akan tersedia di 7 negara berbeda di Asia.

Di mana tepatnya para pemain bisa membeli English Edition untuk Asia?

Takahashi: Duelist dapat membeli produk kartu Yu-Gi-Oh! di Toko Resmi. Kami mengizinkan toko yang memiliki kriteria tertentu sebagai toko resmi seperti memiliki tempat duel yang cukup, mengadakan event toko secara reguler, kerapian, dan sebagainya. Kamu bisa cek lokasi di Website Resmi kami atau aplikasi smartphone bernama Neuron. Sudah ada banyak toko di Indonesia.

Apakah ada turnamen atau acara khusus yang didedikasikan untuk English Edition untuk Asia?

Takahashi: Ya, kami telah memiliki banyak rencana, tapi saya akan mengenalkan tiga diantaranya hari ini. Yang pertama adalah event Yugioh OCG English Launch Celebration Event. Anda hanya bisa menggunakan OCG English Edition untuk Asia. Event ini akan berlangsung minggu depan bersamaan dengan peluncuran. Yang kedua adalah event "Yu-Gi-Oh! Day." Event ini juga akan dilaksanakan setelah peluncuran English Edition untuk Asia di toko resmi. Hadiah spesial telah disediakan, jadi jangan lewatkan dan saya harap anda menyukainya. Yang ketiga yang akan menarik banyak perhatian, "OTS Battle Championship English Edition for Asia" yang akan dimulai pada Februari 2024. Pemenang di setiap negara memiliki kesempatan untuk mendapatkan posisi unggulan di Duelist Cup, yang artinya pemenang bisa bergabung Duelist Cup dari ronde selanjutnya.

Saat mengikuti turnamen atau acara, apakah pemain dapat mencampur kartu Edisi Jepang dan English Edition untuk Asia dalam SATU deck?

Takahashi: Ya, anda bisa menggabungkan OCG Yu-Gi-Oh! Japan Edition dan OCG Yu-Gi-Oh! English Editor for Asia dalam 1 deck yang sama untuk turnamen atau event resmi.
Sebenarnya, kami telah merilis English Edition untuk Asia beberapa waktu lalu. Dan tentu saja Duelist dapat memakai kartu tersebut.

Namun, regulasi juga berlaku untuk English Edition untuk Asia seperti kartu forbidden, kartu limited, dan kartu semi-limited. Beberapa kartu dari English Edition sebelumnya untuk Asia juga terkena batasan. Daftarnya telah disebarkan, jadi tolong cek detailnya di sosial media dan website resmi.

Jadi rangkumannya, anda bisa menggunakan semua kartu yang telah dirilis secara resmi di negara Asia. Tapi kami tentunya memiliki batasan mengenai kartu yang sebelumnya sudah dirilis, jadi silakan cek website resmi kami untuk informasi lebih lanjut.

Para pemain juga tertarik untuk mengetahui Tentang jadwal rilis untuk Asia di masa mendatang. Akankah edisi ini akan merilis konten yang sama pada waktu yang sama dengan Edisi Jepang?

Takahashi: Tidak, English Edition untuk Asia memiliki jadwal rilis dan konten tersendiri. Untuk permainan kartu, ada beberapa cara untuk menikmatinya. Beda Duelist yang memiliki gaya bermain yang berbeda dapat membantu dalam pembuatan suasana game yang beragam. Yang menjadi salah satu poin yang menarik di permainan kartu. Kami harap hal ini juga berlaku di English Edition untuk Asia. Kami akan mengambil pendapat Duelist untuk dipertimbangkan dan menawarkan lebih banyak produk untuk membuat suasana permainan seimbang untuk turnamen dan event.

Apakah aplikasi Neuron akan diperbarui sehingga dapat diandalkan untuk mencari kartu Edisi Bahasa Inggris untuk Asia juga?

Takahashi: Ya, kami akan memuat OCG English Edition untuk Asia di aplikasi Neuron. Saya harap hal ini akan membuat Neuron menjadi aplikasi yang lebih nyaman untuk Duelist dalam mencari kartu dan membantu dalam permainan mereka.

Yu-Gi-Oh! TCG Official Support App NEURON https://www.konami.com/yugioh/neuron/en/

Apakah KONAMI DIGITAL ENTERTAINMENT LIMITED memiliki rencana untuk memperkenalkan varian kartu edisi khusus dari Yu-Gi-Oh! Official Card Game di Asia Tenggara?

Takahashi: Mari kita simpan ini sebagai rahasia, harap tunggu informasi terbaru dari pihak KONAMI DIGITAL ENTERTAINMENT LIMITED Asia.

Apakah ada kemitraan lokal yang direncanakan untuk memperkuat distribusi dan promosi Yu-Gi-Oh! Official Card Game?

Takahashi: Ya, kami memiliki distributor lokal yaitu JPB INTERNATIONAL LIMITED. Kami akan bekerja sama dengan mereka untuk menyediakan produk dan layanan bagi pemain Indonesia.

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru