NEWS

GPU AMD Navi 31 Yang Lebih Kecil Dari RX 7900 GRE Dikabarkan Akan Hadir Di Seri Mobile Radeon RX 7000M

Aeprukmana   |   Senin, 14 Aug 2023


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Rumor yang beredar menyebutkan bahwa mungkin ada rencana untuk menggunakan GPU yang sama dengan yang terdapat pada Radeon RX 7900 Golden Rabbit Edition (GRE) untuk seri mobile. Edisi khusus dari lini GPU desktop ini menggunakan paket yang lebih kecil yang dikenal sebagai Navi 31 XL. Meskipun menggunakan compute die yang sama dengan model flagship Radeon RX 7900 series Navi 31 XT/XTX, versi GRE memiliki dua unit Infinity Cache yang dinonaktifkan dan paket berukuran Navi 32.

Gagasan bahwa GPU Navi 31 yang lebih kecil dapat masuk ke dalam faktor bentuk laptop pada awalnya tidak disajikan oleh Golden Pig Upgrade. Hal ini pertama kali disebutkan oleh Moore's Law is Dead, yang mengungkapkan rencana prosesor grafis baru ini sekitar sebulan yang lalu. Namun, pada saat itu belum diketahui bahwa AMD sedang mempersiapkan GPU desktop RX 7900 GRE.

Model desktop ini memiliki Total Board Power (TBP) sebesar 260W, yang berlebihan untuk sebuah perangkat mobile, dibandingkan dengan TGP 175W pada seri NVIDIA RTX 40 untuk perangkat mobile (dengan Dynamic Boost). Namun demikian, indikasi menunjukkan bahwa varian mobile berpotensi memiliki lebih banyak core dibandingkan 80 Compute Unit (5120 Stream Processor) milik Navi 31 XL. AMD mungkin memilih variasi yang paling hemat daya dan melakukan underclock pada GPU untuk mencapai tingkat performa yang diinginkan, yang seharusnya masih signifikan.

Baca ini juga :


» Tingkatkan Produktivitas Dengan Dual Layar! Review ASUS Zenbook Pro 14 Duo OLED (UX8402VU)
» Predator Gaming Indonesia & HMNS Perfume Luncurkan Predator Triton Neo 16 Body Spray Limited Edition
» China Pamerkan Robot Yang Bisa Masak Sampai Strika Baju! Bisa Gantikan ART?
» ROG Ally Kuasai Pasar Gaming Handheld PC di Indonesia
» [VIDEO] Review SanDisk GamePlay microSD™


Sumber: Golden Pig Upgrade Pack

Laporan mengindikasikan bahwa GPU ini belum siap untuk diluncurkan. Secara khusus, laptop yang dimaksudkan untuk menampilkan GPU ini telah mengalami penundaan. Khususnya, AMD baru-baru ini memperkenalkan prosesor Ryzen 9 7945HX3D dengan 3D V-Cache, yang tersedia secara eksklusif di laptop ASUS ROG. Orang mungkin berspekulasi apakah tujuan awalnya adalah menggunakan platform ini untuk peluncuran ponsel Navi 31, tetapi laptop ini malah memilih grafis GeForce RTX 40.

Seri AMD Radeon RX 7000M tampaknya secara bertahap mengambil bentuk finalnya, setelah peluncurannya yang sederhana yang menampilkan komponen berbasis Navi 33 beberapa bulan yang lalu. Meskipun seri RX 7000M saat ini tidak menjadi pilihan utama di antara produsen laptop, pengenalan GPU RDNA3 yang kuat berpotensi mengubah lanskap tersebut.

Selain berita utama di atas, KOTAKGAME juga punya video menarik yang bisa kamu tonton di bawah ini.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru