NEWS

Interview General Director dan Director Granblue Fantasy: Relink - Ini Dia Alasan Kenapa Pengembangannya Makan

Haykal Yama Dena   |   Jumat, 22 Dec 2023


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!
Pada hari Kamis (21/12), KotakGame mendapatkan kesempatan melakukan interview bersama beberapa media lain kepada Tetsuya Fukuhara (General Director) dan Yasuyuki Kaji (Director) dari Granblue Fantasy: Relink langsung di kantor Cygames di Shibuya, Jepang. Penasaran sama isi interviewnya? Yuk langsung kita gas!

Tetsuya Fukuhara (kiri) dan Yasuyuki Kaji (kanan)

Q: Pengembangan game ini sudah cukup lama, apa perubahan paling drastis saat pengembangan game ini dari pemberitahuan awal? Dan apa hal tersulit dari pengembangannya?
A: Tidak ada terlalu banyak perubahan dan kami sudah tahu apa yang ingin kami masukkan ke dalam game. Cukup memakan banyak waktu bagaimana kami menyesuaikan harapan fans ke game Granblue Fantasy dan menentukan apa yang harus dilakukan juga memakan banyak waktu.

Q: Mekanisme seperti Link Attack dan Chain Burst merupakan mekanisme permainan tim, apa filosofi desain yang mengarahkan hal ini?
A: Kami ingin tetap menjaga fans dari Granblue Fantasy dan kami berfokus untuk membuat game ini menarik jadi kami membuat Link Attack, Chain Burst dan sebagainya untuk memberikan lebih banyak elemen aksi ke pemain.

Baca ini juga :

» Granblue Fantasy Relink: Akan Berikan Karakter Baru Secara Gratis
» [VIDEO] Penantian Tak Sia-sia, Story dan Endgame Penuh Konten! Review Granblue Fantasy Relink
» Demo Granblue Fantasy: Relink Kini Sudah Tersedia Untuk Di Mainkan
» Granblue Fantasy Versus: Rising Umumkan Kolaborasi Dengan Nier Automata
» Lebih Besar Dari yang Dibayangkan, Multiplayernya Seru Banget! First Impression Granblue Fantasy: Relink

Q: Apakah ada kaitan jalan cerita game ini dengan Granblue Fantasy?
A: Granblue Fantasy memiliki jalan cerita yang panjang dan bercabang, dan Relink memiliki jalan ceritanya sendiri yang terpisah dan berlatar di Sky Realm.

Q: Bagaimana game ini berevolusi dari pengembangannya di awal? Adakah sesuatu yang ditambahkan yang awalnya tidak direncanakan di awal?
A: Untuk mekanisme utama seperti Link Attack dan Chain Burst tidak berubah dari awal, begitu juga untuk kebanyakan hal tetap mengikuti rencana awal. Kami memiliki beberapa perubahan untuk karakter namun lebih banyak hal yang tidak berubah.

Q: Bagaimana cara kalian menyesuaikan kesulitan permainan untuk single-player maupun multiplayer?
A: Untuk banyak hal, kesulitan akan meningkat secara bertahap, kami ingin pemain dapat menyelesaikan Story Mode tanpa kesulitan. Untuk Quest Mode, setiap quest memiliki kesulitan yang sudah diatur, jadi pemain yang lebih ahli dapat memilih tingkat kesulitan quest mereka sendiri.

Q: Bagaimana proses pemilihan karakter yang akan dimasukkan ke Granblue Fantasy: Relink?
A: Kami ingin pemain untuk merasakan aksi dari game ini, kami ingin ada banyak variasi dan membuat pemain merasa senang untuk memainkan suatu karakter, dan hal itu yang banyak mempengaruhi pemilihan karakter.

Q: Apakah kalian akan menambahkan karakter original baru atau lebih banyak menggunakan karakter dari Granblue Fantasy?
A: Kami belum bisa mendiskusikan hal itu hari ini, tapi ada rencana untuk penambahan karakter setelah perilisan, namun karena game ini berada di area yang berbeda, sepertinya tidak akan ada banyak ruang untuk karakter lama muncul kembali, namun, kami mungkin bisa menambahkan mereka pada titik tertentu.

Q: Seberapa ramah Granblue Fantasy: Relink untuk fans baru? Apakah ada hal yang harus mereka ketahui terlebih dahulu?
A: Granblue Fantasy sudah lama rilis, jadi kami rasa tidak semua orang tahu atau pernah mendengar mengenai game ini. Ada beberapa karakter di Relink yang juga muncul di game original, kami berusaha mengenalkan Relink dari adaptasi seperti anime ataupun media lain dan kami harap seiring berjalannya waktu, pemain akan mengerti lebih banyak mengenai karakter.

Q: Apakah ada rencana untuk konten setelah rilis seperti update atau DLC?
A: Kami belum bisa bicara banyak namun kami sedang mengerjakan sesuatu agar pemain bisa menikmati game ini, namun kami belum bisa berbicara mengenai detail hal ini.

Q: Anda sebelumnya mengerjakan beberapa proyek contohnya Bayonetta, jadi apa hal dari proyek-proyek tersebut yang berpengaruh pada Relink?
A: Saya memiliki banyak pengalaman untuk game RPG, dan ketika aku ingin seseorang merasakan sensasi saat menekan tombol, aku langsung mengetahuinya dan aku rasa aku belajar banyak dari pengalaman sebelumnya yang bisa saya tuangkan di Relink.

Q: Seberapa besar pengaruh GBF ke GranBlue Fantasy: Relink? Apakah pemain yang belum pernah memainkannya bisa menikmati Relink?
A: Untuk fans GBF, kami sudah memiliki game spin-off fighting yang sebetulnya sedikit berbeda dari apa yang bisa kamu harapkan dari GBF, namun, Relink lebih mirip ke game original, jadi pemain yang menikmati GBF bisa menikmati Relink. Untuk pemain yang belum memainkan GBF, kami rasa aspek multiplayer akan membuat mereka tertarik.

Q: Apakah ada rencana untuk interaksi atau hadiah untuk pemain game Granblue Fantasy lain jika mereka bermain Granblue Fantasy: Relink dengan akun yang sama?
A: Untuk sekarang, pemain Granblue Fantasy akan mendapatkan sebuah kode yang bisa dipakai di GranBlue Fantasy: Relink versi PlayStation yang akan memberikan mereka kostum.

Q: Bagaimana cara anda memoles mekanisme gameplay untuk mencapai keseimbangan antara kemudahan untuk pemain action RPG baru dan tantangan untuk pemain action RPG yang berpengalaman?
A: Kami memiliki assist mode yang membuatnya lebih mudah untuk pemain baru dan juga kami memiliki pilihan tingkat kesulitan, konsep kami sebenarnya adalah jika kau menekan tombol, kamu akan merasakan sensasinya. Kami juga memiliki tombol prompt yang bisa membantu pemain.

Q: GBF telah hadir sejak lama sebagai game mobile dan kita juga memiliki Granblue Fantasy: Versus. Apa yang kalian lakukan untuk berkembang seperti ini dan apa harapan untuk masa depan? A: Kami ingin memberikan pemain apa yang mereka inginkan jadi kami akan terus membuat sesuatu hal yang mereka sukai. Q: Untuk side quest, apakah side quest terikat pada chapter ketika kita mendapatkannya atau kita bisa menyelesaikannya kapan saja?
A: Kamu bisa menyelesaikan side quest kapan saja, tapi mereka akan terus bertambah seiring berjalannya permainan.

Q: Apakah hal yang memberikan inspirasi yang berpengaruh pada game ini saat ini?
A: Kami telah merilis trailer, dan ada banyak hal yang kami sesuaikan berdasarkan komentar dari fans.

Q: Bagaimana cara Assist Mode bekerja?
A: Ada 2 tipe Assist Mode, Full Assist Mode yang dasarnya adalah mode otomatis, dimana kamu hanya perlu berjalan dan karaktermu akan bertarung sendiri termasuk menggunakan Skybound Arts. Yang kedua, Semi Assist Mode yang tidak terlalu otomatis namun akan membantumu mengeluarkan kombo hanya dengan menekan satu tombol terus menerus.

Nah, itu dia interview KotakGame bersama General Director dan Director dari Granblue Fantasy: Relink. Untuk kamu yang penasaran, kamu bisa bersabar sebentar lagi karena Granblue Fantasy: Relink akan rilis pada 1 Februari 2024 untuk PS4, PS5, dan PC via Steam.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru