Feature

Unboxing Motherboardnya Para Sultan! Inilah ASUS ROG Maximus XII Extreme

Halaman 3

Fitur AI Overclocking yang Mempermudah Siapapun untuk Bisa Overclock!


Para gamer tidak perlu khawatir, jika kamu menginginkan performa lebih namun tidak terbiasa melakukan overclock, tenang saja. Pada motherboard ROG Maximus XII Extreme sudah ditanamkan fitur AI Overclocking. Fitur tersebut memungkinkan si motherboard bisa menganalisa data dan mendeteksi spesifikasi yang digunakan. Frekuensi hingga voltase akan dihitung oleh AI. Setelah itu, terdapat prediksi yang nantinya bisa dieksekusi langsung oleh pengguna.

Kecepatan overclock tersebut tentunya bakal disesuaikan dengan komponen yang digunakan. Komponen pendukung seperti CPU cooler sangat menentukan hasil prediksi. Selain berguna bagi pengguna yang awam soal overclocking, fitur ini juga menghemat waktu untuk mendapatkan performa overclock yang stabil daripada mengetes berbagai simulasi.

Power Solution


Saat ini, arsitektur CPU benar-benar menuntut motherboard untuk bisa menunjangnya dengan berbagai fitur yang menarik. Sebagai salah satu motherboard kelas atas, ROG Maximus XII Extreme menawarkan Power Solution yang sangat canggih. Satu set MicroFine Alloy mampu memberikan daya yang stabil untuk prosesor generasi ke-10. Agar dayanya tetap mengalir lebih baik, motherboard ini sudah menggunakan pin solid ProCool dalam dua input 12V tambahan delapan pin dan sebagai bagian dari konektor ATX. Mosfet Infineon TDA21490 dan 10K Japanese Kapasitor membuat motherboard ini dapat membuat CPU memiliki performa yang stabil untuk berbagai kondisi.

Teamed Power


Seperti yang kru KotGa katakan sebelumnya, saat ini, arsitektur CPU benar-benar menuntut motherboard untuk bisa menunjangnya dengan berbagai fitur yang menarik. Terutama dalam hal "power design" seperti peralihan dari mode hemat ke hingga ke mode full load dalam sekejap, tentu dengan peralihan yang smooth dan stabil. Arsitektor VRM dari ROG Maximus XII Extreme ini mampu menghadapinya dengan memanfaatkan 16 phase VRM berkualitas tinggi dapat mengganti mode tersebut dengan cepat, sambil mempertahankan kinerja termal yang sangat baik.

Differential Sensing, Monitoring Voltase yang Lebih Akurat


Motherboard pada umumnya masih menggunakan sensor circuit pada satu lokasi yang tidak ideal, hal tersebut menyebabkan perbedaan akurasi antara voltase yang sesungguhnya dan voltase yang diperlihatkan pada aplikasi atau BIOS. Nah, pada ROG Maximus XII Extreme ini sudah menanamkan fitur "Differential Sensing" yang dapat melacak dan memprediksi voltase yang sangat akurat. Prediksi Voltase yang muncul pada aplikasi atau BIOS bisa menjadi sangat penting, apabila kamu sedang melakukan overclock, karena kecepatan frekuensi bisa ditentukan oleh angka voltase.

Baca ini juga :

» Bisa Minum Lewat Headset hingga Cukuran RGB, Deretan Joke Brand Gaming di April Mop!
» Resesi Is Real? Game-Game Besar ini Harus Tutup di Tahun 2023!
» Tahun 2023 Penuh Game Keren! Ini Dia List Game Yang Dinantikan Rilisnya di Tahun Ini!
» Apakah Favoritmu Menang? Pengumuman Pemenang Penghargaan KotakGame Awards 2022
» Awal Tahun 2023 di Rumah Tapi Bingung Mau Ngapain Aja? Saatnya Mainkan 7 Game Ini!

Kesimpulan


Secara keseluruhan, Motherboard Asus ROG Maximus XII Extreme ini tentu saja sangat maksimal menunjang aktivitas para gamer dan hardware enthusiast yang haus akan performa lebih, bukan performa default yang diberikan pada komponen seperti prosesor, RAM, SSD, hingga kartu grafis.

Salah satu keunggulan ROG Maximus XII Extreme yaitu memiliki fitur AI Overclocking yang mempermudah siapapun untuk bisa melakukan overclock. Selain itu, melalui LiveDash OLED juga, motherboard ini diklaim bisa memantau berbagai hal penting ketika menggunakan water cooling seperti flow rate, status kebocoran air, hingga temperatur yang semuanya akan diinformasikan ke utility FanXprert 4 yang nantinya kecepatan fan akan menyesuaikan kebutuhan dari water cooling tersebut.

MicroFine Alloy dengan 16-phase VRM akan memberikan daya yang stabil, hingga ke 10-core. Bagi kamu yang memang ingin melakukan overclock, tentu saja fitur tersebut sangat berguna untuk mendapatkan performa yang diinginkan.

Disisi lain, ROG Maximus XII Extreme juga menggunakan layout OPTIMEM III. Hal tersebut memungkinkan sang motherboard bisa memberikan power yang lebih stabil dan optimal. ASUS sendiri menyebutkan bahwa maksimal frekuensi pada RAM yang akan digunakan di motherboard ini bisa mencapai hingga 4800Mhz.

Dengan sudah terintegrasinya IO dan heatsink VRM membuat suhu disekitar motherboard ini menjadi lebih adem, SUS304 stainless steel pada bagian finishingnya tidak hanya memberikan kesan mewah, melainkan juga menjadi solusi terbaik untuk pendingin di motherboard ini. ROG Maximus XII Extreme siap dipakai untuk digunakan bersama water cooling atau air cooling.

Lantas, bagaimana performa dan kinerja dari motherboard ini? Nantikan review selengkapnya dari Kru KotGa di artikel berikutnya ya!

(KotakGame)

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru